Sudah Daftar BLT BPUM Tapi Tak Menerima SMS Dari Bank? Ini Syarat Dan Alasan Ditolaknya

Sudah Daftar BLT BPUM Tapi Tak Menerima SMS Dari Bank? Biasanya penerima BLT UMKM akan menerima SMS dari BRI.

Tapi bisa juga mengecek langsung di eform.bri.co.id dan ada tanda-tanda bahwa kamu adalah penerima BLT UMKM.

Tapi mungkin jika Anda tidak diterima alias tidak lolos verifikasi pusat.

Atas seleksi dan verifikasi oleh pemerintah di tingkat pusat, DPKUKM mengingatkan bahwa tidak semua yang mengajukan program BPUM lolos dan mendapatkan BLT UMKM sebesar Rp. 2,4 juta.

Pasalnya, persyaratan program ini termasuk pengusaha mikro yang tidak pernah memiliki akses kredit dari bank.

“Tidak semuanya lulus karena pelamar sudah menikmati kredit dari bank,” kata Nandang Sunandar, Kepala Bidang Usaha Kecil Menengah DPKUKM, seperti dilansir Tribun News.

Sudah Daftar BLT BPUM Tapi Tak Menerima SMS Dari Bank?

Apabila pelaku usaha yang mengajukan BLT UMKM telah mengakses kredit dari bank, maka akan terbaca pada saat diverifikasi dan divalidasi.

“Di tengah diverifikasi dan divalidasi, kemudian harga ditetapkan oleh SLIK OJK. Setelah persetujuan baru ditetapkan oleh deputi pembiayaan yang sudah lulus. Ditandatangani oleh deputi keuangan. Kemudian daftar hasil Penetapan disampaikan ke bank penyalur yaitu BRI Pusat dari BRI pusat ke provinsi atau daerah dari daerah ke Cabang BRI. Dari situ cabangnya diserahkan ke BRI unit, ”tambah Nandang.

Sudah Daftar BLT BPUM Tapi Tak Menerima SMS Dari Bank

Menurut Nandang, mereka yang berhak mendapatkan pendampingan bagi pelaku UMKM akan mendapat notifikasi dari BRI dalam bentuk SMS.

Oleh karena itu, saat mendaftar program BPUM, pelaku UMKM juga diminta mencantumkan nomor ponselnya.

Cek Penerima Bantuan Banpres BPUM

Jika masyarakat sudah mendaftar program ini tetapi tidak ada notifikasi dari BRI, mereka dipersilakan untuk mengecek langsung ke BRI dengan KTP-nya atau ke cek melalui internet dengan mengunjungi portal resmi BRI di tautan https://eform.bri.co.id/bpum.

Biasanya penerima BLT UMKM akan menerima SMS dari BRI.

Cara Cek Online Penerima Bantuan Pemerintah SMS Dari Bank BRI E form bri

Tapi bisa juga mengecek langsung di eform.bri.co.id dan ada tanda-tanda bahwa kamu adalah penerima BLT UMKM.

Tapi mungkin jika Anda tidak diterima.

Alasan Tidak diterima Bantuan BPUM UMKM

Atas adanya seleksi dan verifikasi oleh pemerintah di tingkat pusat, DPKUKM Kabupaten Sukabumi mengingatkan bahwa tidak semua yang mengajukan program BPUM lolos dan mendapatkan BLT UMKM sebesar Rp. 2,4 juta.

Pasalnya, persyaratan program ini termasuk pengusaha mikro yang tidak pernah memiliki akses kredit dari bank.

“Tidak semuanya lolos karena pelamar sudah menikmati kredit dari bank,” kata Nandang Sunandar, Kepala Bidang Usaha Kecil dan Menengah DPKUKM, seperti dilansir Tribun News.

Pinjaman Bank

Apabila pelaku usaha yang mengajukan BLT UMKM telah mengakses kredit dari bank, maka akan terbaca pada saat diverifikasi dan divalidasi.

“Di tengah diverifikasi dan divalidasi, kemudian ditetapkan oleh SLIK OJK. Setelah persetujuan baru ditetapkan oleh deputi pembiayaan yang telah lulus. Ditandatangani oleh deputi keuangan. Kemudian daftar hasil Penetapan tersebut disampaikan kepada bank penyalur yaitu BRI Pusat dari BRI pusat ke provinsi atau daerah dari daerah ke Cabang BRI. ”tambah Nandang.

Menurut Nandang, mereka yang berhak mendapatkan pesan singkat/SMS bagi pelaku UMKM dari BRI.

Penerima Bantuan Wajib Mencantumkan Nomer HP

Oleh karena itu, saat mendaftar program BPUM, pelaku UMKM juga diminta mencantumkan nomor ponselnya.

Jika masyarakat sudah mendaftar program ini tetapi tidak ada notifikasi dari BRI, mereka dipersilakan untuk mengecek langsung ke BRI dengan KTP-nya.

Penerima Bantuan Tidak Mencantumkan Nomer HP

Jika penerima bantuan tidak mencantumkan nomer ponsel pada saat pendafataran, jangan khawatir petugas BRI akan datang kerumah pelaku usaha tersebut untuk memberikan informasi bahwa orang tersebut menerima bantuan.

Kemudian pelaku usaha yang meneriman BPUM akan dipersilahkan datang langsung ke BRI terdekat untuk mengeceknya.

“Meminta datang langsung ke unit BRI sambil membawa KTP. Minta bisa atau tidak,” jelasnya.

Dalam hal ini, DPKUKM tidak memiliki Daftar Penerima Manfaat untuk Usaha Mikro (BPUM).

“Kami sebagai pengusul, kami tidak diberikan ketentuan atau daftar (penerima BPUM). Yang daftar itu bank sebagai distributor,” ujarnya.

Bagaimana jika Anda adalah penerimanya?

Dilansir dari Kompas.com, jika Anda dinyatakan sebagai penerima bantuan, langkah selanjutnya adalah mengunjungi Bank BRI terdekat.

“Masukkan saja nomor EKTP Anda untuk mengetahui hasilnya. Jika sudah terdaftar di BPUM, Anda bisa langsung mendatangi kantor BRI terdekat dengan identitas Anda,” kata Sekretaris Perusahaan BRI Aestika Oryza Gunarto dalam keterangan resmi yang diterima Kompas. com, Selasa (20/10/2020).

Demikian jawaban dari para warganet terkait Sudah Daftar BLT BPUM Tapi Tak Menerima SMS Dari Bank? pelaku usaha akan mendapat bantuan walaupun pernah kredit/pinjam bank asalakan tidak bermasalah, semoga dapat membantu kalian.

Share :

Tinggalkan komentar