Banjir Bandang Ijen Terjang Jantung Pariwisata Kabupaten Bondowoso

Banjir Bandang Ijen – Bencana Alam banjir telah terjadi pada Dataran Tinggi Kabupaten Bendebesah (Kab. Bondowoso) sebelah timur tepatnya di Kecamatan Ijen hari Rabu (29/01/2020) sekitar pukul 14.00 WIB. Kawasan Jantung Pariwisata andalan Kabupaten Bondowoso ini diterjang Banjir yang berisikan air dan lumpur serta campuran material lainnya.

Banjir Bandang Ijen
Banjir Bandang Bondowoso

Berdasarkan informasi yang diambil dari hasil peninjauan pada lokasi Banjir oleh Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (DISPARPORA) Kabupaten Bondowoso, Drs. Harry Patriantono, M.M dan berkoordinasi dengan Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso, diperoleh informasi bahwa beberapa ruas jalan serta rumah warga sepanjang wilayah pemukiman padat penduduk terdampak di dua desa yaitu Desa Sempol dan Desa Kalisat paling banyak tertutup lumpur bercampur beberepa material berupa potongan-potongan kayu.

Banjir Bandang Ijen

Hal ini disebabkan oleh hujan yang terjadi di wilayah hulu yaitu tepatnya pegunungan Ijen yang notabene gundul akibat sisa Kebakaran Hutan dan Lahan (KARHUTLA) yang terjadi pada pertengahan Tahun 2019. Sehingga hal tersebut memicu terjadinya banjir bandang di wilayah Kecamatan Ijen.

Banjir di Kecamatan Ijen
Lingkungan Kantor Kecamatan Ijen

Demikian pula informasi yang terhimpun dari hasil koordinasi Tim Reaksi Cepat (TRC) Seksi Obyek Daya Tarik Wisata (ODTW) DISPARPORA bersama Kelompok Sadar Wisata dan rekan-rekan Penjaga DTW yang bertugas di Wilayah Kecamatan Ijen, bahwasanya banjir bandang yang berkekuatan sangat deras juga melewati kawasan bantaran sungai di dekat DTW Pemandian Air Panas Blawan.

Banjir bandang mulai surut sekitar pukul 16.30 WIB dan mulai dilakukan aktivitas pembersihan ruas-ruas lokasi terdampak.

Kecamatan Ijen ini merupakan lokasi wisata Bondowoso antara lain kawah Ijen, Kawah wurung, Air terjun niagara mini, dan air terjun lainnya yang di hiasi pemandangan alam liar. Semoga kita sadar akan pentingnya melestarikan hutan lindung untuk keseimbangan alam.

Share :

Tinggalkan komentar