Tips Sebelum Beli Burung di Internet atau Sosial Media

Tips Sebelum Beli Burung di Internet atau Sosial Media - Aktivitas jual beli burung online melalui internet dan media sosial (media sosial) seperti Facebook telah meningkat baru-baru ini. Jual beli burung Bondowoso sudah mulai menjamur di berbagai kalangan hingga ada perlombaan musiman.

Tips Sebelum Beli Burung di Internet atau Sosial Media

Sekarang, untuk menghindari masalah yang timbul di kemudian hari setelah transaksi, ada baiknya kita memperhatikan tips khusus berikut ini, untuk kenyamanan pembeli dan penjual.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika membeli burung melalui internet atau media sosial, jadi Anda tidak menyesalinya nanti:
  1. Jangan tergoda dengan harga murah, terutama jika Anda membeli jenis-jenis burung populer seperti batu ladang murai dan cucakrawa. Jangan terlalu percaya jika penjual mengatakan dia bisa mengirim burung melalui jasa pengiriman barang kurir. Karena berdasarkan pengalaman, layanan pengiriman jarang ingin mengirim hewan peliharaan.
  2. Periksa latar belakang penjual. Misalnya, cari tahu apakah ID penjual dapat dipercaya atau bahkan banyak keluhan ditujukan kepadanya. Ini sangat penting, terutama untuk transaksi jarak jauh (melalui jasa kurir / pengiriman).
  3. Periksa foto burung untuk dijual. Karena tidak sedikit penjual yang menggunakan foto daur ulang yang sudah ada di internet, dengan alasan burung belum difoto. Apa pun alasannya, yang terpenting adalah kondisi burung sesuai dengan foto atau informasi yang disebutkan. Jangan sampai setelah transaksi, ternyata kondisi burung itu jauh dari apa yang dinyatakan.
  4. Jika domisili penjual masih dapat dicapai dengan transportasi kota atau kendaraan bermotor, lebih baik untuk memantau langsung ke rumahnya, serta tetap berhubungan. Dengan demikian, kita bisa melihat secara langsung kondisi burung yang ditawarkan, sambil menanyakan hal-hal lain seperti kebiasaan dan perawatan. Setelah dianggap cocok, transaksi dapat dilakukan.
  5. Jika melakukan transaksi melalui Cash on Delivery (COD), maka itu harus dilakukan berdasarkan rasa saling percaya. Anda mempercayai penjual yang jujur, dengan burung-burung yang dibawanya. Penjual juga percaya bahwa Anda berniat membeli burungnya sendiri. Dalam hal ini, pembeli berarti bahwa ia memahami risiko membeli burung melalui COD.
  6. Akhir-akhir ini, banyak penipu telah mengambil nama, alamat, atau nomor telepon dari orang-orang yang telah dikenal atau dipercayai banyak kicau mania. Akibatnya, banyak calon pembeli telah tertipu oleh ratusan ribu hingga jutaan rupiah, karena dia pikir burung itu milik seseorang yang reputasinya telah dikenal.

Sebenarnya masih banyak tips sebelum membeli burung, setidaknya 6 diatas dapat menjadi pertimbangan yang dilansir dari omkicau.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel