Suwar Suwir, Oleh-oleh Khas Bondowoso Yang Wajib Kamu Beli

Suwar Suwir Oleh-oleh Khas Bondowoso - Kota Bondowoso ini memiliki makanan khas yang sudah ada sejak zaman kuno sebelum Indonesia merdeka, yaitu Tape.

Produksi tape yang melimpah memberikan inisiatif bagi masyarakat Bondowoso untuk berinovasi dalam membuat makanan dari tape yang diproses yakni Suwar Suwir.

Suwar Suwir, Oleh-oleh Khas Bondowoso Yang Wajib Kamu Beli
Suwar Suwir 37

Suwar Suwir adalah makanan yang dibuat menggunakan bahan-bahan tape yang difermentasikan juga. Bahan untuk membuat suwar suwir terdiri dari tepung, tape, gula dan santan kental.

Suwar suwir diklasifikasikan sebagai makanan ringan. Meski begitu, suwar suwir juga memiliki kandungan nutrisi yang baik. Berdasarkan kandungan nutrisinya makan khas Bondowoso ini tidak mengandung kolesterol sehingga bisa dikonsumsi siapa saja.

Makanan yang satu ini juga cocok dan pantas untuk dijadikan oleh-oleh ke luar kota pengganti tape walaupun di kota lain juga ada makan ringan ini apalagi menjamu tamu spesial dirumah.

Rasa suwar suwir khas Bondowoso berbeda dengan kota lain walaupun bahan dasarnya sama. Pertama kali anda menggigit, Anda merasakan sensasi rasa manis, asam, dan manis di lidah. Meskipun berasal dari campuran tape, aroma tape tidak begitu terasa.

Merk dagang tape pada umumnya menggunakan angka misal suwar suwir 37 yang di produksi Bapak Junaedi desa Jeruk Sok Sok Kecamatan Binakal Bondowoso yang bersebelahan dengan produsen tape 77.

Konon sudah ada sejak zaman Belanda namun berbeda dengan zaman sekarang. Pada kolonial Belanda, Suwar suwir dibuat dari campuran buah-buahan.

Makanan ini sangat populer di kalangan orang Belanda yang tinggal di Bondowoso. Buah tersebut dicampur dengan singkong untuk membentuk rasa campuran.

Setelah adonan mengeras akan muncul tekstur buah yang dicampur sehingga cara memakannya harus dilepas satu per satu.

Itulah sebabnya makanan ini disebut Suwar Suwir. Seiring dengan perkembangan zaman mengalami perubahan mulai dari tekstur hingga ke rasa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel