Resep dan Cara Membuat Tape Bakar Manis Khas Bondowoso

Resep dan Cara Membuat Tape Bakar Manis - Sudah tahu belum makanan khas Bondowoso yang populer? Ya, benar tape, orang setempat menyebutnya tapai. Kabupaten Bondowoso tak hanya memproduksi tape kuning, namun juga memproduksi tape bakar dan juga tape ungu dan suwar-suwir.

Resep dan Cara Membuat Tape Bakar Manis Khas Bondowoso
Tape Bakar Manis Bondowoso

Tape juga sebagai makanan kuliner yang dapat dikonsumsi kapan saja dengan cara digoreng. Pada umumnya orang Bondowoso mengkonsumsi tape goreng dipagi hari ditemani kopi hitam. Walau bukan sebagai oleh-oleh, tape bakar tetap dinikmati harganya pun murah meriah.

Cara membuat tape goreng cukup mudah, ambil tape kuning yang telah matang lalu digepal segenggam tangan, campurkan tepung garam gula secukupnya, dan goreng hingga tepung matang.

Kali ini akan membahas tape bakar sebagai makanan khas kedua Bondowoso yang semakin diminati para wisatawansebagai oleh-oleh walaupun produksi tape bakar sudah lama ada. Produsen juga berupaya makanan kuno berbahan dasar singkong agar tidak musnah begitu saja.

Singkong merupakan bahan dasar tape, tapi tak semua singkong (Ketela Pohon). Singkong yang di jadikan bahan dasar harus di tanam kawasan kabupaten Bondowoso, beda daerah sudah beda rasa.

Tak perlu resep dan cara khusus untuk membuat tape bakar karena dari bahannya saja sudah berkualitas. Jika bukan diambil dari kualitas bagus, kita butuh membutuhkan campuran lain agar enak di makan.

Resep dan Cara Membuat Tape Bakar

Dibawah ini akan kita ulas resep dan cara membuat tape bakar agar enak yang selama ini orang penasaran dengan makanan kuno tape.

Bahan-bahan buat tape bakar


  1. Mentega
  2. Gula Merah (gula jawa)
  3. Tape manis Bondowoso
  4. Selai Buah
  5. Coklat


Proses Membuat Tape Bakar Manis


  1. Siapkan tape manis yang sudah dibuang tengahnya
  2. Masukkan gula merah, coklat, dan selai ke dalam tape
  3. Olesi mentega bagian luar tape
  4. Bungkus pakai daun pisang
  5. Panggang diatas arang sambil dibolak balik hingga matang


Demikian resep dan cara membuat tape bakar agar enak dan nikmat yang dikenal sebagai makanan khas Bondowoso. Ayo ke Bondowoso, rasakan sensasinya berwisata di surga tersembunyi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel