Rekrutmen 1 Juta PPPK untuk Tenaga Guru Tahun 2021, Ini Syaratnya

Rekrutmen 1 Juta PPPK untuk Tenaga Guru Tahun 2021 – Pemerintah secara resmi mengumumkan penerimaan Pegawai Negeri Sipil dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk guru honorer pada tahun 2021. Guru yang akan diangkat menjadi PNS / ASN setara dengan 1 juta orang.

“Semua yang lolos seleksi dijamin menjadi guru PPPK dengan jumlah guru maksimal 1 juta guru,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim yang disiarkan di kanal YouTube Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senin (23/9). 9). 11/2020).

Lalu siapa yang bisa mengikuti seleksi? Pendiri Gojek menjelaskan, semua guru honorer dan lulusan PPG (Pendidikan Profesi Guru) bisa mendaftar dan mengikuti tes seleksi.

“Pemerintah membuka peluang guru honorer di sekolah negeri dan swasta yang terdaftar di Dapodik (data pendidikan dasar). Ini juga termasuk mantan guru tenaga honorer (K2) kategori 2 yang sebelumnya tidak pernah lolos seleksi menjadi PNS atau PPPK. Bagi lulusan PPG. yang tidak mengajar, “katanya.

Rekrutmen 1 Juta PPPK untuk Tenaga Guru

Namun, meski pemerintah membuka kuota 1 juta guru untuk diangkat menjadi PPPK, pada akhirnya hanya yang lolos seleksi yang diangkat.

“Padahal kita sudah membuka formasi 1 juta guru, yang akan menjadi PPPK adalah yang lolos seleksi. Jadi kalau hanya sebagian yang lolos, pada 2021 akan menjadi guru PPPK,” imbuhnya.

Rekrutmen 1 Juta PPPK untuk Tenaga Guru Tahun 2021

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menegaskan, kuota pendaftaran untuk mengikuti seleksi guru PNS dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 tidak dibatasi.

Pembukaan seleksi ini terbuka untuk guru honorer di sekolah negeri dan swasta yang terdaftar dalam Data Pendidikan Dasar (Dapodik), termasuk eks guru honorer kategori 2 yang tidak pernah lolos seleksi menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau PPPK.

Syarat PPPK 1 Juta Guru

Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang saat ini tidak mengajar juga berkesempatan mengikuti tes seleksi guru PPPK 2021.

“Semua guru honorer dan lulusan Pendidikan Profesi Guru dapat mendaftar dan mengikuti seleksi. Yang lolos seleksi akan menjadi guru PPPK maksimal maksimal 1 juta guru, ”jelas Nadiem, Senin (23/11/2020). Dalam konferensi virtual bertajuk” Pengumuman Rencana Seleksi Guru Pegawai Negeri 2021 dengan Perjanjian Kerja ( PPPK) 2021 “, Nadiem tidak mau membatasi pendaftaran dengan kuota dan membuat guru menunggu dan antri.

Namun, pemerintah tetap memberlakukan batasan jumlah guru PPPK, yakni 1 juta tenaga pendidik.” Kita sudah buka formasi 1 juta guru.

Guru Yang Lolos PPPK

Guru yang akan menjadi PPPK yang lolos seleksi. Jadi hanya sebagian dari seleksi yang lolos. Itulah yang pada 2021 akan menjadi guru PPPK, ”ujarnya. Melalui kanal YouTube Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem menjelaskan, seleksi guru PPPK 2021 akan dilakukan secara online atau online.

Bagi yang lolos seleksi, Nadiem menjamin bahwa akan diangkat menjadi PPPK dan juga dari segi alokasi anggaran. “Pemerintah yang sudah menyiapkan yang lolos seleksi dijamin jadi PPPK dan dijamin anggaran sudah disiapkan, tapi tetap harus lolos seleksi,” ujarnya.

Minta bantuan pemerintah daerah Untuk mencapai target 1 juta guru, pemerintah pusat mengundang pemerintah daerah (pemda) untuk mengajukan lebih banyak formasi sesuai kebutuhan.

Pasalnya, saat ini pemerintah pusat baru menerima sekitar 200 ribu pendaftar. Padahal Indonesia kebutuhan masih jauh lebih besar dari itu. Oleh karena itu, Nadiem meminta agar pemerintah daerah mengajukan formasi sebanyak-banyaknya.

“Makanya kita minta semua pemerintah daerah agar mengusulkan formasi sebanyak-banyaknya karena kalau lolos PPPK, pemerintah pusat menjamin anggarannya, ”kata Nadiem.

Pemerintah membuka seleksi PPPK karena melihat perkiraan dari data Dapodik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bahwa ada kebutuhan guru di sekolah negeri hingga 1 juta.

Tidak hanya menyediakan tenaga pengajar yang baik untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul di masa depan, namun pemerintah juga ingin memberikan kesempatan yang adil bagi guru honorer.

“Selain saat ini mengajar, yang pertama dari kebutuhan kita, tapi pembukaan seleksi ini juga sebagai upaya untuk memberikan kesempatan yang adil, kesempatan bagi guru honorer terbaik kita untuk membuktikan kompetensinya tanpa membatasi kita,” kata Nadiem.

Demikian informasi Rekrutmen 1 Juta PPPK untuk Tenaga Guru Tahun 2021, untuk informasi selanjutnya tunggu kabar keputusan pemerintah pusat. Semoga artikel ini dapat membantu guru honorer, mohon sebarkan.

Share :

Tinggalkan komentar