Formasi Seleksi CPNS 2021 untuk Lulusan SMA SMK Serta Syarat Dan Cara Mendaftarnya

Formasi Seleksi CPNS 2021 untuk Lulusan SMA SMK – Seleksi CPNS 2021 dikabarkan akan dibuka pada Maret 2021. Berikut formasi seleksi CPNS tahun 2021 bagi lulusan SMA / SMK, langsung memenuhi persyaratan dan dokumen kelulusan.

Kuota penerimaan CPNS pada 2021 ijasah SMK / SMA, menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), yang akan membuka satu juta CPNS.

Siapapun bisa mengikuti Seleksi CPNS 2021, tidak hanya lulusan S1, S2, dan D3. Padahal, lulusan SMA / SMK bisa mengikuti seleksi CPNS 2021 dengan memperhatikan Lembaga / Kementerian yang membuka lowongan untuk SMA / SMK.

Calon pelamar juga harus memperhatikan persyaratan dan dokumen yang harus diunggah saat mendaftar seleksi CPNS 2021, agar pada saat seleksi administrasi pelamar dapat lulus Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Formasi Seleksi CPNS 2021 untuk Lulusan SMA SMK

Bagi calon peserta yang hendak mengikuti seleksi CPNS 2021 ini, sebaiknya baca tips agar lolos diterima PNS dengan klik halaman lolos CPNS.

Berikut adalah daftar formasi CPNS ijasah SMA / SMK tahun 2021 yang mengacu pada data pendaftaran CPNS 2019.

CPNS Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

Formasi pendaftaran CPNS 2021 bagi lulusan SMA / SMK di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Sebelumnya, Kementerian Hukum dan Pembinaan HAM membuka lowongan CPNS terbesar bagi lulusan SMA dan SMK.

Seleksi CPNS 2021 untuk Lulusan SMA SMK

Berdasarkan data Kementerian Hukum dan HAM, pendaftaran CPNS 2019 tercatat sebanyak 3.532 formasi khusus lulusan SMA / SMK / MA. Secara lengkap, Anda dapat mengunjungi situs resmi Kemenkumham di https://cpns.kemenkumham.go.id.

CPNS Kejaksaan Agung

Berdasarkan data Kejaksaan Agung, terdapat 2.000 formasi pendaftaran CPNS 2019 untuk lulusan SMA. Informasi terkini dapat Anda pantau di https://rekrutmen.kejaksaan.go.id.

CPNS KLHK

Lowongan CPNS 2019 di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) membuka formasi untuk SMK. Berdasarkan pengumuman Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: PG.1 / SETJEN / ROPEG / Peg.O / 11/2019, terdapat 80 formasi untuk SMK, tidak menutup kemungkinan seleksi CPNS 2021 dibuka kembali.

Posisi SMK hanya diperuntukkan bagi posisi Pemula / Pemula Polisi Kehutanan. Sebagai informasi, Anda dapat mengunjungi situs resminya di https://ropeg.menlhk.go.id.

CPNS Kementrian Pertanian

Kementerian Pertanian (Kementan) membuka lowongan CPNS untuk pelamar lulusan SMA. Dalam seleksi CPNS 2019, Kementerian Pertanian membuka 45 formasi.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan kunjungi situs resmi Kementerian Pertanian: https://cpns.pertanian.go.id.

CPNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Lowongan CPNS di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk lulusan SMA / SMK. Hal tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 126533 / A.A3 / KP / 2019 tentang Pemilihan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2019.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka 11 formasi untuk 3 posisi, yaitu formasi Administrasi Keuangan 3, Teknik Laboratorium 2 formasi, dan Teknisi Pemetaan dan Gambar 6. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di halaman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: https://cpns.kemendikbud.go.id.

CPNS BIN

Lowongan CPNS di Badan Intelijen Negara (BIN) ada 200 formasi untuk lulusan SLTA dan sederajat. Jabatannya adalah Beginner Implementing Computer Officer pada Liaison Subdirektorat Direktorat Kerjasama Internasional, dan Deputi Intelijen Luar Negeri.

Persyaratan CPNS 2021

Berikut persyaratan umum yang harus dipenuhi pelamar seleksi CPNS 2021 bagi lulusan SLTA / SMK, diantaranya:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun, ketentuan selanjutnya akan diumumkan kemudian dan diatur di portal SSCASN (https://sscasn.bkn.go.id)
  3. Tidak pernah dihukum penjara berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana atau kasus narkoba
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat, tidak atas permintaan sendiri atau diberhentikan dengan tidak hormat sebagai anggota CPNS / PNS / TNI / Polri atau diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai swasta
  5. Tidak berkedudukan sebagai PNS / CPNS / Calon Anggota TNI / Polri dan Anggota Sekolah TNI / Polri / Asosiasi Pegawai Negeri Sipil
  6. Jangan menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat dalam politik praktis
  7. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan posisi yang dilamar
  8. Bersedia mengabdi dan tidak melamar pindah dengan alasan apapun, minimal 10 tahun sejak TMT CPNS.
  9. Bagi pelamar pria dan wanita, tato dilarang dan pelamar pria dilarang memiliki tindikan.

Foto Dokumen CPNS

Calon calon formasi SMA / SMK CPNS 2021 wajib menyiapkan pindaian dokumen untuk diunggah saat pendaftaran. Dokumen-dokumen berikut ini harus diupload dalam pendaftaran CPNS 2021, antara lain:

  • Pindai foto paspor dengan latar belakang merah
  • Pindai foto selfie
  • Scan KTP
  • Scan Surat Lamaran
  • Scan Ijazah + Serdik / STR
  • Scan Transkrip Nilai
  • Pindai dokumen pendukung lainnya.

Cara Mendaftar CPNS 2021

Untuk calon CPNS 2021 formasi SMA / SMK sesuai dengan persyaratan dan telah menyiapkan dokumen yang dipersyaratkan, maka dapat memperhatikan cara mendaftarnya melalui sscsn.bkn.go.id:

  • Pelamar CPNS 2021 mengakses portal SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id
  • Pelamar membuat akun terlebih dahulu dengan mengklik menu Registrasi
  • Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (No. KK) atau NIK Kepala Keluarga (NIK KK)
  • Data pribadi lengkap seperti nama tanpa gelar, tempat lahir, jenis kelamin, email, password, dan pertanyaan keamanan
  • Unggah foto dengan latar belakang merah
  • Cetak Kartu Informasi akun

Setelah mendaftar, calon CPNS 2021 calon formasi SMA / SMK memilih melamar ke lembaga yang diminati sesuai latar belakang pendidikannya:

  • Pelamar Login ke https://sscn.bkn.go.id menggunakan NIK dan Password saat pendaftaran
  • Unggah foto diri Anda memegang KTP dan Kartu Informasi Rekening
  • Data pribadi lengkap
  • Pilih agensi, jenis formasi, pendidikan dan posisi
  • Lengkapi data pada kolom yang tersedia
  • Unggah dokumen dan centang Lanjutkan
  • Cetak Kartu Pendaftaran SSCN 2021.

Demikianlah informasi Formasi Seleksi CPNS 2021 untuk Lulusan SMA/SMK serta persyaratannya yang bersumber dari media pikiran-rakyat.com, semoga membantu.

Share :

Tinggalkan komentar