Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan Yang Jarang Orang Tahu

Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan - Pelaut Inggris sering menyebut buah srikaya ini sebagai sugar apple atau custard apple. Buah, yang asalnya dari Hindia Barat, selain rasanya yang manis ternyata juga menyimpan segudang manfaat. Diantaranya untuk mengobati penyakit kulit, gangguan pencernaan, dan lainnya.

Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan
Gambar Buah Srikaya di Pohon by Pixabay

Buah manis ini adalah semak yang dapat tumbuh di daerah mana saja seperti tanah berbatu, kering, di halaman, dan bahkan tanpa menanam atau meninggalkan tanaman ini juga akan dapat hidup selama terkena sinar matahari yang cukup.

Buah yang memiliki nama ilmiah Annona squamosa memiliki karakteristik buah bulat dan memiliki sisik atau tonjolan di kulit seperti sirsak, daging putih, dan rasa manis. Buah srikaya ini akan mulai berbuah setelah berumur 3-5 tahun dan dapat mencapai ketinggian sekitar 8 meter.

Tidak hanya daging buah yang dapat digunakan, tetapi hampir semua bagian tanaman ini dapat digunakan mulai dari daun, buah, biji, akar, hingga kulit kayu.

Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari buah srikaya :
Daun srikaya memiliki sifat dingin dan rasanya pahit dan sepet. Dapat digunakan untuk mengobati rematik, batuk, demam, diare, cacingan, disentri, menghilangkan kutu, menyembuhkan bisul, luka, bisul atau abses, kudis, eksim, dan kudis.

Buah
Buah muda itu ternyata mengandung tanin yang bisa digunakan untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, dan disentri yang sudah akut.

Benih
Biji buah srikaya dapat membantu merangsang enzim pencernaan, anthelmintik, abortivum, dan bisa untuk insektisida (pembasmi serangga).

Akar
Ada banyak kandungan dalam akar srikaya ini, misalnya, seperti borneol, flavonoid, kapur barus, alkaloid anonain, terpena, saponin, polifenol, dan tanin. Memiliki manfaat sebagai obat antiinflamasi, anti depresi, mengatasi konstipasi, nyeri tulang belakang, dan disentri akut.

Kulit pohon
Dapat digunakan untuk mengobati disentri, diare, dan luka berdarah karena kulit kayu mengandung senyawa seperti borneol, flavonoid, kapur barus, alkaloid anonain, dan terpena.

Selain itu manfaat buah srikaya juga dapat digunakan untuk kecantikan karena mengandung vitamin C sebagai antioksidan yang membantu melawan serangan radikal bebas.

Cara Memanfaatkan Buah Srikaya sebagai obat

Berikut adalah beberapa cara untuk menggunakan manfaat buah srikaya baik sebagai obat oral atau obat luar.

Bisul dan bisul yang keras
Ambil daun srikaya secukupnya dan cuci bersih. Lalu tumbuk sampai halus dan campur dengan sedikit garam. Selanjutnya tempelkan ke borok atau borok dan balut menggunakan kain kasa atau kain. Diamkan dan ganti 2-3 kali sehari.

Bisul bisul
Ambil daging buah yang sudah matang lalu giling perlahan dan tambahkan sedikit garam. Kemudian tempelkan bisul dan ham menggunakan kain kasa atau kain.

Pingsan dan tenang orang yang histeris
Siapkan daun srikaya secukupnya lalu cuci sampai bersih dan hancurkan sampai halus. Kemudian pegang dampak dekat dengan hidung penderita sehingga aroma tersebut tercium oleh penderita.

Basmi kutu
Siapkan sekitar 10 butir buah srikaya dan daun sekitar 1 genggam. Lalu campur dan hancurkan sampai halus. Selanjutnya campur dengan sedikit minyak kelapa sambil diaduk hingga merata. Tempelkan di kepala dan bungkus dengan kain atau handuk. Diamkan selama kurang lebih 3 jam kemudian bersihkan. Peringatan: berhati-hatilah agar tidak membilas air ke mata karena dapat menyebabkan peradangan dan iritasi.

Anak cacingan
Siapkan sekitar 15 daun srikaya dan cuci sampai bersih. Kemudian rebus dalam 5 gelas air dan diamkan sampai 3 gelas tersisa. Angkat dan diamkan sampai dingin, lalu saring dan minum 3 kali sehari dengan porsi 1 gelas setiap minuman.

Gangguan pencernaan
Ambil daun srikaya secukupnya dan cuci sampai bersih. Lalu tumbuk sampai halus dan campur sedikit minyak kelapa lalu gosokkan pada perut.

Diare
Siapkan sekitar 6-10 gram kulit buah srikaya dan cuci sampai bersih. Kemudian potong menjadi ukuran kecil dan rebus dalam 4 gelas air, tambahkan gula merah dan diamkan sampai tersisa sekitar 2 gelas. Angkat dan diamkan sampai dingin, lalu saring dan minum 2 kali sehari.

Kudis
Siapkan sekitar 15 daun srikaya, cuci dan hancurkan sampai halus. Campurkan dengan sedikit kapur sirih sambil diuleni dan gosokkan pada kulit yang terluka. Lakukan secara rutin 2 kali sehari.

Sebagai catatan:
  • Untuk wanita hamil dilarang mengkonsumsi bijinya
  • Jika Anda ingin mengkonsumsi biji rebus, akar, dan kulit, Anda harus berhati-hati karena ada kandungan beracun. Harus di bawah pengawasan ahli herbal yang berpengalaman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel