Karakter dan Jenis-Jenis Burung Kenari, Pemula Jangan Salah Beli

Karakter dan Jenis-Jenis Burung Kenari - Burung kenari adalah burung penyanyi yang sangat banyak fans. Ini memiliki berbagai variasi warna dan kombinasi warna yang unik.

Suara Canary Bird sangat bervariasi dengan nada turun yang memiliki irama irama lagu yang bagus. Merawat burung kenari sangat mudah dan menyenangkan.

Jika kamu pemula dalam dunia kenarian, sebaiknya kamu pelajari dan pahami karakter jenis kenari. Dengan begitu kamu akan tahu patokan harga kenari terbaru sesuai jenisnya dan juga dapat mengikuti kontes burung kenari yang selalu diadakan di berbagai kota.

Karakter Dasar Burung Kenari

Adaptable, burung ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan yang berubah-ubah.
Penyanyi dan pejuang. Ketika mendengar suara burung kenari lainnya atau melihat burung yang sama, semangat pertempuran berkobar.

Birahi yang cenderung mudah untuk memanjat. Burung ini sangat mudah untuk memanjat, banyak penyebab yang dapat membuat munculnya bersalin dalam jenis burung.

Variasi pakan yang kurang tepat, pengeringan berlebihan atau melihat kenari betina dapat dengan cepat menaikkan tingkat biru.

Mudah untuk menjinakkan. Karena adaptabilitas yang tinggi, burung ini mudah jinak untuk manusia.
Tidak mudah untuk stres. Burung kenari memiliki ratusan tahun telah ditangani oleh manusia.

Jenis-jenis Burung Kenari

Burung kenari yang kita tahu, sebenarnya dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan keunggulan mereka. Kami membagi burung kenari menjadi 4 jenis :

1. Kenari Postur

yaitu Kenari yang memiliki unggul di bagian postur. Keunikannya mulai dari bagian posturnya yang besar panjang, kecil mungil, sampai berbentuk seperti bola dan lain-lain.
Contoh Kenari Postur adalah: Norwich, Gloster, Yorkshire, Border,Lizard, Lancashire, Fancy, Five Fancy, Crested, Frill, Scotch Fancy, dan lain-lain.

Kenari postur dapat berkicau layaknya burung Kenari pada umumnya. Di negara lain, Kenari postur ini diperlombakan keserasian bentuk postur (sesuai kriteria yang telah disepakati) mulai dari ujung paruh sampai ujung kaki bukan dari kicauannya.

2. Kenari Colorbred Canary (Warna)

Kenari yang unggul di bagian warna bulu. Kenari ini memang sengaja direkayasa  mulai dari genetik sampai fisiologis untuk menghasilkan warna yang unik, kontras dan menarik.

Golongan kenari Warna yaitu Kenari Yellow Intensive, White Dominant, Red Intensive, Red Mozaic dan lain-lain.

Seperti burung kenari lainnya, Kenari Warna juga dapat berkicau. Di negara lain, Kenari warna ini di perlombakan dengan melihat nilai keserasian warna bulu yang telah ditentukan bukan dari suara kicauannya.

Karakter dan Jenis-Jenis Burung Kenari, Pemula Jangan Salah Beli
Burung Kenari Merah by Pixabay


3. Kenari Song Canary (Penyanyi)

Kenari yang unggul di bagian lantunan suara dan berkicaunya. Kicauan yang merdu dengan naik turunnya nada dengan permainan speed nada dan mampu menirukan nada-nada (lagu) yang diperdengarkan merupakan ciri khas burung Kenari ini.

Yang termasuk Song Canary adalah Roller, American Singer, Waterslager, Spanish Timbrado, Persian Singer dan lain lain (belum mendapat pengakuan secara resmi oleh COM).

Kenari penyanyi pada umumnya bertubuh kecil mungil seperti Kenari Warna dan memiliki warna bulu yang beragam, tetapi kualitas berkicaunya (lagu) sangat merdu, baik dan menarik didengar.

Di negara lain, Kenari Penyanyi ini di perlombakan (kontes) berdasarkan jenisnya, keserasian lagu sesuai kriteria yang disepakati mulai awal lagu sampai akhir yang nilai juri.

4. Hybrid Canary (Kenari Hybrid)

bisa disebut Custom Canary hasil persilangan dari Kenari yang rancang sesuai keinginan dari indukannya.

Biasanya Kenari Hybrid dipersilangankan dari beberapa jenis kenari yang dianggap lebih unggul dalam hal tertentu menurut pemiliknya.

Pecinta Kenari, dituntut pengetahuan lebih dalam yang lengkap untuk sifat unggul dari semua jenis burung Kenari hybrid yang ada.

Yang termasuk golongan Kenari Hybrid adalah American Singer (silangan dari Border dan Roler), Yorkshire (silangan dari Norwich-Lancashire-Scotch Fancy) dan lain-lain.

Di Indonesia, pecinta Kenari yang memiliki wawasan luas tentang kenarian, sudah lama mengembangkan jenis Kenari Hybrid dengan menyesesuaikan tingkat kebutuhan penggemar Kenari di Indonesia.

Pada umumnya menyilangkan beberapa dari jenis Kenari Penyanyidengan Kenari Postur. Maka akan dihasilkan burung Kenari impian berpostur bagus, gagah, dan memiliki suara merdu yang menarik juga.

Kenari harus berkaturanggan baik, warna menarik, berpostur besar proporsional, dan memiliki suara lagu merdu yang menawan sebagai tolak ukur standad kenari Indonesia.

Tidak ada aturan dalam persilangan, siapapun boleh merancang, mendesain dan meracik burung Kenari Hybrid (Hybrid Canary). Tidak ada yang sulit untuk melakukan hal ini, karena semua kebutuhannya ada dan tersedia.

Diatas merupakan Karakter dan Jenis-Jenis Burung Kenari, untuk pemula jangan salah beli apalagi akan mengikuti kontes burung kenari. Pahami Jenis dan sifat kenari lebih dalam lagi agar tahu harga dan melakukan kawin silang kenari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel