Tips Merawat Busi Mobil Agar Awet Bertahun-tahun

Tips Merawat Busi Mobil Agar Awet Bertahun-tahun - Bulan Desember hingga Januari merupakan puncaknya hujan di negara tropis, kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta dan Surabaya di sekitarnya sering mengalami banjir yang membuat mesin kendaraan sering mati.

Busi rewel di pagi hari sangat menyebalkan sekali apalagi dalam perjalanan jauh dari bengkel, Ingin buka busi sendiri, tidak membawa perlengkapan  Kami membagikan Tips Merawat Busi Mobil agar awet bertahun-tahun yang dilansir dari situs dealertoyotajakarta.com.

Karena alasan busi awet ini, berikut mungkin berguna agar perjalanan Anda tetap lancar tanpa mengalami gangguan.

Tips Merawat Busi Agar Awet Bertahun-tahun
Foto Busi Baru

Kali ini, yang akan diberikan di sini adalah Tips Merawat Busi Mobil Toyota, terutama saat musim hujan seperti sekarang ini.

Sebelum mengetahui cara merawat atau memeriksa kondisi busi, tentu saja kita harus tahu lebih banyak tentang busi dan fungsi busi itu sendiri di kendaraan bermotor.

Ada dua fungsi utama busi pada Avanza Veloz favorit Anda atau Toyota Yaris, yang pertama adalah sebagai sumber pengapian di mesin untuk bahan bakar serta distributor panas yang berasal dari ruang bakar mesin.

Sebagai sumber pengapian, busi memicu api yang merupakan arus listrik yang berasal dari sistem pengapian mobil.

Mari kita mulai dari memeriksa busi mobil, lihat ujung insulator, jika ujung isolator bersama dengan elektroda coklat mendekati merah atau abu-abu terang, maka busi masih dalam kondisi baik sesuai dengan standar pabrikan.

Tetapi jika Anda melihat elektroda dan isolator tertutup hitam seperti jelaga, maka Anda segera memeriksa filter udara, setelan atau tersedak mekanis, karena dapat menyebabkan limbah bensin, emisi gas buang tinggi dan sulitnya mesin di starter.

Jangan lupakan juga komponen pendukung seperti kabel busi karena sama pentingnya. Kabel busi berguna untuk menyalurkan listrik dari koil sehingga listrik dapat diubah menjadi bunga api.

Dan tentu saja apa yang perlu dilakukan agar komponen penghasil busi dapat bertahan lama tanpa gangguan yang signifikan, lakukan pengecekan busi secara teratur, yang perlu diperhatikan agar tidak menggunakan kunci inggris saat membuka busi.

Bersihkan busi dengan kain bersih dari karat atau kotoran yang menempel. Periksa juga penutup busi, apakah masih dalam kondisi baik atau tidak cukup baik.

Setidaknya 1 bulan sekali dibersihkan, minimal menghilangkan bekas bakar pada ujung busi dengan amplas halus. Hati-hati jika melepas busi agar tidak merusak ulir slek dan blok busi supaya tidak longgar, solusinya gunakan kunci yang pas atau serahkan pada ahlinya.

Demikian tips untuk merawat busi mobil, mungkin ini solusi pas mobil kesayangan sering . Dengan perawatan maksimal, busi akan berfungsi dengan baik untuk membuat perjalanan menyenangkan saat mengendarai kendaraan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel