Jadwal Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 17, Catat Tanggal Dan Syarat Terbaru

Jadwal Kartu Prakerja Gelombang 17 – Setelah pendaftaran kartu pra kerja angkatan 16 ditutup pada Minggu (28/3/2021) pekan lalu, kini banyak yang bertanya tentang jadwal pendaftaran kartu pra kerja angkatan 17.

Faktanya, penerima kartu pra-kerja batch 16 hanya akan diumumkan dalam beberapa hari ke depan. Untuk itu, pihak manajemen memastikan belum membuka pendaftaran Kartu Pra Kerja angkatan 17. Apalagi jika melihat target kuota 2,7 juta peserta yang telah tercapai dalam satu semester.

Jadwal Pendaftaran Kartu Pra Kerja Batch 17

Kartu pra-kerja gelombang ke-17 hanya dapat dibuka jika ada peserta dari angkatan 12-16 yang status keanggotaannya dicabut. Pencabutan dapat dilakukan jika penerima Kartu Pra-Kerja tidak membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari sejak ditetapkan sebagai penerima.

Namun, hingga saat ini belum ada laporan pengunduran diri peserta karena pelanggaran tersebut. Hingga saat ini pemantauan keaktifan peserta masih terus dilakukan karena pencabutan pertama baru akan dimulai pada 1 April 2021 untuk penerima kartu pra kerja angkatan 12.

Sebelumnya, pihak pengelola Kartu Pra Kerja telah membuka satu angkatan tambahan untuk pendaftaran pada tahun 2020. Peserta pada angkatan tambahan tersebut pulih dari pencabutan keanggotaan Kartu Pra Kerja angkatan 1-10.

Kartu Prakerja Gelombang 17

Kebijakan gelombang tambahan ini tidak lagi diberlakukan karena peserta yang keanggotaannya telah dicabut akan dimasukkan dalam daftar hitam kartu pra-kerja.

Peserta Yang Melanggar Aturan Prakerja

Daftar hitam bisa diberlakukan jika peserta melanggar Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 11 Tahun 2020. Pasal 20 ayat 2 menyebutkan, pembelian pelatihan untuk pertama kali dilakukan tidak lebih dari 30 hari.

Jangka waktu pemilihan dihitung sejak peserta menerima pemberitahuan penetapan sebagai Penerima Kartu Pra Kerja dan data lengkap secara online melalui situs resmi Kartu Pra Kerja.

Sedangkan ayat 3 peraturan yang sama menyebutkan bahwa konsekuensi apabila penerima Kartu Pra Kerja tidak mengikuti pelatihan dalam jangka waktu tersebut maka status kepesertaannya akan dicabut.

Jika status keanggotaan dicabut, maka peserta tidak dapat kembali mengikuti Program Kartu Pra-Kerja atau akan masuk daftar hitam. Selain itu, bantuan pelatihan yang telah diberikan juga akan dikembalikan ke rekening dana Kartu Pra Kerja.

Demikian informasi mengenai jadwal pendaftaran Kartu PraKerja gelombang 17 dikutip di suaracom. Tetap semangat untuk memperbarui informasi Kartu Pra-Kerja ini!

Share :

Tinggalkan komentar