Tips Jitu Menghadapi Ujian CPNS Agar Lolos 100%

Tips Jitu Menghadapi Ujian CPNS Agar Lolos 100% - Yang pasti dalam tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dibutuhkan adalah usaha dan doa. Banyak yang bertanya bagaimana tips mengikuti tes CPNS. Pada postingan ini akan menjelaskan tips ketika menghadapi tes CPNS.

Tips Jitu Menghadapi Ujian CPNS Agar Lolos 100%
Mengerjakan Soal Ujian by Pixabay

Banyak para peserta CPNS menggunakan cara diluar nalar seperti jimat atau ilmu hitam atau melakukan suap untuk lolos CPNS, itu SALAH BESAR.

Walaupun lolos CPNS itu bukan karena jimat tetapi karena Allah SWT dan yang pasti tak akan berkah jika menggunakan cara begitu.

Tips Menghadapi Ujian CPNS

Usaha dan Doa menurut keyakinan masing-masing agar tidak sia-sia walaupun tidak lolos. Yakinlah Tuhan memberikan yang terbaik buat kamu. Selain itu kamu juga harus membaca tips menghadapi ujian CPNS supaya tidak grogi dan panik saat tes dimulai.
  1. Sering memperbarui dan mencari informasi tentang pembukaan formasi CPNS yang memiliki formasi pendidikan Anda.
  2. Pilih beberapa agensi dan berkonsultasilah dengan orang tua Anda.
  3. Beli buku dan cari sumber daya untuk belajar dan berlatih mengerjakan pertanyaan CPNS
  4. Dari 3 tes yang termasuk dalam TPA, fokus dan pelajari materi TWK (WAWASAN BANGSA -> UUD, Sejarah, Pancasila, dll.). Mayoritas kegagalan dalam tes CPNS adalah karena TWK tidak mencapai langit-langit. Buat catatan dan ringkasan tentang Konstitusi, jika mungkin hafalkan semua artikel dan poin dalam Konstitusi.
  5. Sering-seringlah melakukan latihan soal-soal tes kecerdasan (sinonim, anonim, aritmatika). Latihan ini dapat membuat Anda terbiasa dan dapat mempersingkat waktu untuk melakukan tes penuh.
  6. Jika Anda menguji di luar kota, cobalah untuk tiba di kota sehari sebelum tes sehingga ada waktu untuk beristirahat atau hanya membaca sebelum tes.
  7. Bagi umat Islam, lakukan shalat tengah malam sebelum ujian.
  8. Cobalah makan sarapan sebelum ujian karena dalam mengerjakan soal membutuhkan konsentrasi tinggi.
  9. Setelah tiba di lokasi ujian, cari kelas Anda. Segera duduk di kursi yang cocok dengan nomor tes Anda meskipun tes belum dimulai. Bagi yang beragama Islam, bisa membaca doa dan doa untuk tenang.
  10. Ketika tes berlangsung, lakukan dari bagian yang Anda pikir paling mudah antara TWK (Tes wawasan Kebangsaan), TIU (Tes Intelegensi Umum) atau TKD (Tes Karakteristik Pribadi). Metode ini dapat meningkatkan kepercayaan diri kami dalam mengatasi masalah.

Dari 10 tips menghadapi ujian CPNS diatas, cobalah pamit kepada kedua orang tua atau datang ke makam orang tua bagi yang telah tiada orang tuanya. Restu orang tua sangatlah penting, tak ada anak yang sukses tanpa doa restu orang tua.

Manusia hanya berencana, Allah yang menentukan. Apapun hasil seleksi ujian CPNS, harap legowo itu berarti kamu tidak diperkenankan untuk jadi PNS. Masih banyak cara menjadi seorang abdi negara yaitu rutin bayar pajak dan membela kedaulatan negara.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel