Tips dan Cara Agar Anak Cepat Tidur Pulas di Malam Hari, Pahami 5 Tips ini Bunda

Tips dan Cara Agar Anak Cepat Tidur Pulas – Sering menemukan anak Anda yang masih mengantuk di pagi hari, Bun? Mungkin salah satu penyebabnya adalah kualitas tidur malam yang tidak bagus atau tidak enak.

Tidur nyenyak untuk malam anak Anda, sebaiknya kita coba, Bun. Terutama pada anak-anak yang baru saja dipercaya untuk tidur di kamar mereka sendiri. Ada beberapa anak rewel tidur malam, saat inilah orang tua mulai memarahinya.

Tips dan Cara Anak Cepat Tidur Pulas di Malam Hari
Anak kecil tidur

Kita perlu mendisiplinkan jam tidur anak-anak agar mereka tidak tidur larut malam. Kita juga perlu memastikan mereka merasa nyaman di kamar mereka.

Cara Agar Anak Cepat Tidur

Seorang ahli kesehatan tidur mengungkapkan tips dan trik sederhana yang dapat digunakan orang tua untuk membuat anak-anak mereka nyaman di tempat tidur mereka sendiri dan memiliki tidur malam yang berkualitas. Apa tips dan triknya? Ayo, baca bersama.

1. Kamar Terpisah

Pendekatan yang baik diperlukan jika kita ingin anak-anak tidur di kamar mereka sendiri. Vicki Dawson, CEO The Children’s Sleep Charity, mengatakan anak-anak sering melewati tahap tidur yang menakutkan di kamar mereka sendiri.

“Banyak keluarga memilih untuk tidur bersama dan tidur nyenyak di malam hari, tetapi itu tidak untuk beberapa orang tua,” kata Vicki.

Baiklah, lebih baik kita perlahan memberi pengertian kepada anak-anak bahwa tidur sendirian bisa membuat diri mereka lebih berani dan lebih percaya diri.

2. Konsistensi adalah Kuncinya

Rutinitas sangat penting untuk anak kecil, dan cenderung gagal jika kita tidak konsisten. Beri anak-anak kesempatan untuk menyesuaikan kegiatan rutin mereka selama setidaknya dua minggu agar pola tidur mereka membaik.

3. Buat Kamar Anak Nyaman

Tanyakan kepada anak apakah ada sesuatu yang membuatnya sering bangun atau takut dan tidak nyaman. Apakah terlalu gelap, terlalu panas, atau terlalu dingin.

Selesaikan masalah ini di siang hari untuk membuat anak merasa nyaman. Siobhan Freegard, pendiri ChannelMum, merekomendasikan lampu sorot untuk dipasang di kamar anak.

“Lampu malam yang dingin dapat membantu anak-anak cemas yang takut pada kegelapan. Orang tua juga dapat memainkan musik lembut untuk membantu mereka tidur,” kata Siobhan.

4. Lakukan Tidur Bersama

Menemani mereka tidur selama satu atau dua malam dapat membantu anak-anak merasa nyaman. Ketika mereka nyaman dan tertidur, kita dapat dengan cepat pindah ke kamar kita sendiri.

5. Biarkan Anak-Anak Bermain di Kamar Pada Siang Hari

Kamar tidur anak-anak sering digunakan hanya di malam hari. Jika semua yang mereka lakukan di sana adalah tidur, ini dapat menyebabkan mereka mengaitkannya dengan sendirian atau dalam gelap.

Dengan membiarkan mereka menghabiskan satu jam atau lebih di sana sehari, mereka akan mulai rileks dan mengaitkannya dengan hal-hal positif.

Nah, begitulah cara mengatasi anak susah tidur malam, ajari anak disiplin bukan dengan cara memarahinya hingga menangis, itu tidak baik pada mental si kecil.

Sumber : Haibunda

Share :

Tinggalkan komentar