Jadwal Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 15, Catat Ya

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 15 – Tautan daftar kartu pra kerja batch 15 dibuka hari ini, Kamis (18/3/2021) mulai pukul 12.00 WIB. Untuk mendaftar Kartu Pra Kerja Batch 15 bisa mengunjungi situs prakerja.go.id.

Hal tersebut telah disampaikan oleh Kepala Bidang Komunikasi Manajemen Pelaksanaan Kartu Pra Kerja Louisa Tuhatu. Louisa mengatakan, jatah yang dialokasikan untuk gelombang ke-15 ini sama dengan gelombang sebelumnya, yaitu 600.000.

Pelamar yang baru saja membuat akun pra-kerja didorong untuk memastikan bahwa data pribadi mereka lengkap dan benar. Sedangkan yang sudah mendapatkan bantuan sosial lainnya, seperti DTKS (Kemensos), BSU, dan BPUM, tidak bisa mendapatkan kartu pra kerja. Selain itu, kelompok yang telah menerima Kartu Pra-Kerja sebelumnya tidak dapat mendaftar lagi.

Pendaftaran program Kartu Pra Kerja Batch 15 dilakukan secara terpusat melalui laman prakerja.go.id. Tautan yang beredar selain halaman-halaman ini adalah palsu. Jadi harap selalu berhati-hati.

Jadwal Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 15

Selanjutnya ada beberapa tahapan dalam pendaftaran Program Kartu Pra Kerja, seperti membuat akun di prakerja.go.id, verifikasi KTP, hingga tes motivasi dan kemampuan dasar.

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 15

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 15

Untuk lebih jelasnya langsung saja simak langkah-langkah registrasi Kartu Pra-Kerja angkatan ke-15 di bawah ini:

  • Setelah berhasil mendaftar akun dan masuk, Anda akan masuk ke dasbor akun.
  • Kemudian pada bagian verifikasi KTP, isikan NIK, nomor KK dan tanggal lahir, lalu klik ‘Lanjut’.
  • Kemudian lengkapi data diri Anda dan unggah foto KTP sesuai ketentuan.
  • Setelah itu, verifikasi nomor telepon, klik ‘Kirim’, dan masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS ke nomor telepon. Kemudian klik ‘Verifikasi’.
  • Selanjutnya, isi pernyataan pendaftar sesuai dengan kondisi sebenarnya, dan klik ‘OK’.
  • Lakukan tes motivasi dan keterampilan dasar, dengan mengklik ‘Mulai Tes Sekarang’. Jika tes sudah selesai, hasilnya akan dievaluasi.
  • Setelah itu ikuti pemilihan wave yang diinginkan, sesuaikan dengan domisili Anda, dengan cara klik ‘Gabung’ sehingga muncul konfirmasi pemilihan wave, dan klik ‘Yes Gabung’.
  • Kemudian akan muncul ‘Pre-Work Agreement’ yang berisi beberapa pertanyaan, lalu klik ‘Saya setuju’ untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah seperti yang dijelaskan di atas, pendaftaran selesai. Cukup mudah bukan? Pastikan link daftar Kartu Pra Kerja Batch 15 adalah prakerja.go.id, bukan yang lain!

Bersiap-siap! Pendaftaran kartu pra kerja angkatan 15 akan dibuka siang ini, Kamis (18/3/2021) pukul 12.00 WIB.

Pelaksanaan program ini juga meminta pendaftar untuk tidak mengubah alamat email dan nomor ponsel yang terdaftar di akun Prakerja.

Kepala Manajemen Komunikasi Kartu Pra-Kerja, Louisa Tuhatu. Louisa mendesak pelamar baru untuk membuat akun Pra-kerja untuk memastikan bahwa data pribadi mereka diisi dengan benar.

“Jangan ganti alamat email dan nomor ponsel,” kata Louisa, Kamis (18/3/2021).

Ia juga memastikan pendaftaran Program Kartu Pra Kerja Angkatan 15 akan dimulai siang ini. Kuota yang dialokasikan untuk gelombang ini sama dengan gelombang sebelumnya.

“Kuotanya sama dengan kartu pra kerja gelombang sebelumnya, yakni 60.000 kuota,” tambahnya, seperti dikutip Kompas.com.

Ia juga memastikan pendaftaran Program Kartu Pra Kerja Angkatan 15 akan dimulai siang ini. Kuota yang dialokasikan untuk gelombang ini sama dengan gelombang sebelumnya.

Kuotanya sama dengan kartu pra kerja gelombang sebelumnya yaitu 60.000 kuota, tambahnya, seperti dikutip Kompas.com.

Pendaftaran program Kartu Pra Kerja dilakukan secara terpusat melalui halaman prakerja.go.id. Tautan yang beredar selain halaman itu, tegasnya, dipastikan palsu.

Ada beberapa tahapan dalam mendaftar program, seperti membuat akun di prakerja.go.id, verifikasi KTP, tes motivasi dan kemampuan dasar pada gelombang 16.

Berikut langkah-langkah registrasinya:

  • Setelah berhasil mendaftar akun dan masuk ke akun Anda, Anda akan masuk ke dasbor akun.
  • Pada bagian verifikasi KTP isikan NIK, nomor KK dan tanggal lahir anda, kemudian klik ‘Lanjut’, dan lengkapi data diri anda dan upload foto KTP anda sesuai ketentuan.
  • Setelah itu verifikasi nomor telepon, klik ‘Kirim’.
  • Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan melalui SMS ke nomor telepon. Klik ‘Verifikasi’.
  • Selanjutnya isi pernyataan pendaftar sesuai dengan kondisi sebenarnya. Isi sampai selesai dan klik ‘OK’.
  • Ikuti tes motivasi dan keterampilan dasar, dengan mengklik ‘Mulai Tes Sekarang’. Setelah tes selesai, hasilnya akan dievaluasi.
  • Setelah itu ikuti pemilihan wave yang diinginkan, sesuaikan dengan domisili, lalu klik ‘Join’ sehingga akan muncul konfirmasi pemilihan wave. Setelah selesai, klik ‘Yes, Join’. ‘Persetujuan Pra-Kerja’ akan muncul, yang berisi beberapa pertanyaan. Anda harus mengklik ‘Saya setuju’ untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.
  • Setelah menyelesaikan langkah-langkah ini, pendaftaran selesai.

Sedangkan proses seleksi program Kartu Pra Kerja dilakukan melalui sistem. Mayoritas kegagalan peserta, terletak pada proses verifikasi. Sistem akan menampilkan seluruh Nomor Induk Pendaftar (NIK) yang dicocokkan dengan data Dukcapil dan blacklist.

Dalam pelaksanaan prakerja tahun ini, setiap nomor Kartu Keluarga (KK) dibatasi dua anggota keluarga agar pemerataan. Pengumuman Peserta bisa menunggu beberapa saat setelah ombak ditutup.

Nantinya, peserta yang lolos akan mendapat notifikasi melalui SMS dari Manajemen Pelaksana Pra Kerja.

Pastikan nomor telepon yang dimasukkan saat membuat akun sudah benar dan masih aktif. Selain itu, pendaftar bisa mengecek passnya melalui dashboard akun masing-masing di halaman prakerja.go.id.

Keberhasilan atau kegagalan peserta akan muncul di dashboard.

Demikian informasi jadwal Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 15 yang dikutip dari kompascom dan suaracom, semoga bermanfaat.

Share :

Tinggalkan komentar