Cara Menggunakan Lidah Buaya Menjadi Obat

Cara Menggunakan Lidah Buaya – Punya tanaman lidah buaya dirumah? manfaatkan tanaman yang memiliki nama ilmiah Aloe vera ini. Kebanyakan orang Aloe vera hanya bermanfaat untuk rambut tapi kenyataannya banyak sekali khasiat lidah buaya.

Dengan memnafaatkan tumbuh-tumbuhan disekitar rumah, itu berarti kita dapat menghemat pengeluaran dan juga menggunakan bahan alami dari alam tanpa obat. Penggunakan ini termasuk dalam kategori ramuan tradisional, yang saat ini sudah jarang orang mengolahnya sendiri.

Cara Menggunakan Lidah Buaya

Berikut ini akan dijelaskan tentang cara membuat resep atau bahan-bahan yang terbuat dari bahan berbasis lidah buaya untuk berbagai obat-obatan yang diterbitkan oleh PDII-LIPI melalui warintek.ristek.go.id.

Cacingan dan susah BAB

Siapkan akar lidah buaya, cuci dan keringkan sampai kering. Selanjutnya direbus dengan segelas air hingga airnya tinggal sekitar setengah gelas. Kemudian, minum ramuan sekaligus.

Obati wasir

Ambil 1/2 batang daun lidah buaya yang dibuang dari duri, cuci bersih dan parut. Beri 1/2 gelas air lalu peras. Selanjutnya, beri 2 sendok makan madu. Minumlah secara teratur tiga kali sehari.

Obat Konstipasi

Cuci dan kupas 1/2 batang daun lidah buaya. Potong menjadi bagian-bagian kecil. Seduh dengan 1/2 gelas air. Beri 1 sendok makan madu. Makan selagi hangat. Lakukan dua kali sehari.

Rambut

Cicipi daun lidah buaya secukupnya. Cuci lalu kupas. Selanjutnya gosokkan daging gaharu pada kulit kepala yang telah dicuci pada sore hari. Bungkus dengan kain. Hari berikutnya rambut dibilas. Lakukan setiap hari selama 3 bulan.

Mengobati luka bakar / tersiram air panas (ringan)

Daun lidah buaya dicuci dan dikupas. Tempel bagian dalam dari bagian yang terkena api / air panas.

Mengobati Bisul

Ambil daun lidah buaya secukupnya. Cuci, kupas dan hancurkan. Beri sedikit garam. Selanjutnya, lekatkan pada anggota tubuh yang telah terserang bisul.

Cara Mengolah Lidah Buaya Menjadi Obat

Wajah

Daun lidah buaya secukupnya dicuci lalu dikupas. Selanjutnya isi blender atau daging lidah buaya. Seperlima gelas cairan diaduk dengan tepung beras (bubuk) dingin sampai kental. Aduk rata dan oleskan ke wajah. Biarkan selama ± 30 menit, lalu bilas.

Obati Batuk

Siapkan 20 gram daun lidah buaya, cuci, kupas dan potong-potong. Tambahkan 2 sendok makan madu murni. Minum ramuan dua kali sehari. Ulangi selama 10 hari.

Diabetes

Ambil 2 daun lidah buaya. Lalu cuci, buang duri, dan potong-potong. Selanjutnya, rebus dengan 3 gelas air, lalu saring. Minum dua hingga tiga kali sehari, setelah makan. Satu gelas 1/2 gelas.

Sakit Tenggorokan

Cuci dan kupas 1 daun lidah buaya. Isi atau potong dagingnya, bisa juga dicampur. Tambahkan madu murni secukupnya dan minum tiga kali sehari.

Sebagian orang memanfaatkan lidah buaya sebagai campuran minuman es yaitu nata de coco, lalu bagaimana cara mengolah lidah buaya menjadi nata de coco?

Perhatian!

Lidah buaya tidak dimaksudkan untuk dikonsumsi oleh wanita / wanita hamil, ibu menyusui, wanita yang sedang menstruasi yang mengalami pendarahan hebat, penderita lambung atau usus buntu.

Share :

Tinggalkan komentar