Harga Susu Sapi Asli Bondowoso

Faktor Naiknya Harga Susu Sapi Asli Bondowoso - Siapa yang tidak tahu manfaat susu sapi? Susu sapi asli banyak sekali manfaatnya terutama untuk perkembangan pertumbuhan dan kecerdasan anak-anak.

Harga Susu Sapi Asli Bondowoso
Sapi Susu di Perternakan by Pixabay

Perkembangan harga susu segar di tingkat petani terus mengalami peningkatan yang substansial. Pada periode yang sama, pada 1999 - 2008, harga rata-rata susu di negara itu naik 14 persen per tahun.

Peningkatan tertinggi sebenarnya dicapai pada periode 2007-2008, sebesar 32 persen sedangkan tahun sebelumnya hanya meningkat sebesar 22 persen. Sebagai perbandingan, harga susu impor di negara asalnya mencapai Rp.4500 per liter, dan di Indonesia harganya Rp 5600 per liter.

Pada tahun 2007, dimana harga susu dunia naik cukup tinggi, harga susu segar di dalam negeri mengalami kenaikan yang tidak terlalu tinggi, sehingga keseimbangan antara harga susu segar di dalam negeri dengan harga susu impor setara dengan susu segar bahkan hanya mencapai 42 persen.

Ini menunjukkan bahwa kenaikan harga susu di pasar internasional belum direspon dengan baik oleh peternak domestik. Secara ekonomi, kenaikan harga susu di pasar internasional telah menempatkan produk susu segar di negara ini dengan daya tawar dan lebih kompetitif.

Ditahun 2019, harga susu asli sapi di Bondowoso telah mencapai Rp 6500 hingga Rp 8500 per liternya karena peternak sapi belum mandiri dalam pengolahan dan rendahnya informasi tentang harga.

Faktor Harga Susu Naik

Melihat perbedaan harga susu segar di negara itu dengan bahan baku susu impor, petani harus memiliki kesempatan untuk mendapatkan harga yang lebih baik.

Perubahan pasokan atau produksi susu disebabkan oleh perubahan harga susu itu sendiri, atau sering disebut sebagai elastisitas harga itu sendiri.

Kenaikan harga bahan baku untuk pakan ternak mempengaruhi harga susu segar. Peningkatan harga susu segar dapat meningkatkan produksi susu di tingkat petani.

Penurunan harga konsentrat juga dapat mengakibatkan peningkatan produksi susu, tetapi kenyataannya harga konsentrat juga naik seiring dengan kenaikan harga susu segar.

Keuntungan petani, yang seharusnya diperoleh sebagai akibat kenaikan harga susu segar, tidak dapat sepenuhnya dimanfaatkan oleh petani.

Kompensasi keuntungan dari peternak dialokasikan untuk meningkatkan harga bahan baku pakan, terutama konsentrat yang merupakan komponen terbesar dalam pakan sapi perah.

Dalam jumlah yang signifikan yang telah diuji dalam penelitian atau analisis yang konsentratnya sangat berpengaruh pada produksi susu di tingkat peternak yang sangat beruntung bagi peternak dan menghasilkan kinerja peternak sehingga mereka membutuhkan banyak energi untuk terus ada dalam meningkatkan atau memproduksi susu.

Dan dalam perhitungan elastisitas harga yang ditunjukkan dalam produksi susu yang sangat responsif terhadap harga susu, sehingga jika harga susu naik maka produksi susu akan meningkat.

Pengelolaan Bisnis Susu Sapi

Tingginya elastisitas harga susu mengidentifikasi bahwa produksi susu masih dianggap sebagai komoditas makanan yang mahal. Karena itu adalah hal yang sangat penting dalam memproduksi susu.

Sehingga dalam memproduksi susu harus memperhitungkan elastisitas harga yang sangat matang dengan konsepsi yang baik dalam perhitungannya, karena jika perhitungan tidak sesuai dengan apa yang dikonsep, produksi yang telah kita lakukan tidak akan berjalan dan sukses dengan apa kami harapkan.

Walaupun susu merupakan salah satu asupan bergizi dalam perkembangan dan keunggulan di suatu negara, harga susu juga harus dipertimbangkan dengan hati-hati sehingga produksi susu nantinya tidak mengalami kemacetan atau masalah yang sangat rumit dalam hal harga.

Dan juga bagi peternak untuk mengambil keuntungan dari peningkatan susu sehingga dapat meningkatkan produksi susu dapat memenuhi kebutuhan nasional dan sesuai dengan apa yang telah diharapkan oleh konsumen yang mengkonsumsi susu segar.

Dan untuk peternak juga perlu mengetahui seberapa mirip dan perbedaan kinerja koperasi itu sendiri dalam menangani pekerja di peternakan dengan bidang lain karena pekerja di koperasi di sektor peternakan lebih banyak daripada jumlah sektor perikanan dan perikanan dibandingkan dengan sektor perkebunan sehingga jika Anda berpikir tentang sektor peternakan pekerja koperasi yang ada di sektor peternakan akan menurun meskipun masih menempati level yang lebih tinggi dari sektor lainnya.

Apalagi saat ini koperasi di bidang peternakan juga dapat diperkuat sumbangan berupa dana bergulir seperti pengembangan usaha impor sapi potong, pengembangan fasilitas usaha ternak, pengembangan usaha pembibitan sapi lokal, pengembangan bisnis susu.

Jadi peternak harus memanfaatkan ini agar nantinya koperasi yang dikelola tidak bingung dalam berproduksi. Dan terutama di tempat yang harus strategis dan mudah diakses sehingga konsumen tidak akan bingung mencari produksi susu segar.

Petani juga harus memprioritaskan persamaan model persamaan dalam koperasi seperti ASK (aset koperasi), OMK (pergantian koperasi), CPK (biaya produksi koperasi), LTK (jumlah jam kerja koperasi), JP (jumlah pekerja), PTK ( pendapatan total koperasi). Karena itulah hal terpenting dalam menjalankan koperasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel