Lulusan SMA Bisa Pilih 3 Jalur Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021

Lulusan SMA Bisa Pilih 3 Jalur – Pendaftaran calon aparatur sipil negara (CASN) jalur sekolah dinas 2021 masih berlangsung. Menurut Plt. Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Teguh Widjinarko, seleksi CASN tahun ini juga memberikan ruang bagi masyarakat lulusan SMA / sederajat untuk menjadi ASN melalui tiga jalur. Yaitu pemilihan CPNS untuk jalur sekolah resmi, CPNS untuk jalur umum dan PPPK atau PNS berdasarkan kesepakatan.

“Pada dasarnya lulusan SMA / sederajat bisa mendaftar CPNS dan PPPK,” kata Teguh di Jakarta, Jumat (16/4).

Dijelaskannya, jalur sekolah resmi CPNS membutuhkan lulusan sekolah dengan ijazah SMA / sederajat. Sedangkan untuk CPNS umum dan PPPK memang ada formasi untuk lulusan SMA.

“Formasi CPNS dan PPPK untuk lulusan SMA sangat terbatas,” kata Teguh. Dia menyarankan agar calon pelamar harus yakin dengan pilihan yang akan mereka buat. Melamar ke sekolah resmi atau mengikuti seleksi CPNS dan PPPK.

Lulusan SMA Bisa Pilih 3 Jalur

Selain karena keterbatasan formasi, hal ini juga dikarenakan pelamar hanya dapat memilih satu sekolah resmi. Begitu pula dalam seleksi CPNS dan PPPK, pelamar hanya dapat memilih satu formasi.

Lebih lanjut, kata dia, terdapat perbedaan waktu yang signifikan antara pendaftaran seleksi sekolah resmi dengan seleksi CPNS dan PPPK. Batas waktu pendaftaran sekolah dinas berakhir pada 30 April 2021.

Lulusan SMA Bisa Pilih 3 Jalur

Sedangkan pendaftaran CPNS dan PPPK baru akan dilakukan setelahnya yaitu pada Mei 2021. Selain itu, Teguh menjelaskan, jumlah formasi dan persyaratan seleksi CPNS dan PPPK untuk pembentukan lulusan SMA / sederajat belum diumumkan.

Berbeda dengan sekolah resmi yang jumlah formasi dan persyaratannya sudah diumumkan dan bisa dicek di laman dikdin.bkn.go.id dan laman resmi sekolah.

Untuk itu, Teguh mengingatkan calon pelamar untuk fokus pada pilihannya. Jika ingin mendaftar sekolah resmi, ada baiknya fokus pada proses seleksi sekolah resmi.

Begitu juga sebaliknya. Percaya dengan pilihan yang diambil, diikuti dengan usaha, doa, dan usaha yang cukup. Insya Allah hasil yang terbaik, ucapnya.

Pembukaan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2021 mendatang. Pendaftaran CPNS 2021 direncanakan dimulai pada Mei-Juni.
Ada beberapa kategori untuk proses seleksi pegawai negeri ini. Antara lain sekolah dinas, pegawai negeri dengan perjanjian kerja (PPPK) untuk guru, serta CPNS dan PPPK untuk non guru.

Seleksi CPNS 2021 akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Tetapi sebelum mendaftar, periksa di sini informasi yang harus Anda ketahui.

Tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) secara resmi akan mengumumkan pembentukan CPNS 2021. Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo mengatakan saat ini masih dalam proses pembahasan di Kementerian / Lembaga.

Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran seleksi CPNS 2021 akan dimulai pada April 2021 dengan rincian sebagai berikut:

  • Sekolah pendidikan resmi: April 2021
  • Guru PPPK: Mei-Juni 2021
  • CPNS dan PPPK untuk non-guru: Mei-Juni 2021

Proses seleksi untuk jenjang pendidikan resmi akan dimulai pada Mei 2021. Untuk guru PPPK terdapat tiga tahapan seleksi, yaitu tahapan 1 pada Agustus 2021, tahapan 2 Oktober 2021 dan tahapan 3 pada Desember 2021. Sementara itu, pelaksanaan seleksi untuk non- Guru CPNS dan PPPK direncanakan pada Juli-Oktober 2021.

Share :

Tinggalkan komentar