Pakai KTP atau KIS Untuk Dapatkan Bantuan Rp500 Ribu Non PKH

Pakai KTP atau KIS Untuk Dapatkan Bantuan Rp500 Ribu Non PKH – Gunakan KTP atau KIS Anda untuk mendapatkan Rp. 500 ribu dalam bantuan. Bantuan ini merupakan bantuan non PKH

Sebagai informasi, Pemerintah diketahui telah melakukan berbagai upaya membantu masyarakat.

Salah satunya dengan memberikan berbagai macam bantuan, baik bantuan tunai langsung maupun program dari kementerian atau lembaga negara lainnya.

Setelah ramai dibukanya kartu pra kerja gelombang 11 yang ditutup, ternyata pemerintah juga mengucurkan Bantuan Sosial Non PKH sebesar Rp. 500 ribu rupiah.

Pakai KTP atau KIS Untuk Dapatkan Bantuan Rp500 Ribu Non PKH

Bantuan ini mulai dikucurkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos). Masyarakat bisa mengecek status kepesertaannya dengan KTP atau Kartu Indonesia Sehat atau KIS di website Kementerian Sosial.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian Sosial telah menyiapkan anggaran untuk bantuan tersebut sebesar Rp 4,5 triliun.

Pakai KTP atau KIS Untuk Dapatkan Bantuan Rp500 Ribu Non PKH

9 juta penerima akan ditargetkan untuk bantuan yang hanya akan diterima satu kali per rumah tangga.

“Akan ada 9 juta keluarga yang mendapat bantuan kali ini dan dengan stimulus atau bantuan tunai sebesar Rp 500 ribu per keluarga dan diberikan hanya sekali,” kata Dirjen PKP Kementerian Sosial Asep Sasa Purnama, saat dihubungi. dikutip dari situs resminya baru-baru ini.

Persyaratan lain bagi penerima bantuan ini bukan penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan juga keluarga yang memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

KIS

Namun, sebelum menerima bantuan tersebut, Anda harus memiliki KKS. KKS dapat dibuat dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini

  1. Datang langsung ke RT / RW setempat, atau jika ingin lebih efektif datang langsung ke kantor Kelurahan setempat. Calon KPM (Keluarga Penerima Manfaat) bisa langsung bertanya kepada perangkat desa / kelurahan setempat.
  2. Setelah itu calon KPM akan mendapatkan formulir yang berisi registrasi teknis.
  3. Data yang lengkap kemudian diolah oleh HIMBARA (Asosiasi Bank Negara), kantor kecamatan, kemudian ke kantor Walikota / Bupati.
  4. Setelah melewati tahap verifikasi, calon KPM akan diberikan rekening bank dan Kartu Keluarga Sejahtera. KKS, akan berfungsi sebagai kartu non tunai untuk menerima berbagai bantuan dari pemerintah.

Sebagai informasi, proses pencairan bantuan ini akan langsung dialihkan ke Kartu Keluarga Sejahtera.

Pemegang Kartu KIS

Kemudian pemegang kartu dapat menariknya melalui ATM atau kantor cabang atau e-warung. Untuk mengeceknya, Anda bisa mengklik link di halaman Kementerian Sosial.

https://dtks.kemensos.go.id/

Pertama, pilih KTP e-KTP atau data kepesertaan penerima (PBI) Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Kedua, isi Nomor KTP atau NIK atau KTP Terintegrasi (DTKS) Anda.

Ketiga, isi kolom nama lengkap sesuai e-KTP. Setelah itu masukkan kode captcha lalu klik konfirmasi

Terakhir, klik cari ‘informasi bansos’, yang akan ditampilkan di aplikasi apakah KK Anda tercatat sebagai penerima bansos 500 ribu atau tidak.

Download SIKS

Anda juga bisa menggunakan cara lain untuk mengecek keanggotaan 500 ribu per penerima BLT per rumah tangga melalui aplikasi ini

  • Download aplikasi SIKS-My Data di Playstore jika Anda menggunakan smartphone Android
  • Pilih menu ‘Cek Bansos’, lalu muncul halaman pemeriksaan bansos
  • Masukkan jenis partisipasi yang dipilih kemudian tuliskan data yang diperlukan
  • Jangan lupa masukkan kode captcha sesuai karakter yang muncul di halaman
  • Klik tombol pencairan dan tunggu informasinya keluar.

Seperti diberitakan sebelumnya, bantuan ini bertujuan untuk membangkitkan perekonomian di tengah pandemi.

Share :

Tinggalkan komentar