Obyek Wisata Kawah Ijen Bondowoso

Gunung Ijen atau lebih di kenal dengan Kawah Ijen, merupakan salah satu gunung yang hingga kini masih aktif. Memiliki ketinggian 2.443 m dari atas permukaan laut, berdinding kaldera setinggi 300-500 m dan telah 4 kali meletus di tahun 1796, 1817, 1913 dan 1936.

Ijen merupakan salah satu kompleks gunung berapi yang terdiri dari kawah Gunung Ijen dan dataran tinggi lainnya. Gunung ini terletak di tiga kabupaten yaitu Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi.

Di daerah gunung berapi ini terdapat penambangan belerang, yang menunjukkan bahwa gunung berapi tersebut masih aktif dan aktif.

Sementara di kawah Ijen, pengunjung dapat melihat penambang yang sibuk membawa tumpukan belerang di punggung mereka, menyusuri jalan yang curam dan dipenuhi dengan gas beracun yang berbahaya.

Kawah Ijen adalah pusat danau kawah terbesar di dunia, yang dapat menghasilkan 36 juta meter kubik sulfur dan hidrogen klorida dengan luas sekitar 5.466 hektar.

Pengunjung dapat melihat jelas fenomena alam yang jarang ada yakni bluefire yang keluar dari dinding tebing penambangan. Di musim kemarau terlihat jelas dan api besar dibanding pada saat musim hujan.

Harga tiket masuk kawah ijen cukup terjangkau hanya membayar Rp 5000 di hari biasa dan Rp 7500 dihari libur / akhir pekan. Untuk wisatawan mancanegara Rp 100.000 hari biasa dan Rp 150.000 di hari libur / akhir pekan.


Obyek Wisata Kawah Ijen Bondowoso


Kawah berbahaya ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa dengan belerang berwarna hijau kehijauan dengan sentuhan dramatis dan indah.

Danau Ijen memiliki keasaman nol dan memiliki kedalaman 200 meter. Keasamannya yang kuat dapat melarutkan pakaian dan jari manusia.

Penginapan di kawah ijen bisa langsung pesan melalui online via pegipegi.com, tiket.com, traveloka, tripadvisor, dan jasa lainnya. Penginapan dekat kawah ijen sangat banyak berupa homestay, hotel, losmen dan villa jadi jangan khawatir kehabisan kamar.

Sumber : www.eastjava.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel