Cara Daftar Offline Bantuan BLT UMKM, Penerima Bantuan Akan Menerima SMS

Cara Daftar Offline Bantuan BLT UMKM – Dalam pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT), Pemerintah tidak ketinggalan membuat program bantuan bagi pelaku UMKM.

Melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM), pendaftaran Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM sebesar Rp 2,4 juta kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah di seluruh Indonesia telah dibuka.

Agar UMKM dapat terdaftar sebagai penerima BLT, UMKM harus memenuhi persyaratan administrasi dan harus mendaftar ke Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah RI mulai 9 September 2020.

Kemenkop UMKM menyediakan link pendaftaran khusus agar pelaku UMKM bisa mendaftar secara online. Namun, saat ini tautan pendaftaran online ditutup.

Cara Daftar Offline Bantuan BLT UMKM

Di kutipan dari Kabar DIY dalam artikel berjudul Link Pendaftaran Online Bantuan BLT UMKM Rp. 2,4 Juta Tertutup, Berikut Syarat dan Cara Daftar Offline walaupun pendaftaran online ditutup tapi pendaftaran masih buka offline.

Mendaftar secara offline artinya mengunjungi Kantor Koperasi terdekat tempat tinggal Anda.

Cara Daftar Offline Bantuan BLT UMKM

Syarat Pendaftaran BLT UMKM

Seperti dilansir laman website Kemenkop UKM RI, pelamar harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Warga negara Indonesia dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Memiliki usaha mikro, kecil, atau menengah
  3. Tidak bekerja sebagai pegawai ASN, TNI / POLRI, BUMN / BUMD
  4. Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari bank dan KUR
  5. UMKM yang memiliki KTP dan domisili usaha berbeda dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU)

Bantuan BLT UMKM sebesar Rp. 2,4 juta sangat dimungkinkan bagi pelaku usaha yang memiliki usaha di domisili yang berbeda dengan pelaku usaha yang berdomisili dengan melampirkan SKU.

SKU dapat diperoleh dari desa tempat Anda berbisnis dan harus disertakan atau dilengkapi dalam file pendaftaran.

Data yang harus diisi pendaftar adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap, alamat tempat tinggal sesuai KTP, bidang usaha, dan nomor telepon aktif yang bisa dihubungi.

Pelaku UMKM yang lolos akan mendapatkan notifikasi melalui pesan singkat atau SMS atau bank channeling (BRI, BNI, dan Bank Syariah Mandiri).

Apabila pemberitahuan diinformasikan melalui pesan singkat (SMS), maka pemohon yang telah wajib melakukan konfirmasi atau leverage ke bank penyalur segera setelah pemberitahuan proses pencairan bantuan BLT UMKM sebesar Rp 2,4 juta.

Share :

Tinggalkan komentar