6 Tips Bermain Saham Online Bagi Pemula

Tips Bermain Saham Online – Cara bermain saham yang satu ini memang kurang tepat bagi investor pemula bukan berarti pemula tidak boleh belajar dan menginvestasikan tapi tak ada salah untuk belajar dari pengalaman.

Butuh ilmu matang untuk bermain saham online dan juga mentor yang tepat jika perlu pendamping saat bermain.

Bermain saham online sekarang sudah menjadi bagian dari gaya hidup terutama kaum milenial yang senang sekali dengan hal-hal instan.

Banyak ilmu tersebar di toko buku dan internet melalui website serta ebook belajar investasi saham.

Tips Bermain Saham

Anda harus memiliki modal yang cukup sebelum terjun ke bisnis ini. Usahakan dana yang digunakan adalah dana dingin.

Dana

Tentu saja Anda harus memiliki modal yang cukup sebelum terjun ke bisnis ini. Usahakan dana yang digunakan adalah dana dingin, artinya uang menganggur yang dimaksudkan untuk investasi saham. Sekarang, baca tentang dana minimal untuk membeli dan menjual saham secara online!

Broker

Pertama buka akun terlebih dahulu, Anda bisa pergi ke bank terdekat untuk bertanya atau hanya mencari di google. Cari berdasarkan kata kunci “perusahaan efek”.

Tips Bermain Saham Online Bagi Pemula

Jika akun efek ini telah diselesaikan, itu berarti Anda siap untuk melakukan transaksi online. Anda akan diberikan akses untuk membeli dan menjual saham secara online, baik di PC maupun di smartphone.

Jangan lupa untuk meminta kartu KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia), sebagai bukti bahwa Anda adalah salah satu investor yang dilindungi di Indonesia. Sekarang hanya …

Jenis Saham

Sudah punya uang, akun sudah siap, dan aplikasi ada di ponsel. Cukup klik stok yang ingin Anda beli. Selain modal finansial, Anda juga harus menyiapkan modal pengetahuan. Ada dua teknik yang bisa Anda gunakan, yaitu sikap dasar dan teknis.

Analisis Fundamental

Pembelajaran mendasar berarti mempelajari inti perusahaan, Anda dapat mulai dengan memahami proses bisnis atau SOP perusahaan target. Jika Anda menginginkannya menjadi lebih baik, Anda bisa belajar:

  1. Analisis fundamental – model kuantitatif; atau
  2. Analisis fundamental – model kualitatif.

Analisis Teknis

Jika teknik ini lebih ditargetkan pada sisi psikologis pedagang, maka naik turunnya harga saham dapat dilihat dari hari ke hari bahkan dari hitungan jam.

Nah, untuk lebih jelasnya, silakan pelajari analisis teknis analisis saham yang telah ditulis beberapa waktu lalu.

Setelah memahami, cukup klik “beli” dari aplikasi Anda. Ingatlah bahwa ketika Anda menjual saham, Anda akan dikenakan pajak atas saham tersebut.

Jadi beberapa investor fundamental berpengalaman biasanya menyimpan saham untuk waktu yang lama untuk menghindari biaya penjualan yang tinggi dan pajak atas penjualan saham.

Evaluasi Portofolio Saham

Selalu periksa setiap minggu untuk bagian yang dikumpulkan. Tentu saja ini dilakukan untuk menghindari tindakan ilegal perusahaan yang tidak kita ketahui.

Namun jangan juga setiap detik kita mengecek aplikasi, kecuali jika Anda adalah swing trader atau pedagang valas.

Untuk investor jangka pendek, masih dapat diperiksa sekali atau dua kali sehari. Investor jangka menengah dan jangka panjang, silakan periksa setiap minggu.

Apa yang harus dipertimbangkan ketika mengevaluasi portofolio?

  1. Harga, tentu saja Anda akan melihat pergeseran harga. Apakah masih dalam batas yang Anda tetapkan?
  2. Kinerjanya biasanya bisa dilihat di media
  3. Apakah perubahan manajemen terjadi? Perlu memeriksa alasan perubahan manajemen.
  4. Masalah lain yang terkait dengan perusahaan.

Selain berfokus pada saham perusahaan, Anda harus peka terhadap kondisi ekonomi makro di sekitarnya mulai dari harga minyak, harga emas, dan sebagainya.

Itu penting karena ketika ada sedikit gejolak dalam kondisi makro, itu berpotensi akan mempengaruhi pergerakan harga saham.

Share :

Tinggalkan komentar