Cara Daftar BLT UMKM Tahap II Dan Syaratnya, Pendaftaran Dibuka Hingga Nopember

Cara Daftar BLT UMKM Tahap II – Pemerintah telah membuka pendaftaran tahap kedua program bantuan presiden untuk UMKM pada 13 Oktober. Pendaftaran yang berlangsung hingga 25 November ini disediakan bagi 3 juta pelaku UMKM yang terdampak Covid-19.

Pemerintah terus memberikan program Bantuan Langsung Tunai Produktif (BLT) bantuan Presiden (banpres) kepada UMKM tahap II. Pencairan tahap II dimulai setelah penyaluran tahap I yang dilakukan sejak Agustus lalu hampir mencapai 100 persen.

Sedangkan kriteria dan persyaratan calon penerima manfaat yang mendaftar untuk penyaluran tahap II masih sama, antara lain WNI, memiliki NIK dan KTP, memiliki Usaha Mikro (berdagang, menjahit, bengkel, penjual gorengan, dll), dan tidak menjadi PNS, TNI / Polri, BUMN dan BUMD.

Kemudian, penerima juga punya kredit di bank, harus punya saldo di bank channeling, biasanya BRI kurang dari Rp 2 juta dan harus punya Surat Keterangan Usaha (SKU).

Jika sudah memenuhi syarat pendaftaran UMKM dan ingin mendapatkan BLT Rp2,4 juta, bagaimana caranya? Yuk kita simak caranya yang dilansir dari CNNindonesia.com

Cara Daftar BLT UMKM Tahap II

BLT UMKM Tahap II hanya dapat diperoleh pelaku usaha jika diusulkan oleh:

  1. Dinas yang membidangi Koperasi dan UKM di daerah
  2. Koperasi yang berbadan hukum
  3. Kementerian / Lembaga
  4. Perusahaan perbankan dan keuangan yang terdaftar di OJK

Persyaratan Daftar BLT UMKM Tahap II

Calon penerima BLT UMKM Tahap II harus melengkapi persyaratan kepada pemohon, yaitu:

  1. Nomor Identitas
  2. Nama lengkap
  3. Alamat tempat tinggal menurut KTP
  4. Bidang Bisnis
  5. Nomor Telepon

Yuk buruan daftar UMKM secara online agar bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, bantuan akan diberikan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp 2,4 juta per penerima. Dana tahap II sudah dicairkan pekan lalu.

“Kami sudah mulai menyalurkan 3 juta berikutnya. Kami juga sudah mendapat anggaran dari Kementerian Keuangan, karena kami bisa menjalankannya,” kata Teten dalam jumpa pers virtual beberapa waktu lalu.

Cara Daftar BLT UMKM Tahap II

Seperti diketahui, pemerintah telah menyiapkan anggaran untuk penanganan pandemi virus corona sebesar Rp695,2 triliun. Dana tersebut dialokasikan untuk berbagai sektor.

Rinciannya, untuk bansos Rp. 203,9 triliun, untuk UMKM Rp. 123,46 triliun, insentif usaha Rp. 120,61 triliun, kementerian / lembaga atau pemerintah daerah Rp. 106,11 triliun, kesehatan Rp. 87,55 triliun, dan pembiayaan korporasi Rp. 53,55 triliun.

Selama ini pemerintah telah menyalurkan ban presiden produktif kepada 9 juta UMKM dengan penyaluran sekitar Rp. 21 triliun.

Dengan tambahan 3 juta UMKM pada penyaluran tahap kedua, maka total UMKM yang akan mendapatkan bantuan produktif adalah 12 juta UMKM. Dengan demikian total dana yang akan dikeluarkan pemerintah sekitar Rp. 28 triliun.

Nantinya, pendistribusian ban presiden produktif akan dilakukan melalui PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI.

Sebelum disalurkan, pemerintah bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Dukcapil melakukan pengecekan identitas calon penerima terlebih dahulu.

Sudah Daftar Tapi Tak Menerima Bantuan UMKM

Jika Anda pernah daftar namun tidak pernah menerima pesan singkat/SMS, Anda bisa cek di internet, Cara cek online penerima bantuan bisa kunjungi klik halaman Cek data penerima bantuan UMKM.

Penerima bantuan akan lolos verifikasi jika memiliki usaha, pernah kredit/tidak pernah bermasalah dengan bank terkait kredit, dan tabungan dibawah Rp 2juta.

Demikian informasi Cara Daftar BLT UMKM Tahap II dan persyaratanya, bantu sebarkan kepada yang lain agar bermanfaat dan tepat sasaran.

Share :

Tinggalkan komentar