Perhatikan Tips Hamil 9 Bulan Agar Hamil dan Melahirkan Nyaman

Hamil 9 bulan tapi perut kecil – Sebagian besar ibu akan bersumpah bahwa mereka telah merasakan sensasi yang sama lebih dari sekali selama minggu ke-38 kehamilan mereka.

Pada usia kehamilan 9 bulan, dengan kehamilan berkembang ke tahap terakhir, bayi Anda mungkin sekarang duduk cukup rendah di area panggul Anda.

Penempatan membuatnya tetapi tidak mungkin untuk tidak bertemu dengan beberapa saraf sensitif. Selain menangani gejala baru ini, pada hamil usia 9 bulan ini sebagian besar ibu mulai menunjukkan gejala persalinan.

Tips Hamil 9 Bulan

Untuk membuat beberapa saat terakhir ini lebih mudah bagi Anda untuk membaca ketika kami menceritakan semua yang perlu Anda ketahui tentang minggu ke-38 kehamilan.

Ukuran Bayi 38 Minggu dalam kandungan

Pada kehamilan 38 minggu, bayi Anda memiliki panjang sekitar 19,6 inci. Lingkar kepala bayi Anda harus sama dengan perut Anda. Berat rata-rata bayi pada minggu ke 38 kehamilan biasanya 3kg.

Apakah Lahir Tepat 38 Minggu?

38 minggu kehamilan, ketika diubah menjadi bulan, biasanya berubah menjadi delapan bulan lebih sekitar dua minggu.

Gejala Kehamilan minggu ke 38

Pada kehamilan 38 minggu, tubuh Anda bersiap untuk hari besar. Proses ini biasanya memengaruhi tubuh Anda dalam berbagai cara. Beberapa gejala yang ditunjukkan ibu pada kehamilan 38 minggu adalah:

Tanda Akan Melahirkan

# 1 Kontraksi
Kontraksi selalu menjadi bagian dari kehamilan. Pada 38 minggu, mereka tidak bisa dihindari. Pada periode yang krusial ini, Anda mungkin menyadari bahwa Anda mengalami kram kehamilan atau mengencangkan perut Anda.

Dalam kasus kontraksi Anda tidak cukup menyakitkan dan berhenti sakit setelah beralih posisi, mereka masih berlatih kontraksi. Kontraksi latihan ini dikenal sebagai Braxton Hicks.

Tips Hamil 9 Bulan

# 2 Masalah Tidur
Sebagian besar ibu menderita rasa cemas selama periode ini. Membawa kehidupan baru ke dunia bersama dengan perubahan gaya hidup dan tanggung jawab tambahan, membuat banyak orang kehilangan tidurnya.

Untuk melengkapi, rasa sakit dan nyeri tidak terlalu membantu. Anda mungkin menemukan diri Anda terus lelah selama periode ini.

# 3 Peningkatan Pelepasan Vagina
Saat kehamilan Anda meningkat, Anda mungkin menyadari diri Anda melepaskan lendir lendir yang kental seperti substansi.

Zat ini dikenal sebagai sumbat lendir, dan orang tidak boleh terlalu khawatir tentang hal itu. Biasanya dilepaskan ketika serviks Anda mulai melebar sebagai persiapan untuk persalinan.

# 4 Sensitive Belly:
Kenyataan bahwa perut Anda sangat besar pada minggu ke-38 kehamilan, tidak lain adalah kebenaran belaka. Peregangan membuat perut Anda lebih sensitif dari biasanya.

Pada titik kehamilan ini, yang terbaik adalah berinvestasi dalam pelembab berat. Mendapatkan banyak cairan juga membantu. Ruam tidak umum selama periode ini, dan karenanya harus dilaporkan ke dokter Anda paling cepat.

# 5 Pembengkakan Kaki dan Pergelangan Kaki Anda
Sebagian besar ibu akan bersumpah bahwa pergelangan kaki yang bengkak merupakan anugerah sekaligus kutukan selama kehamilan.

Sementara sensasi itu sendiri tidak menyenangkan, itu membuat Anda duduk santai dan rileks selama periode penting ini.

Agar Anda tetap aktif, Anda bisa berjalan secara teratur. Ini akan membantu dalam sirkulasi darah yang tepat dan mengurangi pembengkakan.

# 6 Kecemasan dan Stres
Kehamilan tentu bukan cakewalk. Bagi kebanyakan ibu, ini adalah perjalanan panjang yang sulit yang membutuhkan banyak waktu dan kesabaran untuk terbiasa.

Di saat-saat terakhir, ketika pekerjaan Anda bisa datang setiap hari, menjadi tidak sabar untuk menyampaikan hanya normal. Terutama jika Anda mengalami kehamilan yang rumit atau sedang hamil kembar.

Untuk menjaga agar pikiran Anda teralihkan, yang terbaik adalah melakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia. Ini adalah saat-saat terakhir sebelum bayi Anda lahir, jadi nikmati sepenuhnya.

Tanda-tanda hamil minggu ke 38
Sekarang Anda berada di tahap akhir kehamilan Anda, tubuh Anda akan mulai menunjukkan tanda-tanda persalinan tertentu. Beberapa dari tanda-tanda ini termasuk:

Tanda-tanda hamil usia 9 bulan

# 1 Vaginal Discharge
Seperti yang disebutkan di atas, tubuh Anda pada titik ini akan mulai melepaskan sumbatan lendir. Steker lendir ini bisa memiliki sedikit darah di dalamnya.

Namun, tidak ada yang perlu Anda khawatirkan. Keluarnya lendir biasanya merupakan tanda bahwa serviks Anda bersiap untuk melahirkan bayi. Menderita diare: Meskipun terdengar melelahkan, diare adalah bagian yang tidak dapat dihindarkan dari kehamilan. Itu

# 2 hamil 9 bulan mencret / diare
Meskipun terdengar melelahkan, diare adalah bagian yang tidak dapat dihindarkan dari kehamilan.

Hormon kerja yang ada di tubuh Anda adalah penyebab utama di baliknya. Mengalami diare biasanya merupakan pertanda bahwa Anda dapat segera melahirkan dan ada pula hamil 9 bulan sering bab.

# 3 Merasa Mual
Meskipun bukan merupakan tanda kerja yang disertifikasi, banyak ibu bersumpah bahwa mereka merasa pusing sebelum melahirkan.

# 4 Kontraksi
Kontraksi telah menjadi bagian dari kehamilan sejak jaman dahulu. Pada kehamilan 38 minggu, Anda mungkin merasakannya lebih sering.

Namun, jika Anda mengalami kontraksi secara berkala dan mereka tidak berhenti, maka kemungkinan Anda akan melahirkan. Di sisi lain, jika Anda merasa kontraksi menyakitkan lebih dari lima menit, Anda harus pergi ke rumah sakit paling cepat.

# 5 Sakit punggung
Sakit punggung umum terjadi selama kehamilan. Namun, jika Anda mulai merasakan sakit punggung yang kuat pada kehamilan 38 minggu, itu bisa menjadi tanda persalinan. Beri tahu dokter Anda sedini mungkin jika Anda mengalami gejala ini.

# 6 Kantung ketuban pecah
Jika Anda melihat air mengalir di kaki Anda, itu biasanya berarti kantung ketuban Anda telah pecah. Setelah itu terjadi, persalinan berlangsung cepat, jadi jangan biarkan dokter Anda mengetahuinya segera setelah air Anda pecah.

Meskipun dalam banyak kasus, menginduksi persalinan tidak diperlukan, itu menjadi penting jika kehamilannya rumit. Bahkan dalam kasus di mana seorang ibu mengharapkan bayi kembar atau jika seseorang mengalami perdarahan berlebih, dokter mungkin akan terburu-buru dengan proses persalinan.

Meskipun dapat mengirim ibu ke dalam kepanikan, yang terbaik adalah mengetahui bahwa semuanya akan baik-baik saja dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Pada kehamilan usia 38 minggu Anda mungkin tidak sabar untuk melihat wajah bayi Anda, namun, bayi Anda masih membutuhkan beberapa waktu di dalam rahim Anda. Yang terbaik adalah tidak menstimulasi persalinan sendiri.

Tunggulah bayi Anda untuk menjadi bulan penuh atau minta saran dokter Anda untuk persalinan sebelum Anda melakukan apa pun.

Kebugaran dan Nutrisi di 38 Weeks of Pregnancy

Karena tubuh Anda sangat berubah selama 9 bulan Kehamilan, ada beberapa hal yang perlu Anda ingat tentang kebutuhan gizi Anda. Penambahan berat badan yang cepat selama periode krusial ini akan mempengaruhi sistem pencernaan Anda.

Ini sangat penting bahwa Anda mempertahankan diet yang seimbang dan bergizi, seperti yang Anda lakukan sepanjang kehamilan Anda. Satu-satunya perbedaan adalah ukuran porsi Anda akan meningkat selama periode ini.

Makanan bergizi untuk hamil usia 9 bulan

Berikut ini daftar makanan yang harus dimasukkan dalam diet Anda di minggu ke-38 kehamilan Anda:

  • Serat: Sertakan makanan yang kaya serat seperti sayuran dan buah-buahan. Anda juga dapat menikmati hal-hal seperti roti gandum, sereal, dan kurma di antara hal-hal lainnya.
  • Zat besi: Makanan seperti ayam, telur, lentil, brokoli, dan bayam adalah sumber zat besi yang hebat. Buah kering seperti plum dan kismis juga kaya zat besi dan harus menjadi bagian dari diet Anda.
  • Kalsium: Pada tahap kehamilan ini, Anda mungkin menderita retensi kalsium. Karena ini, penting bagi Anda untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium. Beberapa makanan ini adalah produk susu, almond, dan oatmeal.
  • Vitamin C: Makanan yang kaya vitamin C merupakan bagian penting dari diet kehamilan. Buah jeruk, stroberi, tomat, dan kembang kol hanyalah beberapa dari banyak hal yang dapat Anda makan untuk asupan vitamin C.
  • Asam Folat: Asam folat merupakan bagian penting dari diet wanita hamil. Dikenal untuk menghindari cacat lahir seperti spina bifida. Sayuran berdaun hijau dan kacang-kacangan adalah sumber yang bagus.
  • Vitamin A: Anda dapat memasukkan hal-hal seperti wortel, ubi jalar, dan bayam untuk kebutuhan vitamin A harian Anda.

Makanan yang Harus Dihindari di Minggu ke-38 Kehamilan

Makanan yang Anda hindari sepanjang kehamilan Anda, harus dihilangkan dari diet Anda bahkan dari sekarang. Beberapa hal ini termasuk:

  • Kafein: Hamil 9 bulan minum kopi hindari jika memungkinkan. Paling banyak, jangan melebihi tanda 200 mg. Juga periksa asupan cokelat Anda, karena itu juga bisa mengandung kafein.
  • Alkohol: Terkait dengan berbagai cacat lahir, alkohol adalah satu hal yang harus dihindari dengan biaya apapun selama kehamilan.
  • Makanan Laut Mentah: Makanan laut apa pun yang disajikan mentah seperti sushi harus dihindari. Tiram juga termasuk dalam kategori ini.
  • Tembakau: Sama seperti alkohol, tembakau harus dihindari dengan biaya berapa pun. Ini adalah hambatan utama bagi pertumbuhan dan perkembangan anak Anda.

Suplemen Yang Harus Anda Ambil Selama 9 Bulan Kehamilan

Sering kali, dokter menyarankan ibu yang mengharapkan suplemen jika kebutuhan nutrisi mereka tidak dipenuhi melalui diet mereka. Beberapa suplemen ini termasuk:

suplemen untuk ibu hamil

  • Suplemen Kalsium: Ibu yang tidak toleran laktosa sering diresepkan suplemen ini untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian mereka.
  • Suplemen Multivitamin Dan Multimineral: Suplemen ini membantu tubuh Anda untuk mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan selama kehamilan tahap ini.
  • Suplemen Asam Folat: Kebanyakan dokter meresepkan suplemen asam folat, karena mereka penting untuk menghasilkan sel darah merah yang sehat. Mereka juga dikenal untuk mencegah berbagai cacat lahir.
  • Suplemen zat besi: Baik dokter dan ahli bersumpah dengan suplemen ini, karena wanita hamil membutuhkan cukup zat besi, terutama selama trimester pertama dan ketiga.

Sebagai ibu hamil, Anda pasti pernah mendengar bahwa diet ibu sangat penting. Yah, itu dikatakan karena alasan yang bagus. Apa yang Anda konsumsi selama bulan-bulan penting ini akan mempengaruhi bayi Anda.

Saat Anda makan untuk dua orang, itu adalah tanggung jawab Anda untuk memberikan yang terbaik untuk bayi Anda.

Dengan demikian Anda memastikan bahwa tidak hanya bayi Anda sehat, tetapi juga bahwa Anda cukup kuat untuk melahirkan. Jadi, makan dengan sehat dan tetap aman.

Seperti apa kehamilan minggu ke-38 Anda? Beri tahu kami bersama dengan umpan balik Anda di bagian komentar.

Terima kasih telah mengunjungi website ini dan selalu kunjungi website bendebesah, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Share :

Tinggalkan komentar