Ayam Aduan Bondowoso

Ayam Aduan Bondowoso - Cara membuat ayam petarung menang tentu membutuhkan keseriusan, ketekunan, dan teknik. Warga Bondowoso juga pegiat ayam aduan, namun sebatas hiburan semata (trend) dan jual beli, tak ada unsur kriminal.

Ayam Aduan Bondowoso
Ayam Aduan Bondowoso

Peternak Ayam aduan biasanya berada di daerah pedesaan yang memiliki lahan cukup dan asri. Jenis ayam aduan yang sering diadu dan di budidayakan adalah Ayam Bangkok Thailand, Ayam Birma, dan Ayam Saigon Vietnam.

Meski sebenarnya, secara umum, mencetak ayam dengan hasil yang baik bisa dikatakan mudah dilakukan dengan berbagai cara. Selain karena indukan yang bagus sempurna, dengan dilakukan latihan secara rutin dan teratur akan terbentuk calon ayam aduan lihai dalam bertarung di arena.

Selain itu, saat melatih penggemar ayam atau peternak juga menyesuaikan dengan berat badan dan usia ayam. Paling tidak, umur ayam sudah menginjak 8 bulan atau setelah ayam bergabung. Umur 8 bulan dapat kita ketahui calon ayam petarung dengan melihat fisik dan teknik lainnya.

Cara Melatih Ayam Aduan Agar Menang

Berbagai latihan teknik calon ayam petarung yang harus dilakukan meliputi:
  1. Lari atau mainkan. Latihan ini berfungsi untuk memperkuat nafas (stamina) dan secara alami mengembangkan otot paha. Selain itu, latihan ini bisa memperkuat mental ayam di arena.
  2. Pucat (push up, jantur, massage, dll.). Latihan ini memiliki tujuan membentuk otot di bagian-bagian tertentu. Seperti sayap, paha, leher, dll.
  3. Umbar (lepas dari kandang). Latihan ini memiliki fungsi untuk meningkatkan stamina dan menjaga kesegaran ayam. Dengan demikian, ayam terhindar dari stres.
  4. Pasir Umbar (menipu). Latihan ini digunakan untuk melenturkan atau mengendurkan semua otot-otot tubuh ayam yang terasa kaku.
  5. Berenang. Latihan ini memiliki tugas memperkuat semua otot tubuh dan meningkatkan stamina.
  6. Abar (ditendang). Latihan ini bertugas meningkatkan stamina, otot, mental, dan daya tahan.
  7. Abar bungkus taruhannya. Latihan ini bermanfaat untuk meningkatkan mental, teknik bertarung, dan stamina.

Jadwal latihan harian ayam aduan yang tepat dan benar

  1. Setiap pagi di 7 ayam dimandikan dan kemudian dikeringkan selama 2 jam (terpanjang). Kemudian pindah lagi ke kandang gudang sampai tengah hari (jam 12 siang). Setelah itu letakkan kandang. Pada pukul 15 (15:00), ayam dilepaskan lagi dan diberi sejumlah pakan 
  2. Pagi dimandikan, dikeringkan selama kurang lebih 4 jam (lihat cuaca). Satu jam kemudian diberi makan. Setelah itu, ayam dimasukkan ke dalam umbar sehingga bisa bergerak bebas saat mencerna makanannya. Pada pukul 17, ayam bisa dimasukkan ke dalam kandang.

Latih ayam sebelum bertanding

  • Olahraga teratur setiap hari
  • Pemberian pakan tambahan (obat herbal): telur, madu, dan jeruk, seminggu sebelum jatuh dan obat herbal H-5 dihentikan
  • Pemberian 0,5 ml injeksi neorobian
  • Ayam dikarantina

Perawatan Setelah ayam diadu (bertanding)

  • Pemberian 0,5 ml injeksi Teramycin ke ayam
  • Memberikan 2 kapsul trimisin.
  • Memberikan 1 item obat herbal
  • Pemberian tetayokcin (betadine) pada luka
  • Mandi ayam dengan air rebusan dengan daun sirih dan jahe
  • Hari berikutnya mandi dengan air hangat normal (pada bagian yang terluka) sampai kulit terkelupas.

Itulah diatas cara agar ayam aduan menang dalam kompetisi aduan, banyak tips lainnya yang bisa kalian coba. Jangan lupa sering-seringlah memberi ramuan jamu ayam aduan secara alami tanpa ada bahan campuran obat kimia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel