6 Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Pendonor dan Penerima

Manfaat Donor Darah – Mulai dari takut jarum suntik hingga takut darahnya habis. Padahal, manfaat donor darah bagi pendonor banyak banget. Tidak hanya dapat membantu yang membutuhkan darah, manfaat donor darah ternyata sangat baik untuk tubuh kita sendiri.

Untuk menjadi pendonor harus memenuhi syarat donor darah. Di Indonesia yang berwenang adalah Palang Merah Indonesia (PMI). Sebelum mendonorkan darah pendonor harus cek kesehatan, jika syarat kesehatan terpenuhi maka PMI akan mengambil darah.

Manfaat Donor Darah

Mendonorkan darah tidak di pungut biaya, justru PMI berterima kasih dan akan menggantinya dengan makanan penambah darah atau uang. Darah tidak boleh di perjual belikan, disaat kita butuh darah baiasanya akan di kenai biaya sebagai ongkos penyimpanan dan peralatan.

Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Pendonor dan Penerima

Jangan heran jika kita donor darah gratis tapi ketika butuhdarah malah di suruh bayar, sebar informasi ini kepada orang lain agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Apabila kita ingin donor darah tetapi tidak memenuhi syarat menjadi pendonor, jangan khawatir PMI menyiapkan rekening program donatur di website resmi PMI http://donasi.pmi.or.id/donasi-program/.

Ini bermanfaat bagi Anda jika Anda membuat donor darah:

Menjaga kesehatan jantung

Tingginya kadar zat besi dalam darah akan membuat seseorang lebih rentan terhadap penyakit jantung.

Zat besi yang berlebihan dalam darah dapat menyebabkan oksidasi kolesterol. Produk oksidasi akan menumpuk di dinding arteri dan ini sama dengan meningkatkan kemungkinan terkena serangan jantung dan stroke.

Ketika kita secara rutin menyumbangkan darah, jumlah zat besi dalam darah bisa lebih stabil. Ini berarti mengurangi risiko penyakit jantung.

Meningkatkan produksi sel darah merah

Donor darah juga akan membantu tubuh mengurangi jumlah sel darah merah dalam darah. Tidak perlu panik dengan pengurangan sel darah merah, karena sumsum tulang belakang akan segera mengisi ulang sel darah merah yang telah hilang.

Akibatnya, sebagai donor kita akan mendapat pasokan darah baru setiap kali kita menyumbangkan darah. Karena itu, donor darah adalah langkah yang baik untuk merangsang pembuatan darah baru.

Membantu menurunkan berat badan

Menjadi donor darah adalah metode diet dan pembakaran kalori yang ampuh. Karena dengan memberikan sekitar 450 ml darah, akan membantu proses pembakaran kalori sekitar 650. Itulah jumlah kalori yang membuat pinggang kita ramping.

Dapatkan kesehatan psikologis

Menyumbangkan hal-hal yang tak ternilai bagi mereka yang membutuhkan akan membuat kita merasakan kepuasan psikologis. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang lanjut usia yang secara rutin menjadi donor darah akan merasa tetap bersemangat dan bugar.

Mendeteksi penyakit serius

Setiap kali kami ingin menyumbangkan darah, prosedur standarnya adalah darah kami akan diperiksa untuk berbagai penyakit seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, sifilis, dan malaria.

Bagi mereka yang menerima donor darah, ini adalah informasi penting untuk mengantisipasi penularan penyakit melalui transfusi darah.

Bagi kami, ini adalah “tanda peringatan” yang baik sehingga kami lebih peduli dengan kondisi kesehatan kami sendiri.

Hasil Donor Darah

Darah hasil dari pendonor akan disumbangkan kepada yang membutuhkan bukan untuk diperjualbelikan. Mereka yang membutuhkan darah akan dikenai biaya terjangkau, biaya tersebut untuk perawatan alat menyimpan darah dan alat-alat lainnya.

Masih banyak masyarakat yang tidak peduli dengan adanya donor darah, dengan berbagai alasan padahal ini snagat penting untuk kesehatan pendonor dan penerima. Sampaikan informasi ini kepada publik agar darah di PMI, Puskesmas, dan Rumah sakit mencukupi.

Share :

Tinggalkan komentar