Macam Jenis Tanaman Cengkeh Yang Umum Dibudidayakan

Macam Jenis Tanaman Cengkeh Yang Umum Dibudidayakan - Cengkeh adalah tangkai bunga kering beraroma dari pohon keluarga Myrtaceae. Cengkeh adalah tanaman asli Indonesia, banyak digunakan sebagai bumbu masakan pedas di negara-negara Eropa, dan sebagai bahan utama rokok kretek Indonesia.

Macam Jenis Tanaman Cengkeh Yang Umum Dibudidayakan
Gambar Cengkeh kering by Pixabay

Cengkeh ditanam terutama di Indonesia (Kepulauan Banda) dan Madagaskar dan juga dibudidayakan di Zanzibar, India dan Sri Lanka. Di jawa timur perkebunan cengkeh berada di daerah Kabupaten Trenggalek.

Cengkeh sendiri memiliki jenis yang berbeda, sehingga cengkeh terbagi menjadi beberapa jenis yang dapat kita bedakan.

Para petani pemula berlomba-lomba mencari jenis cengkeh terbaik dan berkualitas memiliki harga jual tinggi, jenis cengkeh akan mendapatkan hasil maksimal jika dirawat sejak awal mulai perawatanan tanah, bibit, pemupukan, hingga perawatan pasca panen.

Petani sering melakukan percobaan perkawinan antar jenis cengkeh membentuk tipe jenis cengkeh baru yang akhirnya sulit digolongkan. Dibawah ini beberapa jenis cengkeh yang umum di budidayakan oleh petani.

Jenis-jenis Cengkeh


  • Cengkeh putih
  • Cengkeh kotok
  • Cengkeh Zanzibar
  • Cengkeh Ambon


Cengkeh putih

Cengkeh putih memiliki daun hijau muda (kekuningan) dengan daun yang relatif besar. Cabang-cabang utama mati sehingga percabangan tampaknya baru saja dimulai pada ketinggian 1,5-2 m dari permukaan tanah. Cabang dan daunnya langka sehingga terlihat kurang berdaun. Berbentuk mahkota bulat atau agak bundar, relatif besar dari pada kotok dengan jumlah bunga perandan kurang dari 15 kuntum. Bunga dewasa tetap berwarna hijau muda. Atau putih tidak menjadi kemerahan.

Cengkeh kotok

Cengkeh Si Kotok memiliki daun yang awalnya berwarna hijau kekuningan kemudian berubah menjadi hijau gelap dengan permukaan atas yang halus dan mengkilap.

Cengkeh Zanzibar

Cengkeh Zanzibar berwarna merah. Bentuk daun Cengkeh Zanzibar agak ramping dengan bagian terluas tepat di tengah. Segmen dan cabang daun tertutup rapat.

Cengkeh Ambon

Cengkeh ambon memiliki permukaan daun hijau tua dan kasar, sedangkan bagian bawahnya berwarna hijau keabu-abuan. Daunnya agak kurang lebih 2/3 kali panjangnya.

Kandungan Cengkeh

Cengkeh sendiri memiliki kandungan eugenol sebanyak 78 -82%. Kandungan cengkeh sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Manfaat cengkeh kami jelaskan dihalaman berikutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel