Cara Cek Keaslian Sertifikat Tanah

Cara Cek Keaslian Sertifikat Tanah – Masalah seputar keaslian sertifikat tanah umumnya disebabkan oleh kelalaian masyarakat sebelum proses transaksi berjalan. Di Indonesia, masalah yang paling umum adalah sertifikat penipuan dan duplikat sertifikat asli.

Pakaian, makanan, dan tempat tinggal adalah kebutuhan utama yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. 

Tanpa ketiga hal ini, manusia tidak dapat melakukan aktivitasnya seperti orang biasa. Selain itu, dalam hal papan atau tempat berlindung, manusia membutuhkan rumah untuk melindungi diri dari panas terik dan badai hujan.
 
Cara Cek Keaslian Sertifikat Tanah

Permintaan akan perumahan meningkat dengan meningkatnya jumlah penduduk di suatu daerah. Namun, tanah untuk membangun tempat tinggal tidak pernah bertambah.
 
Itulah alasan mengapa harga rumah atau tanah jauh lebih mahal daripada harga dua kebutuhan primer lainnya yaitu pakaian dan makanan.

Harga tanah dan rumah mahal yang menciptakan peluang bagi oknum oknum yang mengambil peluang itu.

Mulai berkembangnya jual beli tanah, sertifikat tanah ditemukan tidak terbukti asli. Dengan iming-iming harga yang lebih rendah, orang biasanya tergoda untuk membeli tanah dari elemen-elemen jahat ini.

Bahkan, sertifikat tanah palsu tidak memiliki dasar hukum yang kuat jika tanah tersebut kemudian digugat.
 
Membuat sertifikat tanah memang tak semudah membuat eKTP di Dispenduk yang syarat pembuatannya tak banyak maka dari itu pengurusannya harus pemilik tanah atau dikuasakan kepada notaris.
 

Cara Cek Keaslian Sertifikat Tanah

Masalah seputar keaslian sertifikat tanah umumnya disebabkan oleh kelalaian masyarakat sebelum proses transaksi berjalan. Di Indonesia, masalah yang paling umum adalah sertifikat penipuan dan duplikat sertifikat asli.

Untuk alasan ini, pemilik tanah harus memahami cara memeriksa sertifikat dari Badan Pertanahan Nasional (BPN). Karena seringkali masalahnya bukan tentang proses hukum, tetapi kondisi fisik tanah yang tidak sesuai dengan aslinya.

Ada dua cara yang bisa ditempuh untuk memeriksa keaslian sertifikat tanah. Pertama, Anda dapat langsung datang ke kantor BPN untuk memeriksa keaslian sertifikat tanah berdasarkan peta pendaftaran, daftar tanah, sertifikat tanah, dan buku tanah.

Saat memeriksa keaslian sertifikat tanah umumnya tidak lama. Bahkan hanya dalam satu hari, Anda sudah dapat mengetahui keaslian sertifikat.

Jika menurut BPN aman, sertifikat akan dicap. Namun, jika Badan Pertanahan Nasional menganggap ada penyimpangan, plot biasanya akan diajukan.

Merencanakan sendiri adalah upaya untuk menyerahkan BPN kepada pemohon, baik secara individu maupun atas nama notaris, dengan tujuan memastikan kebenaran data sertifikat.

Upaya merencanakan ini menggunakan teknologi GPS (Global Positioning System) untuk memasuki peta pendaftaran.

Nantinya, hasil plot akan menunjukkan apakah lokasi kepemilikan tanah sudah sesuai dengan pernyataan pada sertifikat. Jika benar, hasilnya akan 100% menunjukkan sertifikat itu asli. Artinya, data registrasi dan lokasi tanah valid.

Sebaliknya, jika tidak ada tanah yang ditemukan di lokasi, sertifikat dianggap tidak valid. Artinya, bisa saja dalam data registrasi yang sudah terdaftar, tetapi dalam memeriksa lokasi menggunakan GPS ground adalah fiktif.

Cara kedua bisa melalui layanan online yang telah disediakan oleh BPN. Berikut adalah beberapa cara untuk memeriksa keaslian sertifikat tanah melalui sarana online:

 

KiosK

KiosK adalah media informasi pertanahan yang tersedia di lobi atau kantor layanan Kantor Pertanahan. Melalui KiosK, masyarakat dapat memperoleh berbagai informasi secara mandiri dan gratis tanpa harus mengantri untuk menemui petugas di loket tiket.

Informasi yang tersedia di KiosK mencakup informasi tentang jenis layanan lahan dan persyaratannya, durasi dan aliran proses, informasi tentang biaya layanan dan simulasi, informasi file permintaan, informasi karyawan, informasi PPAT, dan informasi jadwal untuk layanan jemput bola (LARASITA).

 

Situs web

Layanan pemeriksaan sertifikat BPN online kedua dapat ditemukan melalui situs web resmi BPN RI, yaitu www.bpn.go.id.

Melalui situs web ini terdapat dua layanan fitur di sekitar tanah, yaitu informasi tentang jenis layanan tanah dan persyaratannya, jangka waktu, aliran proses penyelesaian dan informasi tentang biaya layanan dan simulasi mereka, serta informasi tentang file aplikasi.

 

Aplikasi BPN Go Mobile

Selain dua cara di atas, ada juga aplikasi BPN Go Mobile yang tersedia di perangkat komunikasi berbasis perangkat lunak Android.

Ini adalah inovasi layanan yang diterapkan oleh Kantor Pertanahan Kota Surabaya II, untuk memudahkan orang mendapatkan informasi dengan cepat dan murah.

Melalui aplikasi BPN Go Mobile, masyarakat dapat memperoleh informasi tentang syarat dan ketentuan layanan pertanahan, jadwal LARASITA, dan informasi aplikasi. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Play Store di ponsel Android.

 

Sentuh Tanahku

Badan Pertanahan Nasional juga telah meluncurkan aplikasi Sentuh Tanahku (Android dan iOS) sehingga orang dapat memperoleh informasi resmi dengan cepat dan mudah.

Fitur yang tersedia dalam aplikasi ini termasuk Pemberitahuan, Info File, Plot Bidang Tanah, Info Sertifikat, Lokasi Bidang Tanah, dan Info Layanan.

Dengan menggunakan aplikasi ini pada smartphone, Anda dapat mengetahui persyaratan, melacak proses memperoleh sertifikat tanah, mengetahui lokasi sebidang tanah, dan mengetahui perkiraan perhitungan biaya.

Semua pengguna perangkat berbasis Android dan iOS dapat mendaftar untuk menjadi pengguna aplikasi Sentuh Tanahku.
 
Sekarang kita tidak khawatir asli atau palsu sertifikat yang kita punya. Informasi Cara Cek Keaslian Sertifikat Tanah diatas murni dari website pemerintah Indonesia.

Share :

Tinggalkan komentar