Lomba Mewarnai Tingkat RT Kelurahan Badean Bondowoso di HUT RI ke 74

Lomba Mewarnai Tingkat RT Kelurahan Badean Bondowoso - Bermacam cara rakyat merayakan hari kemerdekaan Indonesia yang ke 74 di tahun 2019, selain melakukan kegiatan syukuran dan upacara, biasanya diadakan lomba khususnya anak-anak agar tahu arti sebuah perjuangan.

Seperti yang dilakukan pemuda warga RT 11 RW 05 kelurahan Badean Kabupaten Bondowoso, tampak semangat mengadakan kegiatan lomba untuk anak-anak salah satunya lomba seni memwarnai.

Lomba Mewarnai yang sederhana ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas anak melalui karya seni di pagi hari dengan udara yang sehat, melakukan kegiatan positif melalui seni serta mengurangi anak-anak bermain smartphone.

Lomba Mewarnai Tingkat RW Kelurahan Badean Bondowoso

Anak-anak tampaknya semangat mengikuti lomba mewarnai didamping bundanya. Tak ada satupun mereka yang kebingungan karena memang mewarnai sudah menjadi kegiatan mereka sehari-hari.

Adik-adik sibuk memwarnai

Manfaat mengajarkan anak untuk belajar mewarnai adalah :

1. Mempraktikkan Kemampuan untuk Bekerja Sama
Mewarnai membutuhkan kerja sama yang baik antara mata dan lengan, mulai dari cara memegang krayon, memilih warna, hingga menajamkan warna. Kemampuan ini sangat penting bagi anak-anak.

2. Mewarnai Melatih Anak untuk Bertanggung Jawab
Kegiatan mewarnai sejak awal anak akan membantu anak menyelesaikan tugas yang dihadapi. Di sini, rasa tanggung jawab anak akan dipupuk dengan pekerjaan yang diterimanya serta menumbuhkan kepercayaan anak bahwa ia dapat menyelesaikan tugas yang sedang dijalankan.

Hasil karya adik-adik peserta

3. Latih Anak-Anak Menggenggam Pensil
Melalui kegiatan mewarnai yang dilakukan oleh anak-anak, mereka akan belajar memegang pensil walaupun diawali dengan memegang krayon, karena sering dilakukan berulang-ulang maka akan menjadi kebiasaan yang akan membantu anak Anda dalam menulis ketika anak sedang duduk di sekolah. Tetap semangat dan terus belajar.

4. Ketahui Batas Bidang Garis
Ketika anak-anak mewarnai, mereka tidak akan peduli dengan batasan di depan mereka. Seiring waktu anak akan memahami dan memperhatikan batasan-batasan ini, sehingga anak akan mencoba mewarnai gambar di depannya tanpa melewati garis. Ini akan membantu anak ketika anak mulai menulis dalam buku bergaris.



5. Tingkatkan Konsentrasi
Ternyata mewarnai dapat melatih anak untuk berkonsentrasi, ketika anak melakukan kegiatan mewarnai anak tidak mudah terganggu dan tetap fokus.

Kemampuan konsentrasi ini sangat berguna bagi anak-anak dalam menyelesaikan tugas yang membutuhkan konsentrasi tinggi seperti matematika.

6. Kembangkan Keterampilan Motorik
Kemampuan motorik sejatinya sangat penting dalam perkembangan anak usia dini, seperti mengetik, dan mengangkat benda. Kegiatan mewarnai sebenarnya dapat membantu meningkatkan kerja otot tangan pada anak-anak.


Adik pemenang lomba

7. Ketahui Perbedaan Warna
Kegiatan mewarnai anak-anak biasanya menggunakan pensil warna atau krayon yang bisa membantu anak mengenali warna, anak bisa membedakan warna satu sama lain.

Ini juga dapat memudahkan anak-anak untuk memadukan warna sehingga membantu anak-anak untuk terus menjadi kreatif.

8. Sebagai Media Ekspresi
Kegiatan mewarnai terutama mewarnai bidang kosong adalah cara bagi anak Anda untuk mengekspresikan perasaannya. Melalui gambar-gambar yang dia dapat dilihat apa yang dia rasakan, apakah itu perasaan senang atau perasaan sedih.


Selamat buat adik-adik yang menang lomba mewarnai semoga semakin semangat belajar dan tidak sombong. Untuk yang belum menang, tingkatkan lagi belajar mewarnainya dan semangat untuk lomba yang akan datang.


Sumber Foto : Budi Tri

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel