Wisata Kawah Wurung, Italinya Bondowoso

Kawah Wurung – Indahnya alam yang mempesona terbentang di Kabupaten Bondowoso dengan luas wilayah 1560 kmĀ². Kecamatan Ijen satu-satu tempat paling banyak tempat wisatanya dan paling banyak di datangi wisatawan.

Jika membicarakan Bondowoso tak lepas dengan wisata yang satu ini yakni kawah ijen dan wurung. 2 tempat wisata eksotis ini telah membawa Bondowoso ke kancah nasional yang selama ini jarang di kenal.

Wisata yang baru-baru ini di promosikan oleh Dinas Pariwisata sebagai wisata rumput ilalang atau wisata bukit teletubbies. Tempatnya memang sangat indah apalagi angin angin sepoi-sepoi menghempasnya.

Kawah Wurung

Wisata alam liar dengan hamparan tanah yang luas ditumbuhi rerumputan hijau mirip padang Savana. Banyak juga artis-artis mendatangi wisata untuk keperluan cover lagu salah satunya Afgan dan Farah Queen.

Farah Queen menyebutnya Kawah wurung ini Italy nya Indonesia. Memang keindahan gunung mati seperti salah satu negara di eropa. Selain kawasan wisatanya yang mirip dengan italia, ternyata cita rasa kopi Ijen Bondowoso juga tak kalah nikmat dengan Capuccinno Italiy.

Entah siapa yang memberi nama kawah ini, tidak ada sejarahnya yang tahu pasti, yang jelas Pemerintah Bondowoso dan para peneliti sesuai bidangnya telah sepakat dengan nama Wurung.

Lihat gambar/foto kawah di lihat dari atas sebelah timur, cukup indah dengan terbentang rerumputan hijau. Terlihat sapi liar sedang memakan rumput di tengah kawah, kalian juga bisa turun ke kawah kok.

Untuk menuju wisata, wisawatan bisa menggunakan kendaraan pribadi, umum berplat kuning, dan jasa ojek online. Rute menuju lokasi kawah cukup jauh sekitar 40Km dengan jalan menanjak di butuhkan waktu sekitar 60-90 menit dengan berkelok-kelok.

Lokasi Kawah Wurung

Lokasi Kawah berada di Desa Jampit kecamatan Ijen Kab. Bondowoso, bukan berada di Kabupaten Banyuwangi karena cukup jauh dengan batas perbatasan Bondowoso Banyuwangi. Akses jalan sudah bagus bisa dilewati kendaraan motor dan mobil langsung ke lokasi.

Rute

Rute menuju kawah dari Jember ada 2 jalur, jika menggunakan angkutan umum bis dari terminal Arjasa Jember menuju terminal Bondowoso, sesampai terminal Bws turun, pilih angkutan umum jurusan Sempol/Ijen. Sopir akan mengantarkan anda ke terminal ijen, lalu bisa naik ojek menuju lokasi.

Kawah Wurung, Italinya Bondowoso
kawah

Rute ke kawah dari banyuwangi bisa menuju terminal Blimbing, kemudian naik ojek atau jasa antar ke kawah.

Tiket Masuk

Dengan membayar tiket masuk, kalian bisa sepuasnya menikmati keindahan alam liar sampai sore. Disana kalian juga bisa berkemah, di tempat perkemahan yang telah di sediakan petugas.

Di sekitar area Kawah tersedia banyak penginapan dengan tarif murah mulai dari Rp 100 ribu per malam berupa hotel, villa, losmen, dan rumah warga. Pilih penginapan paling nyaman dan terdekat dengan Kawah.

Nah, tunggu apalagi? Ayo ke Bondowoso, kunjungi wisata-wisata yang ada di kecamatan Ijen kabupaten Bondowoso yang mulai ngehits diantara wisata lainnya dan rasakan sensasi minum kopi ijen.

Share :

Tinggalkan komentar