Kuota Data Gratis Kemendikbud 2020 (Cara, Daftar, Dan Rincian Bantuan)

Cara Mendapatkan Kuota Data Gratis Kemendikbud 2020 – Bantuan kuota internet gratis dari pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bisa didapatkan dengan memasukkan data nomor ponsel ke Dapodik.

Kuota gratis ini diberikan kepada mahasiswa, guru, mahasiswa dan dosen. Bantuan ini akan diberikan mulai September hingga Desember 2020. Pendaftaran atau entri data nomor HP di Dapodik dibuka hingga 11 September 2020.

Mahasiswa dan mahasiswa didorong untuk melakukan pendataan nomor ponsel mahasiswa dan mahasiswa. Sekolah dan perguruan tinggi akan mengumpulkan data nomor ponsel yang akan dimasukkan ke dalam aplikasi Dapodik.

Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbud berfungsi untuk mengumpulkan data dasar pendidikan mulai dari satuan pendidikan, siswa dan tenaga pengajar serta tenaga kependidikan.

Kuota Data Gratis Kemendikbud 2020

Data di Dapodik akan digunakan dalam berbagai kebijakan pendidikan pemerintah atau Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan seperti BOS, bansos, tunjangan, ujian nasional, dan lain-lain.

Cara Mendapatkan Kuota Gratis Kemendikbud

Kuota Data Gratis Kemendikbud
Kuota Gratis Bantuan Kemendikbud | Foto: Internet

Cara Mendaftar Nomor Handphone di Dapodik

Kemendikbud Berikut tata cara pemasukan data nomor handphone untuk siswa PAUD, SD dan SMP.

  1. Jika nomor handphone (handphone), kepala sekolah juga mencantumkan Nomor Induk Mahasiswa Nasional (NISN) siswa. Setelah itu, kepala sekolah juga harus mengisi akta pakta integritas.
  2. Kemudian, Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyaring nomor tersebut sesuai dengan penyelenggara masing-masing untuk mengisi paket data kuota. Bagi yang baru punya nomor ponsel, sekolah tetap bisa mencatatnya.
  3. Nomor baru juga dapat diberikan kuota pulsa. Mereka yang belum terlihat di tahap pertama ini memiliki kesempatan untuk masuk ke tahap berikutnya.

Pendidik dapat mengunduh aplikasi Dapodik melalui tautan ini https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan.

Sedangkan panduan pengisian data pada aplikasi Dapodik Versi 2021 dapat dicek melalui link ini.

https://cdn-dapodik.kemdikbud.go.id/panduan/Panduan_Aplikasi_Dapodikdasmen_Versi_2021.pdf

Rincian Bantuan Kuota Internet Gratis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Berikut rincian bantuan kuota internet gratis untuk pelajar, guru, mahasiswa dan dosen yang akan disalurkan selama empat bulan (September – Desember 2020).

  • Siswa akan mendapatkan 35 GB per bulan;
  • Guru akan mendapatkan 42 GB per bulan;
  • Siswa akan mendapatkan 50 GB per bulan;
  • Dosen akan mendapatkan 50GB per bulan.

Untuk bantuan tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengalokasikan Rp 8,9 triliun dari optimalisasi anggaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta dukungan anggaran untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (BA BUN) 2020.

Dari total Rp 8,9 triliun, Rp7,2 triliun akan diberikan kuota internet bersubsidi selama empat bulan. dan Rp 1,7 triliun untuk tunjangan profesi guru dan tenaga kependidikan, dosen dan guru besar.

Demikian penjelasan kuota data gratis kemendikbud yang bertujuan agar siswa dan guru mendapatkan motivasi dalam dunia pendidikan.

Share :

Tinggalkan komentar