3 Bansos Yang Akan Dicairkan Hari Ini, Siap-Siap Cek Rekening Anda

Pemerintah melalui Kementerian Sosial akan menyalurkan tiga jenis bantuan sosial (Bansos) pada Senin (4/1/2021).

Apa tiga program bansos yang akan disalurkan besok? Ketiga program bantuan sosial tersebut adalah: Program Keluarga Harapan (PKH) Program Bantuan Sosial Pangan Pokok (BST).

Total ada sekitar 38,8 juta penerima dari ketiga bantuan tersebut. Untuk PKH 10 juta KPM, Program Pangan Pokok / BPNT sebanyak 18,8 juta KPM, dan BST 10 juta KPM.

3 Bansos Yang Akan Dicairkan Hari Ini

Asep mengatakan, proses pendistribusian PKH dan program sembako akan dilakukan oleh Himbara melalui rekening, sedangkan BST akan disalurkan ke KPM melalui mekanisme pos.

Untuk PKH, akan menyasar sejumlah kelompok seperti keluarga yang di dalamnya ada ibu hamil, anak usia dini, anak sekolah, penyandang disabilitas, hingga lansia.

Bantuan ini diberikan dalam empat tahap dalam kurun waktu satu tahun, yaitu Januari, April, Juli, dan Oktober.

Bantuan Sembako

Sedangkan penerima program sembako akan mendapatkan bantuan senilai Rp. 200.000 dan akan disalurkan mulai Januari hingga Desember 2021.

3 bansos

Khusus untuk warga Jabodetabek yang semula mendapat bantuan sembako, mulai tahun 2021 tidak akan lagi mendapat bantuan yang sama dan akan diganti dengan bantuan tunai langsung.

BST

Untuk program bansos tunai, setiap penerima bansos tunai akan mendapatkan uang tunai Rp 300.000 yang diberikan selama empat bulan berturut-turut, terhitung mulai Januari hingga April 2021.

Uang Bantuan Dilarang Membeli Rokok

Tidak menggunakan bansos untuk membeli r0kok Sebelumnya, Mensos Tri Rismaharini mengingatkan kepada seluruh penerima bantuan agar tidak menggunakan uang bansos untuk membeli rokok.

Jika penerima bantuan kedapatan membeli r0kok menggunakan uang bansos, pemerintah tak segan-segan melakukan evaluasi. “Kita akan bahas, jika mekanisme itu terjadi, maka kita akan melakukan evaluasi kepada penerima bantuan.

Karena sekali lagi, jangan sampai bantuan ini untuk kesehatan tapi kemudian ada masalah karena digunakan untuk rokok,” kata Risma.

Terkait hal tersebut, lanjut Risma, pihaknya akan menyiapkan alat untuk bisa mengetahui berapa yang dikeluarkan penerima bantuan dari uang bansos.

“Kami berharap sekali lagi karena akan berpengaruh pada rencana yang telah dilakukan pemerintah, bukan karena membeli rokok kemudian sakit,” ujarnya.

Demikianlah informasi 3 Bansos Yang Akan Dicairkan Hari Ini bersumber dari kompas.com, bantu sebarkan dan semoga bermanfaat.

Share :

Tinggalkan komentar