Datang Lagi, BLT Dari Pemerintah Sebesar Rp 3,5 Juta Bikin Usaha Menjadi Lanjay, Ini Syarat Dan Caranya

BLT Dari Pemerintah Sebesar Rp 3,5 Juta – Hanya bermodal KTP bisa mendapatkan Rp. 3,5 juta, siap cek saldo ATM untuk modal usaha.

Bantuan langsung tunai (BLT) terus disalurkan pemerintah untuk menggairahkan perekonomian di dalam negeri.

Beragam bantuan diberikan oleh pemerintah, mulai dari subsidi gaji, bantuan UMKM, gratis kuota, gratis token listrik hingga sembako.

Bantuan pemerintah senilai Rp 3,5 juta ini diberikan untuk tambahan modal usaha pelaku usaha mikro kecil.

BLT Dari Pemerintah Sebesar Rp 3,5 Juta

Berbagai Bantuan Langsung Tunai (BLT) diberikan selama pandemi. Pemerintah juga berupaya membantu masyarakat dan bisnis melalui krisis ekonomi selama pandemi.

Selain subsidi gaji BLT dan BLT UMKM, pemerintah juga akan menyalurkan BLT KPM PKH senilai Rp 3,5 juta.

Simak cara cek penerima BLT KPM PKH senilai Rp 3,5 juta dari Kemensos beserta syaratnya.

BLT Dari Pemerintah

Diketahui, Kementerian Sosial telah mencanangkan program bantuan Keluarga Penerima Program Keluarga Harapan atau KPM PKH sebesar Rp 3,5 juta.

Dikutip dari Kompas, bantuan Kementerian Sosial diberikan kepada 10.000 KPM PKH Graduasi yang memiliki usaha percontohan terdampak pandemi.

Setiap penerima manfaat akan mendapatkan bantuan senilai Rp. 500.000, sehingga Kemensos menghitung total anggaran Bantuan Sosial Insentif Modal Usaha (BSIMU) mencapai Rp. 5 miliar.

Menteri Sosial Juliari P Batubara dalam keterangan persnya, Senin (16/11/2020) mengatakan, bantuan ini akan menyasar target tertentu, yakni Upacara Wisuda KPM PKH yang memiliki start up bisnis.

“KPM PKH Graduasi terpilih akan mendapatkan bantuan dan bantuan sosial berupa insentif modal usaha sebesar Rp 3,5 juta per KPM untuk lebih mengembangkan usahanya. Startup usaha yang dikelola oleh KPM PKH Graduasi ini merupakan usaha ultra mikro,” ujarnya.

Wisuda PKH KPM adalah mereka yang masih dalam kategori miskin dan rentan kemiskinan, namun lulus karena beberapa komponen belum terpenuhi.

Cara Mendapatkan Bantuan Graduasi PKH Rp 3,5 Juta

Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mendapatkan BLT KPM PKH sebesar Rp 3,5 juta ini.

  1. Bahan makanan.
  2. Kuliner.
  3. Pedagang.
  4. Penjahit.
  5. Pertanian.
  6. Peternak.

Selain mendapatkan BLT KPM PKH sebesar Rp 3,5 juta, warga akan langsung dibantu oleh pendamping PKH yang berkompeten untuk membantu memulai usahanya.

Persyaratan penerima BLT Graduasi KPM PKH

  1. Miskin atau rentan terhadap kemiskinan
  2. Anggota KPM PKH yang dinilai
  3. Memiliki bisnis

Pendaftaran BLT KPM PKH dapat dilakukan dengan mengunjungi dtks.kemensos.go.id atau melihat daftar penerima bantuan sebesar Rp 3,5 juta dengan menggunakan NIK KTP.

Kemudian Kemensos akan melakukan seleksi terhadap PKH KPM yang dinyatakan lulus, apabila dinyatakan lolos akan diinformasikan oleh Pendamping PKH.

Jika Anda berhak atas BLT ini untuk Modal Usaha sebesar Rp. 3,5 juta, tata cara pencairan dana bantuan modal usaha akan langsung didampingi oleh fasilitator PKH yang berkompeten.

Cara Cek Penerima BLT Graduasi KPM PKH

  • Masukkan dtks.kemensos.go.id
  • Klik Periksa Bansos di sudut kiri atas
  • Masukkan NIK dan nama sesuai KTP
  • Muncul notifikasi apakah NIK terdaftar sebagai penerima BLT KPM PKH atau tidak.

Demikian informasi BLT dari Pemerintah yang bersumber dari tribunnews, semoga bermanfaat.

Share :