Entry Aplikasi ePKH Kemsos Lemot, Ini Solusinya dari Master Website

Entry Aplikasi ePKH Kemsos Lemot, Ini Solusinya dari Master Website - Peluncuran aplikasi e-PKH beberbasis digital oleh Kemsos ini membuktikan bahwa PKH telah siap menyongsong era insdustri 4.0 namun apakah artinya jika susah diakses. Padahal tujuan utamanya adalah mempermudah kirim laporan ke pusat tanpa loading.

Akhir-akhir ini pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) diwajibkan mengirim pemuktahiran laporan melalui epkh.kemsos.go.id berupaya file PDF, JPG, atau PNG ditambah lagi laporan P2K2 FDS.

Bukan karena laporan yang banyak harus dikirim tetapi masalah website epkh.kemsos.go.id yang lemot bin super duper lambat, terkadang 500 internal server error walaupun telah dibentuk sistem zonasi.

Sebelumnya para pendamping hanya melakukan pemuktahiran menginput / entry data nama keluarga penerima manfaat (KPM) tapi seiring dengan kebutuhan, pendamping diharuskan mengupload data KPM berupa PDF, JPG, atau PDF.

Entry ePKH Kemsos Lambat, Ini Solusinya dari Master Website
ePKH Login

Hal ini semakin merepotkan pendamping, karena apk epkh lemot diakses mulai dari login, entry, hingga upload file. Tidak kebayang mereka yang ada di daerah pelosok harus jauh-jauh datang ke kota untuk mencari jaringan internet berjarak ratusan kilometer.

Mencari cara membuka server yang lambat di pondok Google berharap akses entry cepat, koneksi internet lancar tanpa loading lama tapi hasilnya nihil. Ping website epkh ratusan kali tetap saja lemot di akses melalui android dan komputer.

Ada yang menyarankan menggunakan VPS supaya dapat mengakses epkh dengan mudah layaknya upload film-film dengan kapasitas 1 gigabyte hanya dalam waktu kurang dari 1 menit. Ini sangat berbahaya, jangan dilakukan karena data penting yang dikirim ke pemerintah.

Dan adapula yang menyarankan memakai aplikasi VPN untuk epkh, ini juga berbahaya. Pemakaian VPN gratisan bisa jadi disisi v!rus R4ns0mew3re yang berujung Lpatop, PC, dan smartphone di kunci.

Fungsi VPN itu hanya membypas jalur, misal akan melakukan perjalanan dari Surabaya ke Jakarta. Jika jalur Pantura ditutup, kalian bisa lewat jalur selatan. Tidak kebayang VPN yang digunakan negara Amerika, sedangkan yang digunakan server XI (Indonesia) ada di Jakarta, itu berarti untuk menuju Jakarta kalian lewat Amerika.

Solusi ePKH Kemsos Lancar

Sekilas jika kita lihat isi dari aplikasi website e PKH sangat sederhana dan simple namun anehnya sangat lambat pada saat diakses. Ini yang jadi pertanyaan para pendamping PKH.

Bagaimana solusinya?
Solusinya hanya menambah Bandwith pada server website epkh. Apa itu Bandwith? bagi yang berkecimpung didunia website pasti tahu Bandwith.

Bandwith adalah Kapasitas Maksimal besar transfer yang dapat dilakukan pada satu waktu dalam pertukaran data dalam satu jalur.

Perumpamaan Bandwith 100Mb dapat diakses 200 orang jika lebih akan overload, maka jika anggota pendamping PKH ada 1000 orang dibutuhkan minimal 500mb. Bandwith 100mb bisa diakses 500 orang namun dengan syarat bergantian tapi itu mustahil.

Jika Bandwith tidak diatasi oleh Tim, jalan satu-satunya yang harus kalian lakukan adalah ping command, dan itu membosankan.

Disitu kita tahu cara mengatasi epkh lemot susah diakses, bukan koneksi internet kita yang lambat, bisa jadi Bandwith kurang besar untuk dapat diaksses banyak orang.

Mudah-mudahan situs kesayangan kemensos ini mendapat perhatian lebih agar kinerja pendamping lancar dan semangat mengirim laporan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel