Mobil Bekas Bondowoso Jember Situbondo Banyuwangi

Mobil Bekas Bondowoso Jember Situbondo Banyuwangi - Membeli mobil bekas tak semudah beli motor bekas, selain harganya yang mahal pengetahuan tentang mobil masih jarang diketahui oleh banyak orang. Harga Mobil bekas tak selalu turun, kadangkala harga naik dengan menyesuaikan kebutuhan jual beli.

Mobil Bekas Bondowoso
Showroom mobil bekas | Foto : Net

Terkadang orang yang berpengalaman dalam jual beli mobil juga akan terkecoh dengan berbagai alasan, alasan yang sering terjadi yakni terburu-buru entah itu dari pembeli maupun penjual alhasil pembeli yang dirugikan.

Peminat mobil bekas di Bondowoso cukup tinggi, pada umumnya membeli mobil berplat Jakarta, Bandung, Bogor, Jawa Tengah, Bali, dan sekitar Jawa Timur karena harga sangat murah itupun sudah termasuk biaya balik nama BPKB.

Showroom mobil bekas Bondowoso murah dan berkualitas mudah kita temukan, karena memang mereka menjual secara profesional sesuai kualitas mobil.

Sebelum membeli mobil bekas atau second, alangkah baiknya mencari tips tentang mobil kepada orang yang berpengalaman dan jujur, jika susah menemukan orang tersebut bisa membaca tips dibawah ini.

Tips Membeli Mobil Bekas

Persiapan sebelum melihat mobil yang akan dibeli
1. Carilah sebanyak mungkin informasi di Internet tentang kelebihan dan kekurangan dari jenis-jenis mobil yang ditargetkan agar tidak kecewa nanti misalnya info tentang harga jual kembali, suku cadang murah & tersedia, mesin bandel, bensin ekonomis, kenyamanan dll.

2. Mengetahui dan mencatat kisaran harga standar dari mobil yang ditargetkan karena harga mobil dapat berbeda tergantung pada kondisi barang dan aksesori tambahan (pita, ban, roda dll) meskipun tahun yang sama dan jenis harganya dapat berbeda.

3. Menggali informasi dari penjual karena mobil pribadi pada umumnya akan lebih baik daripada taksi atau rental bekas. Area asal mobil juga menentukan kondisi mobil sebelum terlihat, misalnya mobil dari daerah dekat pantai / banjir akan membuat tubuh lebih korosif dll.

4. Bawalah senter untuk melihat bagian bawah mobil seperti tie rod, sasis, dll., Sebuah magnet kecil menguji bodi mobil (tidak terlalu, terutama bagi yang berpengalaman) dan tisu untuk mengecek oli.

5. Bawakan cukup uang 200 ribu-1 juta sebagai pertanda menjadi penjual agar mobil tidak dijual kepada orang lain saat masih dalam penawaran Anda,

6. Cobalah transaksi di rumah penjual / pemilik mobil dan ketahui tempat kerja penjual sehingga jika ada masalah lebih mudah untuk mengeluh

7. Buat janji dengan pemilik mobil di siang hari agar bisa lebih jelas melihat kondisi mobil.

Nomor Mesin Pencocokan, Chassis, No. Faktur dengan BPKB
  1. Match No. Machine dan No. Chassis dengan BPKB
  2. Periksa BPKB apakah nomor dan tanggal faktur BPKB sama dengan nomor dan tanggal faktur asli (jika ada)
  3. Periksa apakah mobil terdaftar di Kepolisian Daerah sesuai dengan BPKB, misalnya, untuk Kepolisian Metropolitan Jakarta dengan mengirim sms: B6692 ke 1717 (jika server tidak dalam keadaan pemeliharaan) maka akan ada Balasan SMS berisi informasi: nomor, jenis, merek, warna, tahun, masa berlaku STNK
  4. Perhatikan fisik BPKB jika mobil lama mungkin bukan BPKB baru. Untuk BPKB baru biasanya ada plastik dengan logo holografis di kepolisian
  5. Juga perhatikan bahwa pembayaran STNK untuk pajak mobil sudah jatuh tempo.
  6. Lihat layanan berkala mobil (jika ada) atau kartu ganti oli yang menunjukkan pemilik mobil setidaknya secara teratur merawat kendaraan

Melihat Kondisi Mobil

  • Jika Anda dapat mencoba melihat mobil di siang hari untuk membuatnya lebih jelas
  • Mobil diletakkan di lantai / tanah datar dan melihat dari depan dan belakang apakah bodi mobil miring atau tidak sehingga mobil tidak kencing.

Periksa mobil

LAKUKAN MOBIL DALAM URUTAN MENURUT INSTRUKSI DI BAWAH BAHWA SEMUA PERIKSA DAPAT DILAKUKAN DENGAN BENAR


Eksterior Mobil

1. Cat, Tubuh dan Chasis
  • Cat mobil: Lihat cat mobil secara keseluruhan jika ada warna yang berbeda, terutama di bagian depan, belakang dan samping (pintu mobil). Cat juga diperiksa apakah masih asli atau dicat ulang, cat asli meskipun catnya lebih baik daripada mobil yang dicat ulang karena kita akan tahu bodi asli di balik cat. Pilihan warna mobil juga penting karena warna cat perak akan lebih mudah dijual kembali daripada putih.
  • All Body: Lihat kondisi atap, samping dan bawah mobil. Cari timah dan tidak banyak dempul. Jangan keropos. Bisakah bodi bisa diketahui dengan punggung jari tengah yang mengetuk badan apakah bunyinya keras dan bergetar jika ya berarti bodi mobil masih bagus atau menempelkan magnet kecil di badan jika magnet bisa menempel di badan.
  • Tubuh Depan dan Belakang: Buka penutup engine, lihat keni atau sambungan logam antara bodi asli atau sambungan yang dilas sebelumnya. Lihatlah tulang-tulang bingkai di dekat lampu utama, jika kondisinya tidak lurus atau banyak dempul, pasti mobilnya mengalami tabrakan parah, membatalkan niat untuk membeli mobil. Begitu juga untuk bodi belakang. Periksa juga bodi belakang, buka pintu belakang dan tutup kembali jika kencang, mudah dan simetris.
  • Chassis dan Lantai: Lihat di bawah mobil jika tubuh bagian bawah mobil korosif, sasis retak, lantai berlubang dll.
  • Tubuh Simetris: Tubuh harus terlihat simetris antara kanan dan kiri yang berarti tidak pernah menabrak. Mobil tidak pernah bertabrakan dengan tubuh yang asimetris.
  • Bemper: periksa bemper jika rusak, retak atau utuh.

2. Peredam Kejut
Tekan bagian atas ban mobil atau goyangkan mobil perlahan jika mobil goyang perlahan dan tidak berdering.

3. Pintu karet
Lihatlah pegangan pintu karet di setiap bagian pintu jika masih utuh dan bandingkan dengan bagian pintu yang lain. Mobil itu penuh dan karet asli akan seragam dan berwarna sesuai dengan usia mobil.

4. Engsel Pintu
Buka dan tutup pintu jika masih terkunci rapat dan tidak goyang.

5. Kaki-kakinya
Dengan dongkrak buaya, dongkrak roda depan mobil, putar setir dan lihat ikat akar, Ball joint dan Bushing masih bagus ketika setir diputar. Dan pastikan tidak ada suara aneh saat setir diputar.

6. Ban Mobil
Periksa ban jika permukaan ban kosong atau ada benturan jika benturan tidak baik, ban tidak habis secara merata. Lihat juga tahun pembuatan ban karena ban memiliki masa kerja normal 3 tahun. Ban bekas jangan digunakan.

Produksi dapat dilihat dengan aturan umum dibuat hitungan minggu dan tahun. Contoh Kode Ban IV2008 berarti Ban dibuat untuk minggu ke-4 2008 atau kode ban FAT2510: Ban dibuat untuk minggu ke-25 tahun 2010

Ban cukup penting karena harga 1 ban bagus + 1 juta, 4 ban berarti 4 juta.

Interior Mobil
1. Bau dan aksesori di dalam mobil
Bau dan aksesori di dalam mobil menunjukkan kepribadian pemiliknya, aroma harum dari aksesori yang rapi dan pertanda lengkap bahwa pemiliknya rajin merawat kendaraan. Bau apak dari aksesoris yang acak-acakan adalah tanda bahwa mobil jarang dirawat dan bau apak juga dapat berarti bahwa mobil bekas kebanjiran.

2. Interior
Lihatlah atap di dalam mobil dan jok masih asli jika tidak, bukankah pembungkus jok asli. Karena ini adalah poin tersendiri untuk menilai mobil asli. Lihat juga apakah aksesori dan sabuk pengaman masih berfungsi.

3. Dasbor dan Panel

Periksa Dashboard jika ada yang rusak atau rusak serta panel lain seperti AC Panel, Doors, Mirror dll.

4. Lantai mobil
Buka karpet dan periksa apakah lantai mobil masih utuh dan tidak keropos. Jika karpet tidak dapat dibuka, lihat apakah karpetnya kering atau basah karena air masuk dari bawah mobil.

Mesin Mobil

1. Mesin
Buka kap mesin dan lihat apakah mesin mobil kering. Tidak ada kebocoran minyak. Jika basah dari minyak, verpak mungkin bocor dan akan ada banyak masalah di masa depan.

2. Minyak
Ambil tongkat indikator oli, bersihkan dengan tisu dan masukkan kembali lalu ambil kembali, periksa tingkat ketinggian di ujung tongkat. Tinggi oli normal adalah di antara garis-garis Rendah dan Penuh. Jika oli berada pada level terendah dan terlihat kotor, sangat mungkin oli akan memasuki ruang bakar. Bisa juga karena minyak jarang diganti untuk waktu yang lama

(CARA INI DITERAPKAN SAAT MOBIL TIDAK DIMAKSUDKAN, MINYAK AKAN DIURANGI SAAT MOBIL DIAKTIFKAN. KARENA MINYAK SAJA SAMPAI DENGAN MESIN).

3. Listrik
Periksa ruang mesin untuk kabel tambahan yang tidak standar dan tidak rapi, terutama Kutub Positif pada Baterai yang menunjukkan banyak aksesori listrik tambahan. Uji kelistrikan dengan menyalakan mesin mobil dan menyalakan AC, selotip, lampu power window dan perangkat lainnya. Kemudian tekan akselerator dan periksa apakah perangkat listrik masih berjalan normal.

Test Drive Mobil

Sebelum Anda mencoba mobil, minta teman Anda atau penjual mobil untuk memulai mobil dan Anda melihat yang berikut:

Asap Knalpot Mobil
Ketika mesin dingin (Lihat indikator suhu mesin jika mobil AKTIF / AKTIF) hidupkan mesin, kemudian tekan gas dengan kuat, lihat lubang pembuangan apakah asapnya keluar dalam bentuk embun air atau kotoran minyak, jika kotoran minyak keluar lebih baik pertimbangkan dulu untuk mencari yang lain.

Perhatikan warna asapnya

Putih: Berarti segel katup bocor (busi cepat mati)
Biru: Cincin piston lemah. (Kebocoran minyak di ruang bahan bakar)
Hitam: Karburator dalam kondisi kotor (boros bensin)
Apa yang normal adalah ketika gas tiba-tiba asap coklat gelap sedikit kemudian menghilang dengan segera.

2. Suara Mesin
Nyalakan mesin, pertama kali atau mesin masih dingin, kadang-kadang suara kletek-kletek masih masuk akal, tetapi setelah panas suara mesin harus halus, normal, tidak ada suara asing. Terutama dengarkan suara mesin di area mesin (area busi) jika ada suara ketukan, jika akan ada banyak biaya tambahan untuk memperbaikinya. Suara normal mobil bensin ketika di gas halus dan ringan sementara mobil diesel garing dan garing

Mulai Test Drive

1. Panel Kontrol
Periksa apakah setiap kontrol masih berfungsi, mulai dari lampu depan dekat / jauh, lampu parkir, wiper, penyemprot air, pembuka kaca, kunci pintu, Panel Speedometer, Termometer, Indikator Bensin, baterai, kontrol AC, Kaca Spion, suara pita dll.

2. Roda Kemudi
Mulai mobil di jalur lurus dengan kecepatan 30-40 km, longgarkan pegangan tangan di setir, perhatikan cara mobil stabil, lurus atau terbanting kanan / kiri. Jika setir kanan / kiri itu bisa Tierod, Ball joint dan bushing bermasalah atau jika semua komponen normal itu berarti roda belum dicabut dan diseimbangkan

Setelah selesai test drive dapat dilakukan spooring test oleh Jack car front dan goyangkan ban keluar masuk apakah goyang atau tidak. Tierod dan Balljoint karena bahan logam bisa terlihat menggores dengan benda keras sehingga bentuknya tidak sempurna. Bushing yang terbuat dari karet dapat diperiksa dengan menekannya ketika itu keras atau retak, karet harus diganti.

3. Rem
Jalankan mobil pada kecepatan 40-50 km di jalan yang lurus, kering, dan lebar lalu rem merasakan apakah pedal rem bergetar saat ditekan. Jika demikian, sangat mungkin permukaan pemecahan tidak rata sehingga ketika kampas kampas rem, naksir komponen ini tidak rata dan ini sangat berbahaya jika macet dapat menyebabkan kecelakaan. Saat pengereman, mobil segera berhenti stabil, atau berhenti miring. Jika berhenti memiringkan satu rem terjebak atau tidak berfungsi.

4. Transmisi
Setelah gigi 1 bergerak ke gigi berikutnya dan merasakan pergeseran gigi: - Manual: Memindahkan gigi terasa mudah, halus, diam dan kopling tidak tergelincir - Otomatis: Tidak ada penundaan saat memindahkan gigi. Biasanya ketika tuas dari posisi P (Taman) dipindahkan ke R (Terbalik / Terbalik) saat menginjak pedal rem, akan terasa tersentak-sentak tetapi masih terasa lembut. Begitu pula jika tuas dikembalikan ke posisi N (Netral) dan dipindahkan ke D (Drive).

5. Kaki-kakinya
Mulai mobil, putar mobil jika ada suara aneh seperti derit atau lainnya jika perlu, ambil jalan berlubang atau bergelombang untuk menguji fungsi peredam kejut. Rasakan dan dengarkan bunyi peredam kejut ketika mobil turun dan naik dari lubang seandainya mobil bergetar perlahan dan tidak terdengar dagdug saat memasuki ban masuk dan keluar lubang.

6. Per dan Velg
Jika ada pencarian standar, bukan modifikasi serta roda karena biasanya ketika rekan dimodifikasi datar atau roda / ban diganti dengan diameter yang lebih besar, bagian bawah mobil sering mengalami masalah seperti di bawah banyak goresan karena menabrak aspal, spareboar bertabrakan dengan ban dll.

Peralatan Mobil
Dongkrak, Ban Cadangan, Kunci Ban, Segitiga Pengaman adalah barang wajib yang harus disertakan saat mobil digunakan. Tanyakan barang-barang ini jika ada.

Peralatan tambahan lainnya adalah senter, kotak P3K, 1 set kunci pas, pemadam api, jerigen, dll.

SARAN
  1. Jangan membeli mobil kedua jika Anda tidak tahu mesin mobil dan bodi mobil bersamaan dengan legalitas kelengkapan surat itu. Undang teman yang benar-benar tahu mobil kedua saat Anda membeli mobil.
  2. Jangan mempercayai tenaga penjual mana pun. Lihat dan uji sendiri kondisi mobilnya jika Anda yakin dan menyukainya .. beli, kalau tidak tinggalkan.
  3. Beli mobil kedua harus bersabar, jangan langsung melihat terus dibeli apalagi terlihat bersemangat untuk segera membelinya karena penjual akan bertahan dengan harganya, cukup bersabar dan coba mobil pertama setelah membelinya oke.
  4. Beli mobil kedua dalam kondisi asli cat meskipun cat sudah habis.
  5. Beli mobil dari seseorang yang Anda kenal lebih baik dari seseorang yang tidak Anda kenal.
  6. Siapkan dana untuk perbaikan mobil agar mobil benar-benar nyaman ketika digunakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel