Bansos BPUM 2021 Satu Juta Dua Ratus (Rp 1,2 Juta) Cair, Segera Cek Dan Cairkan

Bansos BPUM 2021 Satu Juta Dua Ratus (Rp 1,2 Juta) Cair, Segera Cek Dan Cairkan – Pemerintah kembali memberlakukan pengetatan aktivitas masyarakat sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang semakin menjadi seiring dengan munculnya berbagai varian baru corona.

Kebijakan tersebut disebut Pemberlakuan Darurat Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang akan berlaku mulai 3 Juli hingga 20 Juli 2021 untuk wilayah Jawa dan Bali.

PPKM darurat tentu akan membatasi ruang gerak masyarakat. Apalagi PPKM darurat mengharuskan pusat perbelanjaan dan sektor terkait ditutup sementara.

Bila itu terjadi, kegiatan ekonomi akan kembali mandek, dan bukan tidak mungkin pendapatan para pekerja, khususnya sektor informal, akan menurun akibat berkurangnya jam kerja.

Bansos BPUM 2021 Satu Juta Dua Ratus (Rp 1,2 Juta) Cair

Pemerintah kemudian memutuskan untuk menyalurkan kembali bantuan sosial selama masa PPKM darurat. Rencananya, bantuan akan diberikan paling lambat minggu kedua Juli.

Pengusaha mikro bisa mendapatkan bantuan pemerintah melalui Bank BRI dengan mengakses Eform.bri.co.id/bpum. Pemerintah memberikan bantuan sosial kepada UMKM pada saat PPKM Darurat melalui program BPUM atau bantuan tunai langsung bagi UMKM. Bantuan ini secara khusus ditujukan kepada para pengusaha mikro.

Bansos BPUM 2021

Kementerian Koperasi dan UKM mengungkapkan, pemerintah akan mengucurkan BPUM tahap kedua senilai Rp 1,2 juta. Penyaluran dana bansos dapat dilakukan melalui Eform.bri.co.id/bpum.

Deputi Usaha Kecil Menengah Kemenkop UKM Eddy Satria mengatakan, proses penyaluran BPUM atau BLT UMKM untuk 3 juta penerima. Setiap target penerima akan mendapatkan dana hibah sebesar Rp 1,2 juta.

“Insya Allah saat ini kami sedang memproses DIPA untuk tambahan 3 juta penerima. Jadi Rp 1,2 juta per penerima, jadi totalnya Rp 3,6 triliun,” jelas Eddy belum lama ini. Berikut cara cek BPUM penerima melalui BRI: 1. Go ke website Eform.bri.co.id/bpum

Masukkan NIK 3. Masukkan kode verifikasi di layar laptop atau hp. Setiap kode akan berbeda untuk setiap pengguna. 4. Klik Proses inquiry 5. Muncul notifikasi apakah terdaftar atau tidak sebagai penerima BPUM.

BPUM 2021 Satu Juta Dua Ratus

Bagi pelaku UMKM yang terdaftar sebagai penerima BLT UMKM dapat datang ke Kantor Cabang BRI terdekat dengan rumah dengan membawa beberapa dokumen :

  • Buku tabungan
  • Kartu ATM dan KTP
  • Surat Pernyataan
  • Surat Pernyataan Tanggung Jawab ( SPTJM) dan surat kuasa penerimaan hibah presiden.

Demikian penjelasan Bansos BPUM 2021 Satu Juta Dua Ratus (Rp 1,2 Juta) yang bersumber dari kompas dan cnbcindonesia.

Share :

Tinggalkan komentar