Spesifikasi dan Revisi Honda CB1000R

Penjualan motor lebih dari dua kali lipat sejak 2012, dan rata-rata pembeli berusia 45-55 tahun dengan pengalaman berkuda selama dua dasawarsa menengah. Yang tidak menginginkan motor yang terlihat seperti mereka diluncurkan dari video demo.


Spesifikasi dan Revisi Honda CB1000R
Honda CB1000R

Honda telah merespons dengan mengubah CB1000R dari motor sport run-of-the-mill menjadi pembalap modern.

Spesifikasi Honda CB1000R

Engine
Type: Liquid-cooled, transverse in-line four
Displacement: 998cc
Bore x Stroke: 75.0 x 56.5mm
Compression Ratio: 11.6:1
Valve Train: DOHC w/ 4 valves per cyl.
Valve Insp. Interval: 16,000 miles
Fuel Delivery: PGM-FI w/ throttle-by-wire & 44mm throttle bodies x 4
Lubrication System: Wet sump, 3.2-qt. cap.
Transmission: 6-speed, hydraulically actuated wet assist-and-slipper clutch
Final Drive: O-ring chain

Electrical
Ignition: Fully transistorized
Charging Output: 350 watts max.
Battery: 12V 8.6AH

Chassis
Frame: Mono-backbone steel frame, single-sided cast aluminum swingarm
Wheelbase: 57.3 in.
Rake/Trail: 24.7 degrees/3.8 in.
Seat Height: 32.7 in.
Suspension, Front: fully adj., 4.7-in. travel, 43mm USD fork
Rear: Single shock, adj. for spring preload & rebound damping, 5.2-in. travel
Brakes, Front: Dual 310mm floating discs w/ 4-piston monoblock radial opposed calipers & ABS
Rear: Single 256mm disc w/ 2-piston pin-slide caliper & ABS
Wheels, Front: Cast, 3.5 x 17 in.
Rear: Cast, 6.0 x 17 in.
Tires, Front: 120/70-ZR17
Rear: 190/55-ZR17
Wet Weight: 465 lbs.
Load Capacity: 388 lbs.
GVWR: 853 lbs.

Performance
Fuel Capacity: 4.3 gals., last 1.0 gal. warning light on
MPG: 91 PON min. (low/avg/high) 32.1/35.9/39.5
Estimated Range: 154 miles
Indicated RPM at 60 MPH: 4,250

Honda mengganti bodywork swoopy dengan profil kekar dengan garis yang lebih keras, logam yang lebih terbuka dan nacelle headlight bulat klasik yang dilengkapi LED modern.
Cat hitam dengan kepingan perak kontras dan tepi mesin pada engine memberi CB1000R baru tampilan yang edgy dan industri.

Tetapi penemuan kembali itu lebih dari sekadar kulit luarnya saja. Honda mengatakan CB-cooled, 998cc, DOHC in-line empat menghasilkan lebih banyak output-121,8 tenaga kuda pada 9.900 rpm dan torsi 69 lb-ft pada 8.400 pada dyno Jett Tuning berkat port yang lebih besar dan berkurangnya tekanan pada intake, lebih banyak pengangkatan katup, kompresi yang lebih tinggi, yang ditempa daripada piston yang dilemparkan dan badan throttle yang lebih besar, dan rasio gigi yang lebih rendah menambah lebih banyak bunyi selama akselerasi.

Kami hanya dapat menjalankan dyno parsial karena elektronik sepeda motor menolak roda depan stasioner, tetapi masih menghasilkan sekitar 10 persen lebih banyak tenaga kuda dan torsi.

Knalpot baru, kerangka mono-tulang baja dan pelat pivot rangka aluminium semuanya lebih ringan dari sebelumnya, dan berat trotoar hanya 465 pound, turun 17 pound.

Seperti sebelumnya, CB1000R memiliki aluminium cast, swingarm satu sisi, yang memamerkan roda belakang 10-spoke baru yang lebih lebar. Swingarm lebih pendek tetapi bingkai yang lebih panjang meregangkan jarak sumbu roda menjadi 57,3 inci, naik dari 56,9.

Revisi pada suspensi termasuk garpu Showa SFF-BP 43mm sepenuhnya dapat disesuaikan, terbalik, pegas lebih ringan dan pengaturan revisi untuk guncangan Showa dan peningkatan travel depan dan belakang (4,7 / 5,2 inci, naik dari 4,3 / 5.0).

Pengembalian tidak berubah adalah pengikat Tokico yang sangat baik, yang memberi tahu pengendara apa yang sebenarnya terjadi dan menggosok sedikit atau banyak kecepatan dengan upaya minimal, dan 2-kanal ABS sekarang menjadi standar.

CB1000R yang baru memancarkan kehalusan, jenis kesopanan dan ketepatan yang menjadi ciri khas Honda selama beberapa dekade.

Sementara throttle model sebelumnya terlalu sensitif, throttle-by-wire baru tidak pernah berhenti berdetak, dan sekarang ada mode berkendara (Sport, Street and Rain) dengan tingkat respons throttle yang telah ditentukan, pengereman engine dan kontrol traksi, plus Pengguna mode memungkinkan pengendara untuk mengatur kombinasi parameter ini dan mematikan kontrol traksi sepenuhnya.

Ini mungkin terlihat seperti petarung tangan kosong, tetapi CB1000R memiliki ketenangan dan ketangkasan penari balet.

Ringan dengan sasis yang kokoh, CB berputar dan bertransisi dari sisi ke sisi dengan mudah, dan ban Bridgestone Battlax Hypersport S21 menyediakan pegangan penangkap lalat. Bahkan dengan input yang agresif, ia tetap tenang, jarang keluar dari bentuk.

Menambah nuansa halus CB1000R adalah mesinnya yang halus dan transmisi 6 percepatan yang halus, dibantu oleh kopling assist-and-slipper baru yang mudah digerakkan.

Terlepas dari mode pengendaraan, pengiriman daya selalu linier dan dapat diprediksi, meskipun ketika putaran menurun di tikungan lambat, tidak ada cukup gerutuan untuk meluncurkan roket ke arah pintu keluar. Jaga putaran di atas 7.000 rpm dan semuanya berwarna emas.

Kenyamanan juga merupakan bagian dari daya tarik sepeda motor di kalangan pengendara paruh baya. Puluhan tahun pekerjaan penuh waktu, sering duduk di meja, telah memberi kami pegangan cinta dan nyeri punggung bawah kronis.

Sepeda motor dengan posisi duduk tegak memungkinkan kita untuk bersenang-senang dan masih bisa berjalan keesokan harinya. Itu benar dari CB1000R, yang membutuhkan sedikit tikungan ke depan untuk mencapai stang dan memiliki tempat duduk yang rata dan nyaman, meskipun pijakan kaki tinggi sehingga tekukan lutut mungkin menjadi masalah bagi sebagian orang.

Reinvention bukanlah tugas yang mudah. Honda CB1000R 2018 terlihat dan berkinerja lebih baik, dengan gaya yang lebih khas, bobot lebih ringan, tenaga ekstra, teknologi seperti ABS dan throttle-by-wire, instrumentasi baru dan banyak lagi.

Namun, meski saya menghargai kehalusan dan kesopanan, CB1000R membutuhkan lebih banyak mojo lebih banyak kulit dari knalpot, lebih kasar di rpm rendah yang mengubah sepeda motor dari mesin menjadi kendaraan pengiriman untuk emosi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel