Makanan Khas Aceh Yang Mendunia

Makanan Khas Aceh - Provinsi Aceh memiliki kekayaan kuliner yang melimpah. Dari makanan hingga minuman, rasanya yang khas tidak mudah untuk dilupakan. Serambi mekkah itu sebutan provinsi paling barat Indonesia.

Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Aceh, jangan lewatkan untuk membawa oleh-oleh khas Aceh untuk orang-orang terkasih di rumah. Liburan tidak akan lengkap tanpa souvenir unik dari Aceh ini.

Di bawah ini adalah beberapa oleh-oleh khas makanan Aceh yang cocok untuk Anda bawa pulang dari tanah Aceh.


Makanan-Makanan Khas Aceh Yang Mendunia


Kopi Aceh
Suvenir khas Aceh yang harus Anda beli adalah kopi Aceh. Kopi di Aceh sangat tradisional dan memiliki rasa yang khas, dibuat dari biji kopi pilihan dan memiliki aroma yang khas. Sebab aromanya sendiri sangat memikat.

Saat Anda mencicipinya, Anda akan menemukan sensasi kopi tradisional dengan tingkat kepahitan dan keasaman yang rendah. Jika Anda tertarik untuk membeli kopi Aceh, Anda dapat membelinya di Ulee Karang, tempat yang menawarkan berbagai kopi khas Aceh.

Selain itu Anda juga bisa menemukannya di sepanjang jalan Lamreung atau di sekitar kota Aceh. Kopi Aceh sangat cocok untuk Anda membuat oleh-oleh untuk kerabat atau teman yang suka menyesap kopi tradisional.

Dendeng Aceh
Kuliner berikutnya yang bisa Anda pilih untuk dijadikan oleh-oleh adalah Dendeng Aceh. Dendeng Aceh terbuat dari daging sapi yang diiris tipis, dikeringkan, kemudian dicampur dengan berbagai bumbu dan bumbu tradisional.

Dendeng Aceh paling dicari oleh wisatawan lokal dan asing yang sedang berlibur ke Aceh. Proses memasak tersentak ini menyebabkannya berlangsung selama tiga bulan.

Ada berbagai rasa dendeng yang ditawarkan termasuk rasa manis, asin, dan kari. Sangat cocok untuk dimakan dengan nasi putih hangat.

Bagi Anda yang tertarik membawa kembali Dendeng Sapi Aceh sebagai oleh-oleh, maka Anda bisa mengunjungi toko dendeng sapi yang ada di Jalan Chik Ditiro Banda Aceh atau Pasar Aceh Peunayong. Dendeng sapi dikemas dengan rapi di kota, sehingga Anda dapat membawanya dengan mudah.

Ayam Tangkap
Camilan berikutnya yang harus dibawa pulang dari Aceh adalah Chicken Catch. Menu ini adalah kuliner favorit rakyat Aceh. Sudah menjadi kebiasaan masyarakat Aceh untuk makan menu ini dengan nasi hangat.

Pengolahan Capture Chicken sebenarnya sederhana, hanya dengan menggoreng ayam yang telah diberi bumbu olahan dan bumbu khusus. Saat dimasak, orang Aceh biasanya menambahkan beberapa genggam daun kari, daun pandan, dan salam koja sehingga rasa daunnya juga meresap ke dalam daging ayam.

Daunnya juga membuat ayam terasa kuat dan unik. Proses penyajiannya, ayam disajikan bersama dengan daunnya.

Jika Anda tertarik untuk membawa menu ini sebagai suvenir, Anda dapat memesannya di Aceh Rayeuk Restaurant yang terletak di Jalan Teungku Imum Leung Bata Nomor 33, Lamseupeung, Baiturrahman Aceh. Chicken Catch di sini sangat direkomendasikan karena rasanya yang sangat lezat.

Kue Bhoi
Nah bagi Anda pecinta makanan manis, Anda juga bisa membawa pulang kue khas Aceh bernama Kue Bhoi. Kue Bhoi adalah kue bolu yang memiliki berbagai bentuk seperti bentuk binatang, bunga, bintang, dan sebagainya.

Kue Bhoi terbuat dari tepung, gula dan telur. Kue ini memiliki tekstur khas yang keras di bagian luar, tetapi lunak di bagian dalamnya.

Rasa manisnya membuat Kue Bhoi sangat menarik bagi masyarakat Aceh. Jadi tidak ada salahnya membeli camilan ini sebagai oleh-oleh untuk orang yang dicintai di rumah.

Kue Adee Meureudu
Kue Adee Meureudu juga merupakan kue khas Aceh yang sering digunakan sebagai oleh-oleh. Setiap wisatawan lokal atau mancanegara yang berkunjung ke Aceh, rasanya tidak lengkap jika tidak membawa pulang camilan khusus yang satu ini.

Kue ini dari Kabupaten Pidie Meureudu, Aceh. Jadi jangan heran jika nama kue ini mirip dengan nama daerah. Kue ini terbuat dari bahan dasar yang mudah ditemukan seperti tepung, telur bebek, santan kental, gula, margarin, dan vanila. Ada dua variasi rasa yang ditawarkan, yaitu tepung terigu atau rasa ubi jalar.

Kue Keukarah
Kue Keukarah adalah salah satu makanan ringan favorit di Aceh. Kue ini memiliki bentuk yang sangat unik menyerupai sarang burung.

Kue ini terbuat dari tepung beras dan gula terlarut. Untuk tekstur yang sangat renyah, sehingga saat digigit akan langsung pecah.

Kue Keukarah memiliki rasa yang manis, sehingga sangat cocok sebagai teman untuk minum kopi atau teh di sore hari.

Dan banyak lagi makanan khas aceh dikenal dunia, mungkin hanya beberapa yang dapat kami informasikan makanan khas daerah nangroe aceh darussalam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel