Wajib Lolos Tes Psikologi Untuk SIM

Wajib Lolos Tes Psikologi Untuk SIM – Untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas, pihak Kepolisian Resort Gresik, Jawa Timur, akan menerapkan tes psikologi bagi pemohon dan mereka yang ingin memperpanjang surat ijin mengemudi. Rencana ini akan mulai aktif, Senin (16/12/2019).

Wajib Lolos Tes Psikologi Untuk SIM
Pengumuman Tes Psikologi SIM Bondowoso

Pada pengumuman diatas, menjelaskan fungsi dan manfaat tes psikologi sebelum mendapatkan SIM sebagai salah satu persyaratan untuk mendapatkan SIM guna melengkapi kemampuan kosentrasi, kecermatan, pengendalian diri, kemampuan penyesuaian diri, stabilitas emosi, dan ketahanan kerja.

Tes Psikologi Untuk SIM

Polisi kasatlantas Gresik AKP Erika Purwana putra mengatakan, tes psikologi akan melengkapi agenda tes kesehatan fisik yang telah diterapkan terlebih dahulu selama pengelolaan SIM. “Tujuan utama adalah untuk dapat mengurangi angka kecelakaan.

Oleh karena itu, mulai 16 Desember secara simultan akan dilaksanakan di seluruh jajaran Polres se-Polda Jawa Timur, tidak hanya di Gresik, “ujar Erika saat dihubungi, Sabtu (14/12/2019).

Erika menjelaskan, tes psikologi bekerja sama dengan lembaga psikologi yang telah menjalin kerjasama dengan kepolisian Jawa Timur.

“Saya menginformasikan bahwa tes psikologi, lembaga psikologi kredibel yang memiliki MoU dengan kepolisian Jawa Timur. Jadi yang mengimplementasikan bukan dari POLRI, “jelasnya.

Menurut Erika, lembaga yang akan mengadakan tes psikologi untuk SIM pemohon akan dilakukan oleh Musa Perkasa dikelola konsultan psikologi (MPBKP).

“Tidak hanya di Gresik, tapi kemudian di seluruh Polres se-Polda Jawa Timur tes psikologis yang akan dilakukan oleh institusi,” kata dia.

Tes Psikologi Untuk Perpanjang SIM

Erika juga menyebutkan, pelaksanaan tes psikologis kepada pemohon driver dan mereka yang akan memperbaharui, sudah sesuai dengan UU Nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Nasional Republik Indonesia, UU Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan transportasi jalan, dan peraturan KAPOLRI (PERKAP) nomor 9 tahun 2012 tentang SIM.

Sementara kepala Kanit Regident Satlantas dari polisi Gresik Iptu Bachtiar Arifin mengatakan, biaya tes psikologi di luar biaya pembuatan dan Perpanjangan SIM.

“Untuk biaya tes psikologis, kemudian dari tim psikologics,” jelas Bachtiar. Polisi Gresik juga mengadakan sebuah klinik pembinaan bagi pemohon untuk mencegah calo dengan penebusan KTP Pemohon dengan kartu akses di gedung satlantas. (source : http://kom.ps/AFzhSU)

Share :

Tinggalkan komentar