Cara Buat KKS (Kartu Keluarga Sejahtera), Ini Syarat Lengkapnya Dan Dapat BLT 500rb

Cara Buat KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) – Berbagai kebijakan dan program bantuan sosial telah dikeluarkan pemerintah sejak awal pandemi Covid -19.

Sebelumnya pemerintah telah mencanangkan berbagai program mulai dari PKH, Bantuan Upah Bersubsidi (BSU), Bantuan Sembako, Kartu Pra Kerja, Kartu Sembako dan yang kali ini adalah Bantuan Sosial (Bansos) yang diberikan per kepala keluarga dengan nilai nominal Rp. 500 ribu.

Bulan lalu, guna mengurangi beban biaya masyarakat dan pelajar untuk melakukan pembelajaran online (online), diberikan kredit bersubsidi dan paket data untuk masyarakat umum dan pelajar.

Pemerintah menargetkan sebanyak 9 juta keluarga penerima manfaat (KPM) menerima bantuan sosial ini.

Kartu KKS (Kartu Keluarga Sejahtera)

Pemerintah juga mengalokasikan dana sebesar 4,5 triliun untuk program bansos sebesar Rp500 ribu per kepala keluarga. Bantuan sosial hanya diberikan satu kali mulai September hingga target 9 juta penerima tercapai.

Rp. 500 ribu per keluarga Bantuan sosial bisa didapatkan jika kita memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan bukan penerima Program Keluarga Harapan atau PKH.

Buat KKS Kartu Keluarga Sejahtera

Untuk proses pencairannya, Kemensos akan mentransfer langsung ke nomor rekening pemegang Kartu Kesejahteraan Sosial.

Setelah bansos ditransfer, penerima atau pemegang Kartu Sejahtera Keluarga dapat langsung mencairkan uang tunai di mesin ATM, kantor cabang, dan E-warung.

Syarat Dan Cara Buat KKS

Berikut cara membuat Kartu Keluarga Sejahtera atau KKS:

  • Mendaftar sebagai peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di pemerintah daerah terdekat seperti RT / RW setempat.
  • Anda bisa menanyakan informasi KKS kepada pengurus RT / RW, perangkat desa / kelurahan di wilayah tempat tinggal KPM atau Humas Kementerian Sosial.
  • Biasanya setelah mendaftar KPM, calon KPM akan mendapat surat pemberitahuan berisi pendaftaran teknis di tempat yang ditentukan.
  • Data yang telah diisi oleh calon penerima program ini kemudian diolah secara paralel dan sinergis oleh bank-bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Negara (Himbara), kelurahan, dan kantor walikota / kabupaten.
  • Setelah verifikasi data selesai, penerima bansos akan membuka rekening di bank dan mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang berfungsi sebagai kartu nontunai untuk pengambilan bantuan pangan.

KKS berguna untuk menghemat kuota bansos bagi penerima manfaat dari Pemerintah.

Uang elektronik, kartu debit atau ATM yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi perbankan seperti pembelian kredit, pembayaran tagihan, dan pencairan dana bansos.

Masyarakat yang ingin mengecek mendapatkan bantuan ini atau tidak bisa mengeceknya di situs resmi Kementerian Sosial, www.cekbansos.siks.kemsos.go.id.

Cek Kartu KKS

Anda juga dapat menggunakan aplikasi SIKS-Dataku yang dapat diunduh dari Playstore atau Appstore di ponsel Anda dengan cara sebagai berikut:

  • Pilih menu ‘Cek Bansos’, lalu muncul halaman pemeriksaan bansos
  • Pilih keanggotaan mana yang Anda miliki atau inginkan. Pilihannya ada tiga, yaitu nomor kepesertaan BPJS Kesehatan, NIK, dan nomor identitas Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).
  • Masukkan jenis partisipasi yang dipilih kemudian tuliskan data yang diperlukan
  • Jangan lupa untuk memasukkan kode captcha sesuai karakter yang muncul di halaman
  • Klik tombol pencairan dan tunggu informasinya keluar.
  • Jika hasil pencarian menunjukkan penerima bansos Rp. 500 ribu, selanjutnya penerima yang memenuhi persyaratan dapat segera mencairkan bantuannya.

Bantuan ini diharapkan mampu meringankan beban masyarakat saat pandemi Covid-19, meningkatkan daya beli, dan mendongkrak perekonomian.

Share :

Tinggalkan komentar