5 Cara Merawat Cat Mobil Agar Terlihat Seperti Baru

Tips Cara Merawat Cat Mobil Agar Tetap Mengkilap – Merawat mobil bukan hanya soal kondisi mesin saja, tetapi juga eksteriornya sehingga cat mobil selalu terlihat berkilau kayak mobil baru.

Untuk merawat cat mobil Anda tidak harus selalu pergi ke salon mobil. Ternyata ini bisa dengan mudah dilakukan di rumah. Berikut ini beberapa cara Anda bisa merawat cat mobil agar tetap mengkilap seperti baru.

5 Cara Merawat Cat Mobil Agar Terlihat Seperti Baru

Cara Merawat Cat Mobil

Ada banyak cara cat mobil tidak pudar tapi setidaknya kita tahu bagian dasar merawat cat mobil. Dibawah ini ada 5 cara agar warna cat mobil tidak cepat pudar atau rusak.

Menghindari Mobil Dari Cuaca Ekstrim

Eksterior mobil memang merupakan bagian yang paling rentan ketika bersentuhan dengan masalah cuaca ekstrem. Hasilnya, cat mobil bisa cepat pudar dan bahkan mengelupas. Untuk merawat cat mobil agar tetap mengkilap, hindari memarkir mobil di bawah sinar matahari langsung.

Cobalah untuk memilih lokasi parkir yang teduh, seperti di gedung atau di bawah pohon. Sementara saat hujan, jangan sampai mobil terlalu lama terkena hujan, usahakan segera cuci mobil agar cat mobil terlindung dari jamur.

Rutin Cuci Mobil

Setiap hari, mobil sering terpapar asap dan debu yang mengandung berbagai bahan kimia. Ini juga bisa mempengaruhi daya tahan cat mobil.

Untuk merawat cat mobil sehingga bahan-bahan kimia ini hilang dengan cepat dan cat mobil tetap mengkilap adalah mencuci mobil secara teratur setidaknya dua kali seminggu.

Bahkan jika terlihat kotor, tidak ada salahnya membersihkannya setiap hari. Hal ini dilakukan untuk mencegah debu menumpuk terlalu tebal sehingga cat mobil menjadi kusam dengan cepat.

Untuk sabun atau sampo mobil, pilihlah yang khusus untuk mobil karena sudah mengandung zat yang ditujukan untuk perawatan cat mobil.

Keringkan mobil segera setelah dicuci

Ketika semua bagian mobil telah dicuci bersih, segera keringkan mobil dengan kain yang terbuat dari microfiber untuk merawat cat mobil agar tetap mengkilap dan terhindar dari goresan.

Jangan biarkan air membasahi badan mobil terlalu lama, dan hindari pengeringan dengan mengandalkan sinar matahari, karena hal itu dapat menyebabkan air yang tersisa untuk mencuci mobil pada badan mobil.

Bersihkan sesegera mungkin agar mobil tetap bersih dan tidak menimbulkan bintik-bintik yang dapat merusak cat mobil Anda. Periksa juga perawatan mobil berkala yang harus Anda lakukan di sini!

Menggunakan Obat Pemoles atau Lilin

Selain mencuci mobil secara rutin, ada hal lain yang bisa diterapkan untuk merawat cat mobil agar tetap mengkilap, yaitu dengan menggunakan obat-obatan atau lilin setiap dua bulan.

Menggunakan cat atau lilin, akan membantu cat mobil terlihat lebih mengkilap, bahkan mampu menghilangkan goresan halus pada bodi mobil.

Penggunaannya sangat mudah, cukup oleskan merata pada cat kuku atau lilin ke bagian mobil, tunggu sampai mengering, lalu bersihkan lagi menggunakan kain microfiber untuk hasil maksimal.

Gunakan Selimut Mobil

Jika Anda tidak memiliki garasi dan perlu memarkir mobil Anda setiap hari di luar ruangan, gunakan penutup mobil berkualitas untuk merawat cat mobil Anda dari cuaca yang tidak menentu.

Selain itu, penutup mobil juga dapat melindungi mobil Anda dari baret dan penyok yang disebabkan oleh paparan binatang liar atau benda tumpul yang jatuh, seperti kerikil dan cabang-cabang pohon.

Hindari membersihkan body mobil dengan kain kering karena debu yang menempel pada body akan menggoresnya sehingga warna body tak sedap dipandang mata.

Foto : angieslist.com

Share :

Tinggalkan komentar