Waspada…!!! Gunung Bromo Meletus Lagi Disertai Gempa Vulkanik dan Tremor

Gunung Bromo berada di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur meletus pada Jumat sore (19/7/2019) dengan mengeluarkan abu vulkanik. Letusan terjadi tiga kali dengan gempa vulkanik dangkal sebanyak 1 kali.
Selain itu, berdasarkan pengamatan dari perangkat seismogram di Desa Ngadisari, Kabupaten Sukapura, Probolinggo, ada getaran terus menerus dengan amplitudo maksimum 37 milimeter durasi 7 menit 14 detik.
Waspada...!!! Gunung Bromo Meletus Lagi Disertai Gempa Vulkanik dan Tremor
Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dari Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Kasbani mengimbau masyarakat dan wisatawan untuk tidak panik dan bergerak seperti biasa selama tidak memasuki zona larangan atau Radius 1 kilometer dari bibir kawah.
Hasil pengamatan di Pos PVMBG Gunung Bromo di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, bahan yang dikeluarkan adalah abu vulkanik dan ketinggian asap tidak teramati karena kondisi Gunung Bromo.
“Meski letusan Gunung Bromo masih Tingkat II atau Siaga sehingga masyarakat dan wisatawan di Gunung Bromo di himbau untuk tidak panik dan bergerak seperti biasa.” Wisata Gunung Bromo masih aman asalkan tidak memasuki zona berbahaya atau masuk dalam jarak satu kilometer dari tepi kawah, “kata Kasbani.
Menurutnya, pengembangan aktivitas vulkanologis di Gunung Bromo masih sedang diamati dan akan diinformasikan ke instansi terkait. Hingga berita ini disiarkan, masih belum ada laporan tentang dampak letusan Gunung Bromo.

Sumber : https://daerah.sindonews.com/read/1421954/174/gunung-bromo-meletus-disertai-gempa-vulkanik-dan-tremor-1563541724

Share :

Tinggalkan komentar