Syarat BLT UMKM Tahap 3 Tahun 2021, Hati-Hati Kena Link Penipuan

Apa saja syarat BLT UMKM Tahap 3? dan Kapan BLT Tahap 3 Cair, ? Pemerintah terus melanjutkan program BLT UMKM sebesar Rp. 1.2 juta. Kini, program dengan nama Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) sudah memasuki tahap 3.

Bantuan ini disalurkan melalui PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI dan ditargetkan dapat disalurkan kepada 12,8 juta penerima sepanjang tahun 2021.

Pelaku usaha mikro yang memenuhi kriteria akan mendapat bantuan dari pemerintah berupa BLT UMKM Rp 1,2 juta.

BLT UMKM senilai Rp 1,2 juta ini telah memasuki tahap penyaluran ke-3 pada tahun 2021.

Link dan Syarat BLT UMKM Tahap 3 Tahun 2021

Calon penerima bantuan dapat mengecek status bantuan UMKM melalui banpresbpum.id atau eform.bri.co.id/bpum.

Bantuan disalurkan melalui rekening bank channeling yaitu bank Himbara seperti BRI dan BNI.

Sedangkan pelaku UMKM yang belum memiliki rekening di bank penyalur Banpres nantinya akan membuat rekening baru setelah pencairan dilakukan oleh bank penyalur.

Syarat BLT UMKM Tahap 3 Tahun 2021

Untuk mengetahui apakah Anda penerima BLT UMKM tahap 3 ini, cukup klik link UMKM BRI dan BNI. Berikut ini lengkapnya:

  1. Link daftar BLT BRI dihalaman UMKM BRI dan untuk BNI klik Halaman UMKM BNI
  2. Masukkan nomor KTP dan kode verifikasi
  3. Klik proses pertanyaan
  4. Jika Anda login, Anda akan menerima notifikasi apakah Anda sudah menerima bantuan atau belum
  5. Jika terdaftar sebagai penerima, pengusaha mikro dapat datang ke kantor BRI untuk mencairkan Rp. 1,2 juta untuk BLT UMKM. Bantuan juga dapat ditransfer langsung ke rekening penerima.

Persyaratan pencairan BLT UMKM Rp. 1,2 juta di e-form BRI adalah sebagai berikut:
Sebuah. Bawalah buku tabungan
b. Bawalah kartu ATM
c. Bawa KTP Anda
d. Membawa Surat Pernyataan yang ditandatangani oleh perangkat Desa setempat
e. Notifikasi (SMS) notifikasi Penerima Banpres Produktif (BPUM) tidak hanya terbatas bagi yang sudah memiliki rekening BRI.

Jika tidak terdaftar sebagai penerima e-form BRI, pengusaha mikro dapat mendaftar ke koperasi dan dinas sektor UKM di masing-masing pemerintah kabupaten / kota.

Syarat BLT UMKM Tahap 3

Persyaratan untuk memperoleh BLT UMKM tahap 3 meliputi:

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik.
  • Memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan surat pengajuan calon penerima dan pengusul BPUM beserta lampirannya yang merupakan bagian tidak terpisahkan.
  • Bukan ASN, Anggota TNI / Polri, Pegawai BUMN atau BUMD.
  • Tidak sedang menerima kredit usaha mikro (KUR) dari bank

Masyarakat yang ingin mendaftar BLT UMKM Tahap 3 dapat membuktikan diri sebagai pengusaha mikro jika memiliki Nomor Induk Usaha (NIB) atau memiliki Surat Keterangan Usaha (SKU) dari Lurah / Lurah.

Sebuah unggahan di Facebook menyebarkan tautan atau tautan ke daftar penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM Tahap 3. Tautan dan narasi serupa juga telah diunggah oleh akun lain yang menyatakan bahwa pencarian BPUM kini dapat dilakukan melalui agen. Dari konfirmasi tim Fact Check Kompas.com, informasinya tidak benar alias hoax. Kepala Seksi Humas (Kabag Humas) Kemenkop UKM Anang Rachman mengatakan, belum ada pendaftaran dan pencairan BPUM tahap 3.

Informasi naratif yang beredar termasuk link pendaftaran dan pencairan BPUM tahap 3 diunggah oleh akun Facebook Vanesya di grup Informasi tentang PKH & Bansos. Unggahan ini dibagikan pada Sabtu (22/5/2021) pukul 09.03 WIB.

Konfirmasi Kompas.com Dari konfirmasi Tim Fact Check Kompas.com, informasi pendaftaran dan pencairan BPUM tahap 3 salah.

Kepala Humas Kemenkop UKM Anang Rachman mengatakan belum ada pendaftaran dan pencairan BPUM tahap 3. “Jadi belum ada tahap 3,” kata Anang saat dihubungi Kompas.com, Jumat (21/5/2021). ) malam.

Pendaftaran BLT UMKM Tahap 3 Tahun 2021

Sedangkan untuk pendaftaran BLT UMKM tidak dilakukan melalui link, tetapi diusulkan oleh pengusul yang ditunjuk oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, yaitu: Dinas yang membidangi Koperasi dan UKM Koperasi yang telah dilegalisir entitas kementerian / lembaga, bank, dan perusahaan pembiayaan lain yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. (OJK).

Informasi tentang pendaftaran penerima dapat diperoleh melalui pengusul yang ditentukan di atas. Namun, Anang membenarkan bahwa pengajuan BPUM masih tahap 2 hingga 28 Juni 2021. Sampai saat ini belum ada tahap 3.

Kapan BLT UMKM Tahap 3 Cair

“Saat ini masih tahap 2, pengajuan masih sampai dengan 28 Juni sesuai surat edaran. wakil mikro ke instansi, ‚ÄĚjelas Anang. Pencairannya juga tidak dilakukan melalui link, tapi harus ke agen yang ditunjuk. Sebelumnya distributor BPUM hanya bisa di Bank BRI dan BNI.

Kini, distributor ditambahkan oleh Bank Mandiri, Bank Pembangunan Daerah (BPD), dan PT Pos Indonesia. Kesimpulan Informasi mengenai pendaftaran dan pencairan BPUM tahap 3 adalah hoax.

Hingga saat ini pengajuan BPUM masih dalam tahap 2 hingga 28 Juni 2021. Pendaftaran dan pencairan tidak melalui link, melainkan melalui pengusul dan distributor yang ditunjuk oleh pemerintah.

Share :

Tinggalkan komentar