Kacang Macadamia Bondowoso

Kacang Macadamia Bondowoso - Kacang memang dikenal cemilan paling enak dimakan kapan saja, bisa menyebabkan ketagihan dan sulit berhenti untuk tidak memakannya sebelum habis. Terutama saat menonton TV atau film favorit, sambil ditemani minuman segar.

Kacang Macadamia Bondowoso
Kacang Macadamia | Foto : Net

Berbagai jenis kacang, ada kacang macadamia yang kaya manfaat. Berbicara tentang kacang macadamia, ternyata Kacang Makadamia juga di perjual belikan di Bondowoso. Di beberapa pertokoan pecinan ada yang menjualnya dengan kiloan maupun kemasan.

Budidaya Kacang Macadamia ini sangat mudah apalagi didaerah beriklim tropis seperti Indonesia namun jarang sekali orang yang menanamnya karena syarat tumbuh kacang ini minimal 400 meter diatas permukaan laut (mdpl).

Kacang Macadamia berasal dari Australia tumbuh subur di dataran tinggi Blawan Ijen Bondowoso dnegan ketinggian diatas 1000 mdpl. Kulit kacang yang sangat keras layaknya kemiri rempah-rempah. Harga Kacang Macadamia pecah mentah dibandrol seharga Rp 300.000 - Rp 400.000 per kg.

Kacang Macadamia ini merupakan kacang termahal didunia, dibalik harganya yang mahal ternyata menyimpan banyak manfaat dan khasiat. Tapi apakah kamu tahu bahwa kacang ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan?

Manfaat Kacang Macadamia

1. Mencegah kelaparan

Kacang bundar ini memiliki banyak lemak jenuh, dan serat. Kedua nutrisi ini dapat membantu kita menjadi kenyang lebih lama, jadi kita tidak mudah lapar.

2. Camilan sehat untuk diet

Karena bisa mencegah rasa lapar, kacang macadamia bisa menjadi camilan sehat bagi mereka yang sedang diet. Selain itu, mengutip jurnal PubMed 2014, kacang macadamia adalah sumber asam palmitoleat atau omega-7.

Dalam sebuah studi domba yang diberi asam palmitoleat selama 28 hari, hasilnya menunjukkan penurunan berat badan 77 persen. Studi lain menemukan bahwa tikus yang mengonsumsi minyak alami yang berasal dari ukuran sel lemak macadamia menyusut setelah 12 minggu.

3. Mengurangi risiko sindrom metaboli

Sindrom metabolik adalah suatu kondisi di mana peningkatan risiko diabetes, stroke, hingga penyakit jantung. Termasuk juga, tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol, dan lemak berlebih di perut.

Tentu saja jika seperti ini, kesehatan perlahan menurun. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi kacang macadamia sebagai camilan untuk menangkal berbagai penyakit mematikan.

Sebuah studi dalam jurnal PubMed menemukan: risiko sindrom metabolik menyusut seperti seseorang yang makan 1-3 ons kacang macadamia; terutama pada orang yang menderita diabetes tipe 2.

4. Menjaga kesehatan usus

Manfaat kacang macadamia dan seterusnya adalah dapat menjaga kesehatan usus. Meluncurkan database jurnal PubMed, serat dalam kacang macadamia bertindak sebagai probiotik yang merupakan makanan utama bagi bakteri baik di usus.

Dengan begitu, bakteri baik bisa menghasilkan asam lemak rantai pendek (SCFA); seperti asetat, butirat, dan propionat yang dapat mengurangi peradangan dan juga mengobati penyakit yang berasal dari usus besar.

5. Lindungi otak

Dalam sebuah studi tahun 2014 di jurnal Bosnia ilmu kedokteran dasar, kandungan tokotrienol dalam kacang macadamia membantu mengobati sel-sel di otak dari efek glutamat.

Dengan begitu, makan kacang macadamia dapat mengobati otak dari penyakit Alzheimer, dan Parkinson. Namun sayangnya, penelitian lebih lanjut tetap hanya pada hewan, dan tidak ada penelitian pada manusia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel