Alat-alat Tes Kehamilan Yang Valid dan Cara Kerja Tespek Kehamilan

Alat Tes Kehamilan – Ketika pasangan sedang mencoba untuk hamil atau seseorang khawatir tentang kehamilan yang tidak direncanakan, tes kehamilan bertindak sebagai alat yang penting. Melakukan tes kehamilan bisa sangat menegangkan bagi banyak wanita.

Ini menghasilkan banyak emosi seperti kegembiraan dan ketakutan. Pengetahuan hamil membantu Anda mengambil keputusan yang tepat. Perbanyaklah baca dzikir khusus ibu hamil supaya mendapatkan hasil maksimal. Apa alatnya dan bagaimana cara kerjanya?

Tespek kehamilan di rumah umumnya tes urin sederhana yang mendeteksi apakah seorang wanita hamil atau tidak.

Alat Tes Kehamilan

Tes-tes ini mendeteksi hormon yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG). Ini akan dilepaskan ketika telur yang dibuahi melekat pada dinding rahim. Itu hanya ditemukan di dalam tubuh jika seorang wanita hamil.

Hasilnya ditampilkan sebagai :
Positif – Hamil
Negatif – Tidak Hamil

Tes umum menggunakan detektor untuk hCG yang menunjukkan indikasi berdasarkan keberadaan garis atau warna untuk menampilkan keadaan kehamilan.

Alat Tes Kehamilan
Seorang wanita yang memegang tes kehamilan

Jenis Tes Kehamilan

Pada dasarnya ada dua jenis tes kehamilan adalah sebagai berikut:

Tes Kehamilan dengan Tes Darah – Tes darah ini untuk cek hormon kehamilan yang dikenal sebagai hCG. Anda perlu menemui dokter untuk melakukan tes darah.

Tes darah dapat mengambil hCG pada waktu sebelumnya ketika dibandingkan dengan tes urin. Tes darah dapat mengetahui setelah 6-8 hari ovulasi. Ia dapat mengukur bahkan hCG terkecil, karenanya, sangat akurat.

Ada dua jenis tes darah

Kuantitatif

Ini mendeteksi jumlah hCG yang ada dalam darah dan juga memberitahu usia janin. Tes ini digunakan ketika orang tua membutuhkan ide yang tepat ketika telur dibuahi.

Kualitatif

Ini hanya memberikan solusi ya atau tidak. Ini menunjukkan adanya hCG saja tetapi lebih sensitif bila dibandingkan dengan HPT.

Tes Urine

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Tes Kehamilan yang diambil di rumah yang dikenal sebagai Home Pregnancy Tests (HPT) yang mudah tersedia di toko obat dan toko kimia dapat digunakan untuk tujuan identifikasi.

Harganya kurang dari tes darah. Mereka mungkin perlu waktu untuk mendeteksi. Akurasi mereka juga dipertanyakan dalam beberapa situasi. Tetapi ketersediaan, kepastian, dan biaya yang mereka miliki menjadikan mereka pilihan paling populer.

Ada dua jenis Tes Urin

Strip Tes Kehamilan

Anda dapat memegang strip atau tetesan di bawah aliran air seni. Pada pendeteksian hCG, tes akan berubah warna sesuai dengan desain. Ini biasanya membutuhkan waktu 4-7 menit untuk menampilkan hasilnya.

Tes Kehamilan Cup

Anda perlu mengumpulkan sampel urin di gelas atau gelas yang disediakan dan kemudian perangkat tes perlu dicelupkan ke dalam cangkir. Tes akan menampilkan hasil berdasarkan desain dan indikasi.

Kapan harus mengikuti tes kehamilan?

Anda pada dasarnya dapat melakukan tes kehamilan segera setelah menstruasi Anda terlambat. Beberapa tes seperti tes darah dapat bekerja bahkan beberapa hari sebelum periode yang terlewat karena mereka sangat sensitif terhadap hCG.

Untuk tes kehamilan di rumah, Anda dapat membaca indikasi pada label untuk mengetahui kapan tes itu akan menjadi efektif. Rata-rata, mereka bekerja ketika sudah seminggu melewati periode yang Anda harapkan.

Alat Tes Yang Paling Populer

Berikut adalah daftar tes kehamilan umum yang tersedia di India:

Prega News Pregnancy Kit

Ini adalah salah satu kit paling populer di pasar. Ini mengklaim memberikan hasil yang autentik dan dapat diandalkan dalam 5 menit. Tes dapat dilakukan sedini pada hari pertama dari periode yang terlewat. Satu strip dapat berharga antara 60-80 rupee dari toko kimia lokal.

Single Band tidak mengandung kehamilan. Double Band menyiratkan bahwa kandidat sedang hamil. Tidak ada band menyiratkan bahwa kadar hCG terlalu rendah untuk tes dan idealnya diulang setelah 4 -5 hari.

Kit Kehamilan Velocit

Yang ini berasal dari lab Dr. Reddy dan itu adalah alat kehamilan sederhana dan satu langkah. Air seni pagi yang segar perlu dikumpulkan dalam wadah yang bersih.

Tetes dapat digunakan untuk mengambil 2-3 tetes urin dan setelah 3-4 menit hasilnya dapat dicatat. Tes dapat dilakukan pada hari pertama dari periode yang terlewat. Biaya tes antara 65 hingga 98 rupee.

Single Band tidak mengandung kehamilan. Double Band menyiratkan bahwa kandidat sedang hamil. Tidak ada band menyiratkan ketidakpastian dan tes harus diambil lagi.

Clear View Test Kit Kehamilan

Menurut pabrikan, itu adalah 99% akurat. Ini mengidentifikasi kehamilan satu hari setelah tanggal yang diharapkan dan memakan waktu kurang dari 3 menit untuk melakukannya. Biayanya antara 150-160 rupee per test kit. Ini menunjukkan mudah dibaca + dan – tanda sebagai hasilnya.

I-Can Pregnancy Test Kit

Tes ini harus dilakukan dengan urin pertama hari itu. Ini dapat dilakukan setiap hari setelah hari ke-6 setelah konsepsi yang diharapkan. Biayanya Rs 50 per strip.

Pita berwarna merah muda atau ungu berwarna menunjukkan hasil positif dan tidak ada pita yang menunjukkan hasil negatif.

Kartu Tes Pregcolor

Sampel urin harus dikumpulkan dalam wadah bersih dan dengan bantuan penetes, urin dapat dimasukkan ke jendela kartu. Biayanya sekitar Rs. 70. Diperlukan waktu sekitar 3 menit untuk menampilkan hasilnya.

Dua garis menunjukkan hasil positif dan satu baris menunjukkan hasil negatif.Kami harap daftar di atas telah memberi Anda cukup informasi untuk memilih tes kehamilan yang tepat.

Jika Anda perlu petunjuk tentang cara mengikuti tes di rumah, Anda dapat membaca petunjuk ini.

Langkah pertama menuju keibuan dapat bermanfaat dan menantang pada saat yang sama. Dalam semua kasus, pengetahuan awal adalah yang terbaik bagi orang tua untuk mengambil keputusan yang benar tentang kehidupan anak mereka.

Jika salah satu metode yang disarankan di atas membuat Anda kebingungan, konsultasikan dengan dokter kandungan setempat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Share :

Tinggalkan komentar