Cara Menanam Strawberry Dari Biji dan Mengatasi Hama Penyakit

Cara Menanam Strawberry – Jika Anda seorang pemula dan mencari salah satu buah termudah untuk tumbuh, itu tidak lain adalah strawberry. Tumbuh strawberry benar-benar mudah, tanaman berbuah sempurna untuk pekebun terbatas.

Jika Anda seorang pemula dan sedang mencari salah satu buah termudah untuk tumbuh, itu tidak lain adalah strawberry. Tumbuh strawberry benar-benar mudah, tanaman berbuah sempurna untuk pekebun terbatas.

Strawberry merupakan tanaman yang menghasilkan buah cantik dengan cita rasa yang nikmat sekaligus menyegarkan.

Cara menanam strawberry di polybag juga tidaklah sulit. Buah strawberry sering dijumpai di daerah dataran tinggi dengan suhu yang dingin. Tidak hanya di pot/polybag, strawberry juga dapat di tanam menggunakan media pipa.

Cara Menanam Strawberry

Strawberry merupakan tanaman buah berupa herbal yang bermanfaat sebagai makanan dalam keadaan segar atau olahannya. Diperkaya dengan kandungan antioksidan yang melimpah, stroberi ampuh untuk mengusir virus dan bakteri pemicu penyakit.

Mereka menyukai Strawberry bukan hanya karena rasanya yang enak, tetapi juga karena buah ini kaya manfaat bagi tubuh.

Manis, tajam, dan segar; Strawberry adalah satu-satunya buah yang bisa Anda tanam di mana-mana: Di keranjang gantung, pembatas, penanam terbalik, kotak jendela, pot, dan bedeng kebun. Plus, ‘Menanam Strawberry‘ juga mudah, jadi mengapa tidak menanam sendiri dan menikmatinya segar.

Area Tanam: Dapat ditanam di mana-mana
Kesulitan: Mudah
PH tanah: Agak asam sampai netral

Varietas

Pilih apakah Anda ingin menanam Strawberry secara tahunan atau abadi. Ada tiga jenis varietas Strawberry: Juni pembawa atau musim panas berbuah, yang berbuah setahun sekali di musim panas dan ditanam sebagai tanaman tahunan.

Jenis ini menghasilkan Strawberry juiciest dan terbesar. Varietas everbearing berbuah dua kali di musim panas dan gugur. Jenis ketiga disebut day-neutral, Strawberry jenis ini adalah hibrida dan tumbuh dengan baik sepanjang tahun dalam kondisi pertumbuhan yang tepat dan iklim. Untuk informasi lebih lanjut, baca artikel ini.

Cara Menanam Strawberry Agar Cepat Buah dan Lebat

Proses Penanaman

Pada dasarnya, ada empat metode menanam strawberi

  • Pelari: Ini adalah potongan tipis akar dengan beberapa daun; pelari adalah sumber termurah untuk menanam Strawberry.
  • Kutu Tip: Tanaman yang tumbuh dari ujung berkabut kurang rentan terhadap penyakit dan tumbuh lebih baik, ujung berkabut sebenarnya adalah ujung tanaman induk.
  • Pelari yang disimpan dalam keadaan dingin: Pelari yang disimpan dalam tempat penyimpanan dalam waktu yang lama digunakan untuk penanaman setelah musim dingin.
  • Pot / Polybag: Anda dapat membeli tanaman pot dari pusat taman; ini adalah metode termudah untuk menanam Strawberry. Jika Anda seorang tukang kebun kontainer, pilih yang ini.

Persiapan Tanah

Cari tahu apakah tanah Anda bersifat basa atau asam; ubah tanah Anda jika bersifat basa. Strawberry lebih suka tanah liat yang kaya, membuatnya lebih banyak tanah liat menggunakan kompos atau pupuk kandang, serbuk gergaji busuk, dan bahan organik.

Anda juga bisa menggunakan ampas kopi dan teh kompos untuk meningkatkan keasaman dan kesuburan tanah.

Untuk menanam Strawberry dalam wadah, gunakan campuran pot tujuan umum berkualitas, tambahkan banyak bahan organik ke dalamnya sebelum ditanam.

Pilih metode penanaman yang cocok untuk Anda, dan beli tanaman dari sumber yang memiliki reputasi baik. Lebih suka tempat yang tidak terlalu berangin, bebas es, dan subur dengan drainase yang baik, yang menerima sinar matahari langsung selama setidaknya lima-enam jam untuk ditanam.

Tanam Strawberry di bedeng di baris yang menyisakan ruang 15-18 ‘antara tanaman dan 3-4 kaki di antara baris karena sebagian besar varietas Strawberry mengembangkan banyak pelari.

Jika Anda menanam varietas Strawberry netral-hari atau abadi maka hanya menyisakan 6 inci ruang di antara tanaman dan memungkinkan hanya dua pelari tumbuh dari tanaman induk, karena varietas abadi dan netral-hari memiliki lebih sedikit pelari dan buah-buahan kecil, ini akan memungkinkan tanaman induk tumbuh lebih kuat.

Pastikan saat menanam bahwa Anda tidak menanamnya terlalu dalam sehingga mahkotanya (titik di mana batang dan akar tanaman bergabung) atau daun tidak akan tertutup tanah. Setelah penanaman, tambahkan mulsa untuk mencegah gulma dan menjaga kelembaban.

Penanaman Strawberry adalah kunci untuk tanaman tegak yang sehat, berhati-hatilah agar Anda menanamnya di kedalaman yang benar.

Penyiraman dan Pemupukan

  • Siram dalam-dalam dan sering tanpa membiarkan tanah benar-benar kering, hindari overwatering. Ketika tanaman tumbuh, membentuk bunga dan buah-buahan, kebutuhan air harus ditingkatkan.
  • Hindari penyiraman di atas kepala karena hal ini dapat menyebabkan mahkota busuk dan hilangnya tanaman.
  • Akar Strawberry dangkal, sehingga mereka sering membutuhkan kelembaban di musim tanam, penyiraman yang teratur baik.
  • Beri makan tanaman dengan pupuk 10-10-10 dua kali, sekali ketika pertumbuhan dimulai dan setelah panen terakhir. Gunakan setengah pound (230 Gm) untuk setiap baris 100 kaki.
  • Anda juga bisa memberi makan tanaman dengan pupuk cair kaya kalium setiap minggu selama musim tanam.

Perawatan

Tips menanam strawberry. Jangan biarkan tanaman Anda menghasilkan begitu banyak pelari, untuk hasil yang lebih baik.

Setelah setiap musim tanam mengurangi dedaunan tanaman menjadi satu inci, ini tidak hanya akan menyegarkan tanaman tetapi juga mencegah kemungkinan penyakit jamur.

Tanaman Strawberry setelah tahun ketiga tanam menghasilkan lebih sedikit buah dan menjadi lebih rentan terhadap penyakit dan hama. Setelah periode ini, putar tanaman Strawberry dan tanam tanaman baru.

Tips: Hindari menanam Strawberry di tempat tanaman keluarga Solanaceae (terong, tomat, paprika) sebelumnya ditanam.

  1. Jika Anda menanam Strawberry sebagai tanaman tahunan, pilih bunga untuk mencegah berbuah di musim tanam pertama untuk mendorong hasil yang lebih baik di musim berikutnya.
  2. Mulsa banyak di sekitar tempat tidur di musim dingin ketika suhu mencapai titik beku, karena suhu di bawah 30 F merusak tanaman Strawberry.
  3. Panen
  4. Setelah sebulan berbunga, buah siap dipetik. Memetik buah hanya ketika Anda melihatnya merah dan matang, panen secara teratur karena begitu buah matang, membusuk dengan cepat.

Hama dan Penyakit

  • Burung adalah predator utama, mereka menyukai buah, menggunakan sangkar buah atau jaring untuk menyingkirkannya. Jamur tepung, jamur abu-abu, tungau laba-laba, dan siput adalah hama umum yang menginfeksi tanaman.
  • Strawberry juga terkena busuk buah, busuk akar, dan jamur. * Gunakan penutup baris untuk melindungi tanaman dari hama dan penurunan suhu.

Kami ingin mendengar pengalaman anda dan juga kritikan terkait artikel budidaya Strawberry, mohon untuk mengisi kolom komentar. Terima kasih telah mengunjungi website ini dan ayo bewisata ke Bondowoso, jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

Share :

Tinggalkan komentar