Penerimaan CPNS PPPK Bulan Oktober Nopember, Catat Syarat dan Jadwalnya

Penerimaan CPNS PPPK Bulan Oktober Nopember, Catat Syarat dan Jadwalnya- Permintaan masyarakat ingin menjadi abdi negara semakin hari semakin banyak, salah satunya ASN masih menjadi primadona para pencari kerja setelah lulus SMA dan kuliah.

Penerimaan CPNS PPPK Bulan Oktober Nopember, Catat Jadwalnya
Penerimaan CPNS dan PPPK Oktober Nopember Desember

Dilansir dari situs Badan Kepegawaian Negara (BKD), ASN merupakan profesi untuk pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang bekerja pada instansi pemerintah.

Pembukaan CPNS harus menyesuaikan dengan kuota setiap instansi / kementerian, baik itu pusat maupun daerah. Ada beberapa alasan mengapa pemerintah harus buka lowongan pekerjaan ASN alias CPNS :

  1. Ada yang pensiun
  2. Ada yang meninggal
  3. Mutasi antar kementerian
  4. Mutasi dalam kementerian
  5. Berhenti / diberhentikan
  6. Pelayanan


Jika memenuhi enam alasan diatas, maka wajib membuka penerimaan ASN baru sesuai bidang yang dibutuh untuk meningkatkan pelayanan publik. Pada umumnya, calon peserta CPNS wajib melampirkan persyaratan umum.

Syarat Umum Calon Peserta CPNS


  1. Ijasah sesuai permintaan
  2. Transkip nilai sesuai permintaan
  3. KTP
  4. SKCK (setelah dinyatakan lolos tes)
  5. Surat keterangan dokter (tidak semua)
  6. Surat keterangan dari orang tua


Sebelum mendaftar, sebaiknya membaca persyaratan secara detail dan memamhaminya karena tes dimulai sejak pengumuman. Apabila kalian tidak memahami maka akan ada persyaratan administrasi yang tidak dilampirkan maka dinyatakan gagal.

Banyak sekali para calon peserta yang asal-asalan mengirim dan mengupload berkas, setelah pengumuman administrasi ditolak.

Setiap bulan September, Oktober, dan Nopember pemerintah pusat dan daerah sering kali mengadakan test CPNS.

Jika ada pengumuman test CPNS melalui sosial media atau situs selain situs resmi pemerintah yaitu BKN, jangan langsung dishare bisa jadi itu modus penipuan yang akan mengiming-imingi calon korban lolos CPNS tanpa test.

Untuk usia 35 tahun ke atas, jangan khawatir karena pemerintah telah menyiapkan program baru yaitu PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) dengan syarat tertentu.

Pemerintah akan membuka alokasi CPNS dan PPPK dengan kuota banyak khusus Tenaga pendidik (Guru) dan Tenaga kesehatan (Dokter dan perawat) ditahun 2019 ini. Dengan bertambahnya penduduk, kedua tenaga tersebut sangat dibutuhkan untuk melayani rakyat langsung.

Apa bedanya PNS dan PPPK?

Sebenarnya tidak ada bedanya, semua diperlakukan sama oleh pemerintah dan digaji sama, PPPK bagian dari ASN juga. Yang membedakan hanyalah dana pensiunan. Jadi silahkan daftar PPPK jika memang usia tidak memenuhi syarat menjadi PNS.

Jarang-jarang pemerintah mebuka peluan menjadi ASN dibulan Januari, Pebruari, dan Maret. Apabila ada pengumuman lengkap dengan jadwal test maka berhati-hatilah, sebaiknya cari info yang lebih detail, bisa jadi memang benar pemerintah membuka lowongan pada bulan tersebut ditahun 2020.

Seringkali Polri dan TNI membuka lowongan prajurit secaba dan tamtama di bulan Maret, April, Mei, dan Juni. Setiap tahunnya selalu ada di pisah menjadi 2 tahap.

Saran kami, selalu mencari info detail di situs BKN, BKD, dan Instansi terkait. biasanya akan diumumkan melalui Situs resmi, sosial media seperti Facebook dan Twitter.

Nah, bagaimana dengan kabupaten Bondowoso? tunggu pengumuman resminya ya.

Proses pelaksanaan CPNS dan PPPK itu Gratis, calon peserta tidak dipungut biaya sepeser pun. Segera laporkan bila ada yang memungut biaya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel