Virus Corona : Perkembangan Kasus Positif, Meninggal Dunia, dan Sembuh Dari Covid-19

Virus Corona – COVID-19 singkatan dari Penyakit koronavirus 2019 merupakan penyakit yang dapat menular disebabkan oleh SARS-CoV-2, termasuk salah satu jenis koronavirus.

Ciri penderita COVID-19 adalah batuk kering, demam, dan kesulitan bernapas.

Jarang ditemukan untuk pilek, bersin-bersin, dan sakit tenggorokan. Penderita yang paling rentan adalah mereka yang mempunyai riwayat pneumonia dan kegagalan multi organ.

Virus Corona

Cara menyebarnya virus corona melalui percikan (droplet) dari saluran pernapasan saat batuk / bersin.

Positif

COVID-19 INDONESIA

POSITIF, SEMBUH,
MENINGGAL

Update Hari ini:

Antara 1–14 hari estimasi penyebaran virus hingga adanya gejala klinis, dengan rata-rata 5 hari.

Metode standar diagnosis adalah uji reaksi rantai transkripsi polimerase (rRT-PCR) dari sampel swab nasofaring atau sampel dahak dengan hasil dalam beberapa jam hingga 2 hari.

Tes antibodi dari sampel serum darah juga dapat digunakan dengan hasil dalam beberapa hari. Infeksi virus dapat didiagnosis dari gejala, faktor risiko, dan gejala pneumonia pada pemindaian tomografi dada.

Cara mencegah penyakit Corona dengan mencuci tangan, serta menjaga jarak, dan tidak menyentuh area wajah dengan tangan yang kotor, ini langkah yang sangat disarankan sebagaiusaha mencegah virus menyebar.

Disarankan untuk menutup hidung dan mulut dengan tisu atau siku yang ditekuk saat batuk.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) merekomendasikan mereka yang mencurigai bahwa mereka telah terinfeksi untuk mengenakan masker bedah dan mencari nasihat medis dengan memanggil dokter dan tidak secara langsung mengunjungi klinik.

Penggunaan masker direkomendasikan untuk orang yang merawat pasien terinfeksi tetapi tidak untuk umum.

Tidak ada vaksin atau obat antivirus khusus untuk COVID-19; prosedur yang diberikan termasuk pengobatan gejala, perawatan suportif, dan tindakan eksperimental. Angka fatalitas kasus diperkirakan 1-3%.

Sumber : Kemenkes dan Wikipedia
Share :

Tinggalkan komentar