Sering Lupa Naruh Kunci Kontak, Anak SMK Buat Aplikasi Hidupkan Motor dengan Sidik Jari

Sering Lupa Naruh Kunci Kontak, Anak SMK Buat Aplikasi Hidupkan Motor dengan Sidik Jari - Mengaku sering lupa meletakkan kunci kontak sepeda motor. Agung kemudian mempelajari konsep penggunaan sidik jari untuk pengapian melalui media sosial yang membagikan video YouTube.

Agung dibantu oleh Gede untuk memasang kunci pada sepeda motornya, dan kunci itu berhasil dinyalakan hanya dengan sentuhan ibu jari pada bidang perekam sidik jari.

Sering Lupa Naruh Kunci Kontak, Anak SMK Buat Aplikasi Hidupkan Motor dengan Sidik Jari

"Perangkat itu dipasang oleh Gede, yang memang pandai otak atik motor. Setelah itu, saya tidak lagi bingung kehilangan kunci, hanya ibu jari, motor bisa dihidupkan," katanya .

Uniknya alat ini bisa mengeluarkan suara saat digunakan. Ada suara 'selamat datang kembali pak, silakan letakkan jari Anda untuk menghidupkan mesin' atau 'Selamat datang sir, silakan letakkan jari Anda untuk menghidupkan mesin', lalu 'nyalakan mesin' atau 'nyalakan mesin' dan jika mati kata 'terima kasih telah mengemudi dan sampai jumpa', atau 'Terima kasih, sampai jumpa'. Suara-suara itu diprogram oleh Agung melalui program di laptop-nya. "Program bisa diubah, misalnya perangkat bisa diisi dengan ratusan informasi sidik jari. Jadi bisa ditentukan siapa yang bisa menggunakan sepeda motor," katanya.

Sementara itu, Gede menambahkan, pengapian sidik jari juga bertujuan untuk mengamankan sepeda motor dari hasil curian pencuri. Orang yang tidak dikenal tidak akan dapat menghidupkan mesin karena sidik jari tidak ada dalam memori mesin. "Untuk mengantisipasinya, sakelar disembunyikan dan hanya pemilik yang tahu," kata pemuda RT 01 RW 07, Desa Sumbersari Banyuurip.

Selain itu, katanya, alat ini dapat dikembangkan lebih baru dengan menambahkan modul Global Positioning System (GPS) untuk melacak lokasi sepeda motor. Keduanya juga berencana untuk menghubungkan aplikasi dengan ponsel sehingga sepeda motor dapat menggunakan ponsel.

Sumber: krjogja.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel