Cara Daftar Radar Bansos Jatim Yang Terdampak Covid-19 Dan PSBB

Pemerintah provinsi Jawa Timur memberikan bantuan sosial (Bansos) kepada penduduk Jawa timur yang terdampak wabah virus Corona dan PSBB. Bantuan sosial yang diberikan harus memenuhi syarat yang telah ditentukan.

Untuk mendaftarkan diri menjadi penerima bantuan, pemohon cukup daftar melalui smartphone tak perlu menyerahkan dokumen seperti biasanya.

Radar bansos Jatim diharapkan tepat sasaran sesuai syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan. Kabarkan dan sebarkan informasi ini kepada sahabat dan keluarga yang membutuhkan.

Bagi warga jatim yang merantau ke wilayah Jabodetabek tetap menerima bantuan karena masuk wilayah dampak pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan terdampak corona.

Untuk mendapatkannya perhatikan persyaratannya dibawah ini.

Daftar Radar Bansos Jatim

Ingat, bantuan ini khusus bagi mereka yang butuh bantuan akibat dampak dari wabah corona dan PSBB. Banyak saudara kita yang bekerja merantau di luar provinsi Jawa Timur yang terkena dampaknya sehingga pekerjaan ditunda bahkan di PHK perusahaan.

Sebelum ke tahap pendaftaran radar bansos, baca dan pahami syarat-syaratnya.

Syarat Mendapatkan Bansos Jatim

Persyaratan mendapatkan bansos dari provinsi Jawa Timur harus dibaca dan dipahami agar tidak terjadi kesalahpahaman atau salah sasaran. Pastikan orang yang terdaftar benar-benar belum mendapatkan bantuan dari pemerintah setempat, Dinsos, dan pemerintah pusat.

Domisili

Yang berhak menerima bansos adalah warga negara Indonesia yang menetap di wilayah Jawa timur dengan KTP luar Jawa timur atau ber KTP Jawa timur menetap di wilayah jabodetabek yang terdampak Covid-19 belum pernah mendapat bantuan pemerintah pusat dan kota/kabupaten.

Bukan Keluarga Penerima Bantuan PKH, BLT, dan BPNT

Bantuan bansos ini bukan untuk mereka yang telah menerima bantuan dari bantuan pangan non tunai (BPNT), bantuan langsung tunai (BLT), dan program keluarga harapan (PKH) kementerian sosial.

Bukan Penerima Bantuan Dari Kota/Kabupaten

Bantuan tidak diperuntukkan mereka yang telah menerima bantuan dari pemerintah kota/kabupaten.

Bukan Penerima Bantuan Dari Dana Desa

Dan juga tidak untuk mereka yang telah menerima bantuan dari dana desa.

Dokumen Syarat Bansos Jatim

Persyaratan dokumen yang harus disiapkan, antara lain :

  • Kartu Keluarga
  • KTP
  • Kartu rekening atau listrik
  • Kartu domisili

Kapan dana bansos jatim cair?

Dana bansos cair setelah data dari BLT, BPNT, PKH, prakerja, bantuan dari dana kota/kabupaten dan desa sudah final.

Pendaftaran Bansos

Untuk melakukan pendaftaran, pemohon wajib mengisi formulir yang telah disiapkan dengan sejujur-jujurnya. Penjelasan pengisian formulir dapat dilihat dibawah ini :

  1. Nomer KTP pemohon masukkan
  2. Nomer KK pemohon masukkan
  3. Jumlah anggota pada KK yang dimasukkan
  4. Nama lengkap pemohon
  5. Tempat lahir, Tanggal lahir, Bulan lahir, dan Tahun lahir
  6. Alamat sesuai KTP (provinsi, kabupaten, kecamatan, desa, dan jalan)
  7. Alamat domisili saat ini
  8. Nomer telepon aktif
  9. Email aktif
  10. Lokasi (wajib hidupkan GPS smartphone)
  11. Status
  12. Jumlah anak
  13. Jenis perusahaan wajib diisi
  14. Nama perusahaan wajib di isi

Setelah semua formulir di isi, harap periksa kembali dari atas semua isian, kemudian pemohon isi captcha lalu klik kirim.

Diatas merupakan sedikit penjelasan pengisian formulir radar bansos Jawa timur, jika telah paham penjelasan tersebut, langsung menuju link pendaftaran di

https://radarbansos.jatimprov.go.id/

Setelah link diatas di klik namun ternyata tidak ada kolom formulir, ini berarti ada dua kemungkinanan yakni perbaikan server dan formulir bantuan ditutup.

Ini merupakan solusi bagi warga provinsi Jawa Timur yang belum mendapatkan bantuan sosial dari BNPT, BLT, PKH, Pemerintah pusat, kota/kabupaten, dan dana desa.

Bantuan ini diharapkan membantu keluarga dalam menghidupi keluarganya karena dampak wabah dan kebijajkan pemerintah, bukan untuk bersenang-senang atau berwisata.

Bagikan informasi penting ini sekarang juga kepada mereka yang benar-benar membutuhkan bantuan.

Share :

Tinggalkan komentar