Cara Cek Porsi Haji Reguler dan Haji Plus (Realtime)

Cara Cek Porsi Haji Tahun Ini – Mengingat jumlah kuota haji yang berubah setiap tahun, penting bagi pendaftar untuk memeriksa nomor porsi keberangkatan haji dan umroh terbaru melalui online.

Berangkat Haji adalah rukun Islam kelima setelah syahadat, sholat, puasa, dan sedekah. Tentu saja bagi mereka yang memiliki kekayaan berlebih, melakukan haji adalah kesenangan tersendiri. Namun dalam praktiknya, proses melaksanakan rukun Islam kelima harus melalui jalan yang berliku.

Maklum, setiap tahun ada kuota yang membatasi pelamar haji untuk pergi ke Tanah Suci. Pada 2019, kuota untuk jemaah haji Indonesia adalah sekitar 204.000 orang, dibagi menjadi 34 provinsi.

Cara Cek Porsi Haji

Di tahun 2020 porsi haji belum di tentukan pemerintah, maka dari itu sering-sering cek nomer porsi haji melalui android anda, siapa tahu anda berangkat haji tahun depan jika ada tambahan alokasi kuota haji.

Cara Cek Porsi Haji Reguler dan Haji Plus

Jumlah pendaftar tidak boleh melebihi kuota yang ditentukan oleh Departemen Agama setiap tahun. Jika seseorang telah mendaftar tetapi kuota telah terpenuhi, itu akan didaftarkan untuk tahun keberangkatan berikutnya.

Nomor porsi haji adalah nomor registrasi yang diperoleh jamaah ketika membayar setoran awal di bank yang menerima setoran untuk pembiayaan atau biaya naik haji.

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk memeriksa nomor porsi keberangkatan haji. Yang pertama, bisa melalui aplikasi di smartphone. Kemudian yang kedua dapat melalui situs web resmi yang disediakan oleh Kementerian Agama.

Berikut ini adalah langkah-langkah cek nomor porsi haji melalui aplikasi Android:

  1. Buka Play Store
  2. Cari aplikasi Haji Cerdas
  3. Lakukan instalasi
  4. Setelah instalasi selesai, jalankan aplikasi
  5. Setelah aplikasi berjalan, pilih menu Estimasi Keberangkatan
  6. Masukkan jumlah porsi haji
  7. Klik Kirim
  8. Informasi akan muncul

Aplikasi Haji Cerdas ini menampilkan informasi tentang porsi ibadah haji dengan cukup detail. Setelah memasukkan nomor porsi, aplikasi akan menampilkan informasi dasar seperti nomor porsi, nama, perkiraan tahun keberangkatan, asal kota atau kabupaten, jumlah kuota provinsi, dan posisi porsi dalam kuota provinsi.

Aplikasi ini juga membutuhkan koneksi data untuk dapat memberikan informasi tentang porsi keberangkatan haji.

Cara kedua agak sederhana karena tidak perlu mengunduh aplikasi apa pun. Hanya perlu mengakses situs web Kementerian Agama untuk mendapatkan data, langkah-langkah berikut:

  1. Buka situs web haji.kemenag.go.id
  2. Klik menu dropdown basis data
  3. Klik Perkiraan Keberangkatan
  4. Masukkan nomor porsi yang Anda miliki di kolom yang disediakan
  5. Klik pencarian
  6. Semua informasi yang Anda butuhkan akan ditampilkan

Cek keberangkatan haji melalui online lebih mudah dan cepat, calon jamaah haji tidak perlu datang jauh-jauh ke kantor Kemenag kabupaten. Apakah sudah tahu syarat membuat paspor haji dan umroh?

Share :

Tinggalkan komentar